Connect with us

Crypto

Harga Ethereum Ditargetkan Capai US$ 2.000 Setelah Shanghai Upgrade

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Ethereum (ETH) akan memasuki babak baru setelah melakukan Shanghai Upgrade yang direncanakan berlangsung pada Maret mendatang. Banyak analis memperkirakan harga ETH bisa kembali menembus US$ 2.000.

Ethereum Shanghai Upgrade akan menjadi pembaruan besar pertama sejak The Merge pada bulan September lalu, yang mentransisikan jaringan ke sistem proof-of-stake (PoS). The Merge juga memperkenalkan kemampuan bagi pengguna untuk menyetor ETH ke jaringan untuk menjadi validator dan membantu mengautentikasi transaksi on-chain. Sebagai imbalannya, pengguna tersebut dapat mengumpulkan hadiah dalam bentuk ETH yang baru dihasilkan.

Shanghai Upgrade pada awalnya diharapkan untuk memasukkan peningkatan tambahan yang sangat diantisipasi, termasuk proto-danksharding, yaitu proses pengambilan sampel data yang disederhanakan membuat transaksi layer-2 pada Ethereum secara signifikan lebih murah dan lebih cepat.

Shanghai Upgrade

Baca juga: Reli Bitcoin Untungkan Investor Kripto yang Baru Masuk

Selain itu Shanghai juga menawarkan EOF yaitu pembaruan yang sangat dibutuhkan dan bertahun-tahun tertunda ke Ethereum Virtual Machine (EVM), mekanisme yang mendasari jaringan yang menyebarkan smart contract. Namun, kedua pembaruan ditunda untuk memastikan penarikan ETH dapat dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Dilaporkan Decrypt, pengembang inti Ethereum mengumumkan keberhasilan penyebaran mainnet shadow fork pertama yang dirancang untuk menguji kesiapan kemampuan penarikan staking ETH, sebuah fitur baru yang diharapkan segera diluncurkan.

Mainnet shadow fork adalah latihan lengkap untuk peningkatan sistem, yang memungkinkan pengembang untuk menguji kekurangan desain dan men-tweak masalah yang belum terselesaikan. Tes pratinjau tersebut memberi peningkatan pada Ethereum dan sangat dinantikan.

Advertisement

Harga ETH

Grafik Harian ETH/USD. Sumber: TradingView.
Grafik Harian ETH/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Roadmap Baru Ethereum Setelah The Merge

Harga ETH saat ini sedang berada di garis resistensi menurun. Ada kemungkinan bahwa momentum telah berubah menjadi bullish karena peningkatan Ethereum Shanghai yang akan datang. Ini akan merebut kembali area US$ 1.650 dan dapat semakin mempercepat tingkat kenaikan.

Pasokan Ethereum sendiri telah berubah menjadi deflasi sekali lagi. Pasokan 120 juta token ETH saat ini adalah 2.000 lebih sedikit daripada saat peluncuran Ethereum 2.0 pada September 2022, dan beralih ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS).

Dilaporkan Beincrypto, Ethereum mungkin akan naik karena Shanghai Upgrade yang akan datang. Meskipun pemutakhiran tidak akan mengatasi masalah dengan gas fee atau meningkatkan smart contract, pemutakhiran akan memungkinkan penarikan bertahap staking ETH, yang telah berada di Beacon Chain selama lebih dari dua tahun.

Posisi ETH berada di area resistensi utama berada pada harga rata-rata US$ 1.660, yang diciptakan oleh level resistensi retracement Fib 0,618 dan area resistensi horizontal. Pergerakan di atasnya bisa membawa Ethereum ke US$ 2.000. Jika terjadi pergerakan turun, area US$ 1.350 akan menjadi support.

Popular