Connect with us

Business

Binance Umumkan Konversi Dana Pemulihan US$ 1 Miliar

Published

on

Ilustrasi Binance

Binance mengambil langkah untuk melakukan konversi dana pemulihan perusahaan sekitar US$ 1 miliar dari stablecoin BUSD ke aset kripto asli seperti Bitcoin. Keputusan ini diambil melihat situasi yang terjadi belakangan ini terhadap stablecoin dan bank.

CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, menjelaskan pihaknya akan melakukan perubahan dan mengonversi sisa dana US$ 1 miliar dalam program Industry Recovery Initiative menjadi “kripto asli.” Aset yang disebut CZ adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan BNB.

Dia juga memposting link ke ID hash untuk transaksi BTC dan ETH melalui akun Twitter resminya. CZ mengatakan dana sebesar US$ 980 juta membutuhkan waktu 15 detik untuk melakukan konversi dengan biaya transaksi US$ 1,98.

Respons Komunitas

Menanggapi langkah Co-Founder Binance, komunitas kripto di Twitter memiliki reaksi beragam. Beberapa memuji keputusan tersebut, menyebutnya “emas murni”, dan menawarkan saran untuk menggunakan aset kripto alternatif untuk mematok stablecoin.

Baca juga: Binance Luncurkan Dana Pemulihan US$ 1 M Bantu Industri Kripto Bangkit

Namun, yang lain mempertanyakan langkah untuk menjual Binance USD (BUSD) stablecoin dan mengonversi dana menjadi aset yang lebih “volatile.”

Dikutip Cointelegraph, pada 10 Maret, Circle, perusahaan di belakang USDC, mengungkapkan bahwa mereka memiliki sekitar US$ 3,3 miliar yang terikat pada kegagalan SVB, yang menyebabkan peristiwa depegging awal. Namun, pada 13 Maret, USDC telah bangkit kembali menuju pasak US$ 1 — saat ini melayang di sekitar US$ 0,99.

Advertisement

Circle juga memiliki jumlah dana cadangan yang dirahasiakan yang tertahan di Silvergate, bank ramah kripto lain yang berbasis di Amerika Serikat yang bangkrut. Ketidakstabilan di sekitar USDC menyebabkan efek domino pada stablecoin lain seperti Dai(DAI), USDD dan FRAX, yang juga tergelincir dari pasak US$ 1 mereka.

Sejak peristiwa mulai berlangsung pada 10 Maret, ruang kripto telah gelisah tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Pengguna Twitter mengklaim bahwa “tidak ada yang tersisa untuk bank perusahaan kripto.”

Dana Pemulihan Binance

CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao. Foto: Binance.
CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao. Foto: Binance.

Baca juga: Beruntung! Penambang Bitcoin Ini Berhasil Pecahkan Blok Dapat Rp 2,2 M

Binance sendiri sebelumnya telah meluncurkan program Industry Recovery Initiative (IRI) untuk membantu industri kripto bangkit dan melindungi konsumen di dalamnya. Binance akan mengalokasikan dana pemulihan sebesar US$ 1 miliar sebagai komitmen awal.

Dikutip dari situs resminya, Binance berencana meningkatkan jumlah dana pemulihan tersebut menjadi US$ 2 miliar dalam waktu dekat jika diperlukan. Sejauh ini, Jump Crypto, Polygon Ventures, Aptos Labs, Animoca Brands, GSR, Kronos, dan Brooker Group juga telah berpartisipasi dengan total komitmen awal sekitar US$ 50 juta.

Alamat publik untuk komitmen awal Binance sebesar US$ 1 miliar dalam bentuk BUSD adalah: 0x043a80999cEe3711D372FB878768909fbE7F71E6. Alamat peserta lain akan dirilis dalam waktu dekat.

Popular