Connect with us

Crypto

Upgrade Besar Ethereum Shapella Ditargetkan pada 12 April 2023

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Pengembang inti Ethereum menargetkan tanggal 12 April untuk merilis pemutakhiran Shanghai-Capella, atau Shapella, yang sangat dinanti-nantikan di mainnet. Pembaruan akan berlangsung pada 12 April pukul 10:27 UTC atau 17:27 WIB.

Fitur utama dari pemutakhiran ini adalah Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895, yang bertujuan untuk memungkinkan penarikan staking validator di jaringan utama. Fungsi kritis ini tidak diperkenalkan selama peralihan Ethereum ke konsensus proof-of-stake (PoS) pada bulan September tahun 2022 lalu untuk memastikan transisi yang aman.

Selain penarikan, pengembang juga telah merencanakan tiga perbaikan tambahan yang ditujukan untuk mengoptimalkan biaya gas fee untuk aktivitas tertentu dengan upgrade Shapella.

Uji Coba Upgrade Shanghai

ethereum
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Daftar Aset Kripto yang Berkinerja Baik di Februari 2023

Sejak Februari, pengembang Ethereum telah melakukan beberapa fase pengujian publik pada tiga jaringan pengujian atau testnet, termasuk Sepolia , Zhejiang, dan Goerli. Pada hari Selasa (14/3), Shapella dirilis di testnet Goerli sebagai gladi resik terakhir sebelum peluncuran mainnet. Ketiga testnet telah berhasil memproses penarikan ETH dari set validator mereka sendiri.

Peningkatan Shapella akan mencakup implementasi penarikan push Beacon Chain. Ini akan memungkinkan validator jaringan Ethereum untuk mendukung operasi penarikan mengikuti perubahan aturan. Operasi penarikan validator Ethereum dan peningkatan optimasi biaya ditetapkan untuk ditayangkan dalam 27 hari.

Dikutip Bitcoin.com, pada saat penulisan, kontrak Beacon Chain memegang 17.680.535 eter, senilai US$ 29,33 miliar menggunakan nilai tukar Ethereum saat ini. Peningkatan Shapella yang akan datang, akan memungkinkan Beacon Chain menggunakan penarikan push sebagai operasi melalui Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895.

Penundaan

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Harga Ethereum Ditargetkan Capai US$ 2.000 Setelah Shanghai Upgrade

Seharusnya peningkatan Shanghai hard fork pada jaringan Ethereum akan meluncur pada bulan maret 2023, namun mengalami penundaan. Peningkatan Ethereum Shanghai akan memungkinkan penarikan Eter yang di-staking. Pembaruan besar berikutnya untuk jaringan ini akan memungkinkan validator menarik ether yang dipertaruhkan.

Advertisement

Timeline tentatif untuk peningkatan telah ditetapkan oleh pengembang inti. Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895 atau Shanghai kemungkinan akan menyediakan jaringan dengan fitur penarikan ether yang tidak ada.

“Penarikan akan diaktifkan dengan Shanghai yang saat ini direncanakan pada bulan Maret di mainnet jika semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Pooja Ranjan, manajer proyek di Ethereum Cat Herders kepada The Block.

Popular