Connect with us

Bitcoin News

Goldman Soroti Bitcoin Sebagai Aset Berkinerja Terbaik Kalahkan Emas

Published

on

Ilustrasi Bitcoin vs emas.

Lembaga investment bank Goldman Sachs menobatkan Bitcoin (BTC) sebagai aset dengan performa terbaik kalahkan emas dan saham. Hal tersebut terjadi, jika dihitung secara tahun kalender (year-to-date/ytd) dari awal tahun hingga pertengahan Maret 2023.

Bitcoin telah melampaui aset dan sektor investasi tradisional, seperti teknologi dan emas, dalam pengembalian absolut year-to-date (YTD) dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, menurut data terbaru dari Goldman Sachs.

BTC telah memperoleh 51% dalam pengembalian absolut YTD, melampaui teknologi informasi (+16%), layanan komunikasi (+15%), consumer discretionary (+11%), Russell 1000 Growth (+10%), emas (+4 %), dan S&P 500 (+4%). Sementara itu, energi dan minyak mentah mengalami penurunan masing-masing sebesar 11% dan 14%.

Harga minyak telah turun ke level terendah sejak Desember 2021 karena fundamental yang lebih lemah dan kekhawatiran pasar yang lebih luas. Lantai pasar akan bergantung pada OPEC+ dan AS.

Lonjakan Harga Bitcoin

Ilustrasi Goldman Sachs . Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Goldman Sachs . Sumber: Getty Images.

Baca juga: XRP Whales Beli Token Senilai US$ 155 Juta, Tanda Sinyal Bullish?

Dikutip Utoday, Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini telah dikaitkan dengan kemungkinan yang berkembang dari Federal Reserve AS yang pada akhirnya membuang kebijakan moneternya yang hawkish. Aset kripto telah meningkat sebesar 35% sejak 10 Maret, saat regulator menutup Silicon Valley Bank (SVB).

Terlepas dari peringatan dari analis pasar tentang kemungkinan koreksi, rebound Bitcoin lebih kuat daripada saham dari Wall Street, sehingga menarik perhatian investor.

Ledakan Terra, FTX, dan Celsis 3AC serta pengetatan moneter global merusak kepercayaan investor terhadap aset kripto pada tahun 2022, dengan Bitcoin mengalami koreksi besar-besaran.

Advertisement

Nilai Bitcoin

Grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Binance Dukung Edukasi Web3 dan Blockchain untuk Perempuan

Reli kripto selama krisis perbankan yang sedang berlangsung telah disambut oleh investor kripto yang putus asa setelah bear market yang brutal, dan beberapa dari mereka menyarankan bahwa ada perubahan dalam cara pandang Bitcoin.

Namun demikian, nilai Bitcoin sebagian besar masih dipengaruhi oleh perubahan tingkat inflasi dan keputusan yang dibuat oleh Federal Reserve mengenai suku bunga.

Bitcoin mengakhiri minggu ini dengan kenaikan 34, yang terbaik sejak Januari 2021, di tengah krisis perbankan yang sedang berlangsung, menunjukkan pergeseran naratif dalam persepsi aset digital terbesar.

Popular