Connect with us

Altcoin News

Apa Arti Upgrade Ethereum Shanghai untuk Investor dan Harga ETH?

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Shanghai adalah peningkatan besar berikutnya yang dijadwalkan untuk Ethereum. Dalam artikel ini, kita akan bahas semua yang perlu kamu ketahui tentang apa yang diharapkan dari upgrade Ethereum Shanghai.

Hanya dalam waktu kurang dari dua minggu, jika semua berjalan sesuai rencana, pembaruan Shanghai yang ditunggu-tunggu oleh Ethereum akan ditayangkan, memungkinkan penarikan ETH yang dipertaruhkan atau staking dari jaringan blockchain dan secara efektif menyelesaikan transisi selama bertahun-tahun ke bukti kepemilikan (proof-of-stake/PoS).

Sejak Desember 2020, ketika Ethereum memulai perjalanan menuju model PoS—di mana pengguna mempertaruhkan aset kripto dengan jaringan untuk memvalidasi transaksi on-chain, dan kemudian diberi imbalan atas partisipasi tersebut dengan kripto yang baru dihasilkan—peserta jaringan telah melakukan deposit ETH senilai US$ 32,95 miliar.

Pada bulan September, momen The Merge Ethereum berhasil meningkatkan mainnet jaringan menjadi mekanisme konsensus PoS, selamanya mengubah cara transaksi Ethereum diproses dan mengurangi jejak karbon jaringan sebesar 99% , menurut angka dari Ethereum Foundation.

Tetapi The Merge tersebut tidak memberikan pemegang token di jaringan kemampuan untuk menarik ETH yang disimpan atau reward yang dihasilkan oleh setoran tersebut. Dana tersebut tetap tertahan di Ethereum; Shanghai akhirnya, setelah lebih dari dua tahun, membuatnya dapat diakses.

Ethereum Shanghai Rilis

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Pasar Kripto di Maret 2023: Bitcoin Naik di Tengah Krisis Perbankan

Pada 12 April, pukul 23:27 UTC atau 13 April, pukul 06:27 WIB, Ethereum Shanghai akan aktif. Apa arti momen seismik dalam sejarah Ethereum itu bagi jaringan, bagi para pesertanya, dan bagi ekosistem kripto yang lebih luas?

Dikutip Decrypt, secara teknis, potensi Shanghai akan kurang dari yang diharapkan. Sebagian besar pemegang token Ethereum, yang telah mendepositkan ETH mereka dengan jaringan melalui perantara seperti Lido dan Coinbase, tidak perlu melakukan apa pun setelah Shanghai ditayangkan—selain menunggu.

Advertisement

ETH yang di-staking, dan hadiah yang dihasilkan oleh dana tersebut, akan tersedia untuk penarikan oleh perantara pada berbagai tanggal setelah implementasi yang sukses di Shanghai. Lido, perantara staking ETH terbesar, baru-baru ini mengumumkan bahwa kemampuan tersebut akan diperkenalkan sekitar sebulan setelah peningkatan, setelah serangkaian audit dan pemeriksaan keamanan.

Sementara itu, Coinbase, belum menawarkan jadwal yang pasti untuk meluncurkan penarikan ETH yang di-staking, dengan mengatakan prosesnya bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk beberapa pelanggan. Semua peserta jaringan Ethereum yang mempertaruhkan melalui pihak ketiga harus menanyakan kepada perusahaan tersebut kapan dana mereka akan tersedia.

Untuk jumlah validator independen yang lebih kecil yang telah mempertaruhkan langsung dengan Ethereum. Kumpulan itu lebih kecil karena Ethereum mengharuskan validator untuk menyetor setidaknya 32 ETH, atau lebih dari US$ 58.000 saat menulis, untuk dipertaruhkan dengan jaringan.

Validator harus terlebih dahulu memberikan alamat penarikan dana yang dipertaruhkan untuk dikirim; biasanya, sebagian besar validator sudah mengirimkan alamat tersebut selama proses deposit staking. Setelah alamat penarikan dikirimkan ke Ethereum, itu tidak dapat diubah.

Apa Arti Shanghai bagi Ekosistem Ethereum?

Sementara Shanghai pasti akan menjadi peristiwa penting, karena sebagai puncak dari transformasi Ethereum menjadi jaringan bukti kepemilikan yang fungsional. Upgrade akan berarti mengubah cara pengguna berinteraksi dengan Ethereum, maupun jaringan yang mendasarinya.

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Lebih dari 1.200 Bank di Jerman Tawarkan Perdagangan Bitcoin

“Kebanyakan orang telah dapat menjual (staking ETH) selama beberapa waktu, karena mayoritas ETH dipertaruhkan melalui platform dengan token liquid staking, seperti Lido atau Rocket Pool,” Jacob Cantele, kepala produk di Ethereum layer-2, Mantle. “Jadi menurut saya [Shanghai] tidak mewakili perubahan besar dalam ekonomi Ethereum.”

Sebagian besar ETH yang dipertaruhkan dengan Ethereum, hingga saat ini, telah disimpan dengan jaringan melalui perantara pihak ketiga, termasuk kumpulan staking seperti Lido, Rocket Pool, dan Stakefish, serta bursa kripto terpusat seperti Coinbase, Kraken, dan Binance.

Advertisement

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta, seperti yang disebutkan di atas, bahwa validator individu harus memiliki 32 ETH, atau lebih dari $58.000 saat menulis, untuk dipertaruhkan langsung dengan Ethereum. Layanan staking perantara umumnya mengizinkan deposit ETH dalam jumlah berapa pun, dengan imbalan biaya layanan yang kecil.

Apa Arti Shanghai untuk Iklim Kripto yang Lebih Luas?

Banyak yang menilai ekosistem kripto tampaknya sebagian besar tidak berubah setelah Shanghai. Regulasi industri kripto akan bergejolak dalam implementasi Shanghai yang mungkin tidak segera mengubah situasi regulator memandang staking.

Pada hari The Merge berhasil mentransisikan Ethereum ke PoS pada bulan September, ketua SEC, Gary Gensler, menurut Wall Street Journal , mengatakan kepada wartawan bahwa bukti PoS dapat dianggap sebagai penawaran sekuritas karena mekanisme reward mereka.

Sejak tanggal itu, Gensler perlahan tapi pasti membangun kasus bahwa ETH kemungkinan besar adalah sekuritas, terutama dengan menyarankan bahwa “hanya Bitcoin” yang merupakan komoditas.

Masih harus dilihat apakah pandangan SEC untuk regulasi kripto mungkin telah tumbuh begitu besar untuk mencoba memadamkan salah satu kunci utama dari seluruh ekosistem blockchain. Tetapi, sementara 12 April — tanggal implementasi Shanghai — akan tetap menjadi tonggak simbolis dalam industri kripto, simbolisme seringkali dapat memiliki dampak yang jauh lebih nyata di ranah politik.

Popular