Connect with us

Market

Pasar Kripto di Maret 2023: Bitcoin Naik di Tengah Krisis Perbankan

Published

on

Ilustrasi aset kripto. Sumber: Shutterstocks.

Maret terbukti menjadi bulan yang penuh gejolak bagi ekosistem aset kripto. Dengan volatilitas yang tinggi di seluruh pasar, beberapa aset diuntungkan dari naik turunnya aset Bitcoin (BTC).

Kegagalan bank yang terjadi di bulan Maret, inflasi yang sedang berlangsung, dan situasi makroekonomi lainnya membuat investor kripto terjebak pada ketidakpastian. Namun, pada akhirnya terbukti krisis perbankan menguntungkan bagi Bitcoin dan kripto lainnya yang dianggap sebagai penyimpan nilai yang tahan terhadap gejolak.

Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan sekitar US$ 28.500, naik lebih dari 21% di bulan Maret 2023. Pada satu titik Rabu (29/3), kripto terbesar berdasarkan nilai pasar menembus angka US$ 29.100 untuk mencapai angka tertinggi sejak Juni 2022. BTC secara luas mengungguli S&P 500, Nasdaq, dan aset tradisional lainnya. Nasdaq yang berfokus pada teknologi naik lebih dari 4% untuk bulan ini.

Bitcoin Naik

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Burger King Mulai Terima Pembayaran Bitcoin dan Kripto

Dikutip Coindesk, direktur firma analitik kripto, Amberdata, Greg Magadini, mengatakan BTC dan emas, yang secara tradisional dipandang sebagai aset safe-haven, telah melihat “volatilitas naik eksplosif” bulan ini. Magadini menulis bahwa volatilitas BTC baru-baru ini di pasar opsi setelah ledakan bank Silvergate dan Silicon Valley yang ramah kripto berbeda secara signifikan dari perubahan yang lebih dramatis setelah jatuhnya pertukaran FTX dan bencana kripto lainnya tahun lalu.

“BTC meledak lebih tinggi,” katanya. “Terburu-buru ke ‘uang alternatif’ (BTC dan GOLD) ini menunjukkan beberapa kepanikan seputar memegang USD murni.”

Keuntungan bulan ini datang, bahkan ketika industri kripto mengalami keruntuhan bank yang ramah kripto, Silvergate dan Silicon Valley Bank, serta kesibukan aktivitas penegakan peraturan. Gempa susulan dari krisis perbankan mengguncang sektor stablecoin di awal bulan, tetapi kripto sebagian besar tidak terpengaruh.

Volatilitas Kripto

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: OJK Buka Pendaftaran Seleksi Dewan Komisioner Membidangi Aset Kripto

Stefan Rust, investor kripto dan CEO Truflation, menjelaskan bahwa keuangan tradisional (TradFi) telah mencapai titik kritis. “Tampaknya orang menyadari bahwa krisis perbankan belum benar-benar berakhir,” tulisnya.

Advertisement

Rust mencatat bahwa keruntuhan bank telah menghilangkan sumber daya berharga bagi investor dan pihak lain yang ingin berpartisipasi dalam ekosistem aset digital dan menyinggung meningkatnya tekanan regulasi di AS yang mungkin menciptakan hambatan bagi pertumbuhan industri. “Banyak yang mencoba menavigasi situasi hidup dan mati dan menemukan celah,” tulisnya.

Di samping itu, untuk investor institusional, salah satu kekhawatiran terbesar mereka bukanlah “volatilitas pasar seputar Bitcoin” tetapi “volatilitas regulasi dan ketidakpastian regulasi,” kata Ben McMillan, kepala investasi manajer aset kripto IDX Digital Assets.

Sementara altcoin seperti, Ethereum (ETH), baru-baru ini berpindah tangan pada US$ 1.820, naik 13% di bulan Maret. Di awal bulan, kripto terbesar kedua dalam nilai pasar mencapai US$ 1.861, level tertinggi sejak Agustus 2022.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Analisa Market ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular