Connect with us

Business

MicroStrategy Kembali Beli Lebih Banyak Bitcoin Senilai Rp 438 Miliar

Published

on

MicroStrategy

MicroStrategy telah mengumumkan akumulasi Bitcoin sebanyak 1.045 BTC tambahan dengan total harga pembelian sekitar US$ 29,3 juta atau Rp 438 miliar. Pada saat pembelian itu harga Bitcoin berada di rata-rata US$ 28.016 per BTC.

Menurut pengajuan baru-baru ini ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), akuisisi baru dilakukan antara 24 Maret dan 4 April. Dengan pembelian terbaru tersebut, MicroStrategy telah menghabiskan total US$ 4,1 miliar untuk Bitcoin yang merupakan aset kripto terbesar di dunia.

Sejarah mencatat MicroStrategy telah menjadi perusahaan publik pertama dengan simpanan BTC terbesar di dunia. Mereka telah menjadi pemain kunci dalam adopsi perusahaan dari aset kripto unggulan, dengan investasi awal dalam aset digital pada Agustus 2020.

Aksi MicroStrategy

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Pasar Kripto Potensi Bullish di April 2023, Bitcoin Target Rp 448 Juta

Taruhan jangka panjang MicroStrategy pada kripto hampir menguntungkan setelah aset mengalami perubahan harga yang liar sejak tahun 2020: 140.000 BTC-nya dibeli dengan harga rata-rata US$ 29.803 per koin—artinya jika nilai aset melonjak sebesar 6%, atau US$ 1.780,91, perusahaan akan mendapat untung.

Dikutip Decrypt, pembelian terbaru datang karena Bitcoin memiliki awal yang baik untuk tahun 2023. Saat ini diperdagangkan seharga US$ 27.958 per koin, menurut data CoinGecko. Pada awal tahun itu dihargai US$ 16.615.

Tetapi meskipun nilainya melonjak tahun ini, Bitcoin masih turun 60% dari level tertinggi sepanjang masa di US$ 69.044 yang disentuhnya pada November 2021.

Kembali ke masa lalu, pendiri MicroStrategy, Michael Saylor, memutuskan untuk membeli Bitcoin pertama pada tahun 2020 sebagai lindung nilai terhadap inflasi tepat ketika lockdown COVID-19 mulai menutup ekonomi global. Investasi tersebut muncul pada tahun berikutnya karena Bitcoin terus mengalami kenaikan bersejarah.

Advertisement

Dorongan Michael Saylor

Michael Saylor: Harga Bitcoin Ambruk adalah Peluang Beli yang Besar
Pendiri MicroStrategy, Michael Saylor. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Bank Indonesia Dorong Pengembangan CBDC di Asia Tenggara

Saylor — yang merupakan CEO saat itu — mengklaim pada saat itu bahwa Bitcoin adalah “penyimpan nilai yang dapat diandalkan dan aset investasi yang menarik dengan potensi apresiasi jangka panjang daripada memegang uang tunai.”

MicroStrategy sejak itu meningkatkan kepemilikannya dengan membeli 140.000 BTC secara perlahan selama dua setengah tahun terakhir, dan Saylor masih yakin itu adalah investasi yang aman.

“Strategi (MicroStrategy) kami adalah membeli dan menahan Bitcoin, dan kunci bagi kami adalah konsisten, transparan, dan bertanggung jawab dalam mengejar strategi itu,” katanya bulan lalu .

Saham MicroStrategy juga naik lebih dari 95% sejak pembelian Bitcoin pertama, Saylor mengatakan bahwa membeli saham di perusahaan adalah cara investor dapat memperoleh eksposur yang aman terhadap Bitcoin.

Popular