Connect with us

Market

Pasar Kripto Potensi Bullish di April 2023, Bitcoin Target Rp 448 Juta

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Berdasarkan data yang ditunjukan oleh Coinglass, pasar kripto pada bulan April setiap tahunnya cenderung dominan mengalami tren bullish sangat tinggi. Sejak tahun 2017-2020 terjadi kenaikan dengan rata-rata 30%, sehingga ini bisa menjadi potensi capital gain bagi para investor aset kripto. 

Namun data ini hanya bersifat histori saja, tidak bisa menjadi acuan utama untuk melakukan penjualan maupun pembelian di pasar aset kripto. Apabila pada akhir April nanti harga Bitcoin (BTC) ditutup dengan koreksi merah, maka bulan selanjutnya memiliki potensi untuk mengalami koreksi lanjutan.

Bitcoin Monthly Return by Coinglass.com

Augmento menggunakan sumber data yang diambil melalui berbagai media sosial seperti XBT, Bitcointalks, Reddit, dan Twitter. Data yang diambil kemudian diolah menghasilkan keyword yang sering diketik oleh user membahas aset kripto. Berdasarkan data yang diambil pada tanggal 3 April 2023, percakapan yang sering muncul yaitu Governance, Prediction, Pump_and_dump, Regulation/Politics, dan Technical Analysis. 

Bitcoin Sentiment Conversation by augmento.ai 

Baca juga: Harga Cardano (ADA) Perlu Melewati Tes Ini untuk Memicu Reli Bullish

Sentimen Pasar

Kata kunci tersebut mengacu pada arah teknikal analisis, itu artinya para trader dan investor sedang berfokus untuk menentukan harga yang tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan dan tren Bitcoin kedepannya. Selain itu juga ada kata kunci regulasi dan politik yang artinya secara sentimen pasar sangat baik, seperti adanya CBDC yang mulai muncul, El Savador yang mengeluarkan surat utang negara menggunakan Bitcoin. Tentu saja sentimen dan politik pasar sangat baik akhir-akhir ini.

Pada dasarnya data yang ditunjukan oleh augmento bersifat umum dan global, setiap negara memiliki kata kunci pembahasan yang berbeda beda. Namun ini bisa menjadi acuan sentimen Bitcoin kedepannya. 

Event kripto di April 2023. Sumber: Coinmarketcal.com.

Berdasarkan CoinMarketCal, ada beberapa berita dan acara yang akan berlangsung pada bulan April 2023. Seperti upgrade jaringan Ethereum Shappela pada 12 April 2023 dan hardfork yang akan terjadi pada koin IoTeX pada 4 April 2023. Ini merupakan sentimen baik untuk aset kripto tersebut karena update major dan difungsikan untuk menutup kekurangan jaringan blockchain yang sudah berjalan. Namun, para trader dan investor lebih memperhatikan Ethereum upgrade karena aset kripto ini berada pada top 10 CoinMarketCap berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Aksi Harga Bitcoin dan Ethereum

BTC/USD Weekly Chart by Fyqieh Fachrur – TradingView.com

Jika dilihat secara seksama dengan time frame mingguan, Bitcoin mengalami sideways selama dua minggu terakhir. Pola candlestick menunjukan kemungkinan akan terjadi koreksi sedikit. Hal ini bisa terjadi karena adanya pola candlestick marubozu yang menunjukan adanya bullish yang sangat kuat, artinya ada potensi penguatan selanjutnya setelah munculnya marubozu. 

Berhubung adanya resistance yang kuat yang ditargetkan pada harga US$ 30.000 atau sektiar Rp 448 juta, maka para trader dan investor masih menunggu konfirmasi. Secara pola relative strength index (RSI) Stochastic sedang berada 96 yang artinya overbought atau jenuh beli, sehingga ada kemungkinan untuk koreksi dan bisa melanjutkan kenaikan dalam beberapa minggu ke depan.

BTC/USD Coinbase 1 day TF by Fyqieh Fachrur – TradingView.com

Baca juga: Pasar Kripto di Maret 2023: Bitcoin Naik di Tengah Krisis Perbankan

Pergerakan kripto Bitcoin pada bulan April diproyeksikan memiliki potensi untuk koreksi ke harga US$ 26.700 dengan potensi penurunan kurang lebih 5% dari pembukaan harga bulan April di level US$ 28.000. Potensi penurunan ini memiliki rasio kemungkinan terjadi lebih besar dikarenakan adanya beberapa indikator pendukung seperti RSI, pola candlestick, serta resistance yang kuat di harga US$ 29.000. 

Bitcoin perlu membuat pola sideways untuk menurunkan RSI Stochastic yang sudah overbought secara mingguan. Setelah RSI sudah kembali normal maka tinggal tunggu candlestick konfirmas nya saja apakah berada di bawah US$ 25.000 atau masih di atas US$ 25.000.

Advertisement
ETH/USD Coinbase 1 day TF by Fyqieh Fachrur – TradingView.com

Secara teknikal Ethereum (ETH) masih diatas harga support yang kuat yaitu pada area harga US$ 1.700. Namun kondisi ini masih perlu ditest ulang support-nya supaya bisa menjadi pijakan yang lebih kuat. Potensi penurunan yang terjadi pada ETH di bulan April yaitu sebesar -6,35%. Hal ini juga dibuktikan adanya chart pattern double top

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER:Analisa Market ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular