Connect with us

Bitcoin News

Data Inflasi AS dan Risalah Rapat The Fed Dorong Bitcoin di Atas 30K?

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Data inflasi AS dan risalah rapat The Fed menjadi sentimen yang kuat untuk pergerakan harga Bitcoin (BTC) pada pekan ini. Namun ketika data keluar, belum mendorong Bitcoin untuk melaju menembus level harga US$ 30.000 atau sekitar Rp 444 juta.

Ekspektasi awal angka Consumer price index (CPI) bulan Maret menunjukkan penurunan tingkat inflasi AS menjadi 5,2%. CPI untuk Februari mencapai 6%, yang merupakan penurunan dibandingkan Januari. Penurunan 1% pada data inflasi berdampak langsung pada harga Bitcoin.

Sementara, core CPI, yang mengecualikan ceruk yang lebih tidak stabil seperti makanan dan energi, diharapkan berada di antara 5,5% dan 5,6%. Core CPI ini benar-benar sesuai dengan ekspektasi, berdiri di 5,6%.

Harga BTC meroket hampir US$ 500 dalam beberapa menit setelah angka inflasi keluar. Namun, setelahnya Bitcoin diperdagangkan dengan tenang di US$ 30.000, seperti yang dilaporkan sebelumnya, tetapi melonjak menjadi US$ 30.500.

Pengaruh Data Inflasi

Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.
Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.

Baca juga: Upgrade Ethereum Shanghai Sukses, Jadi Game Changer Holder ETH

Dianggap sebagai aset berisiko, kinerja harga jangka pendek BTC sangat berkorelasi dengan data CPI. Ini karena angka inflasi menentukan kebijakan moneter yang diambil oleh Federal Reserve AS dan apakah akan terus menaikkan suku bunga acuan.

Penurunan inflasi YoY menunjukkan bahwa tindakan The Fed berdampak dan bank sentral dapat segera mulai membalikkan strateginya. Pada kenaikan suku bunga The Fed tahun lalu terjadi lonjakan sebesar 0,25%.

Menyusul rilis data CPI, The Fed juga mengeluarkan risalah rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) terbaru yang mempengaruhi harga Bitcoin. Meskipun demikian, ini menghasilkan situasi yang membingungkan untuk kinerja aset dalam menanggapi CPI, karena investor berharap penurunan inflasi yang lebih cepat dari perkiraan sementara The Fed mempertahankan sikap hawkishnya.

Advertisement

Menurut FedWatch yang disediakan oleh CME Group, pertemuan FOMC yang akan datang akan menghasilkan kenaikan suku bunga sebesar 0,25%, sama seperti bulan lalu. Perlu dicatat bahwa peluang ini sangat dinamis dan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan data makro seperti indeks harga konsumen.

Dalam risalah rapat The Fed menyatakan kejatuhan tiga bank di AS pada bulan lalu dapat menyebabkan ekonomi Amerika jatuh ke jurang resesi pada tahun ini. Kegagalan bank telah menyebabkan beberapa spekulasi bahwa The Fed mungkin menahan suku bunga. Namun, para pejabat menekankan bahwa lebih banyak upaya yang harus dilakukan untuk menjinakkan inflasi.

Harga Bitcoin

Grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Market Watch: Mengapa Bitcoin dan Kripto Lain Naik Hari Ini (11/4)?

Ada kemungkinan bahwa Bitcoin dapat menembus di atas penghalang US$ 30.000, dan jika itu terjadi, aset kripto terbesar di dunia ini dapat terus meningkat saat memetakan wilayah baru. Namun, selalu ada kemungkinan koreksi pasar, yang dapat mengakibatkan penurunan drastis pada pasar kripto secara keseluruhan.

Reaksi pasar saham AS terhadap pengumuman tersebut akan berfungsi sebagai sinyal peringatan dini. Tingkat inflasi tahunan AS melemah dari 6,0% menjadi 5,0% dibandingkan perkiraan 5,2%. Namun, tingkat inflasi inti dipercepat dari 5,5% menjadi 5,6%, memberikan alasan Fed hawks untuk mengejar kenaikan suku bunga lainnya.

Bitcoin awalnya merespons dengan baik laporan CPI sebelum berbalik arah pada angka inflasi inti. Probabilitas kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin menurun moderat sebagai tanggapan atas Laporan CPI dan risalah rapat FOMC semalam berdampak pada Bitcoin.

Sementara Laporan CPI menyampaikan pullback, BTC menghindari pembalikan yang diperpanjang sebagai tanggapan atas risalah rapat FOMC. Pembicaraan tentang menekan tombol jeda adalah bullish, sementara ekspektasi resesi yang dipicu krisis perbankan adalah BTC negatif.

BTC harus bergerak melalui pivot pada level US$ 30.008 untuk menargetkan Level Perlawanan Utama Pertama (R1) di US$ 30.339. Pengembalian ke US$ 30.000 akan menandakan sesi bullish yang diperpanjang. Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 30.799 dan resistensi di US$ 31.000. Level Resistensi Utama Ketiga (R3) berada di US$ 31.590.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular