Connect with us

Altcoin News

Upgrade Ethereum Shanghai Sukses, Jadi Game Changer Holder ETH

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Peningkatan atau upgrade Ethereum Shanghai akhirnya sukses dilakukan pada Kamis (13/4) pagi. Pemutahiran ini akan memungkinkan penarikan token bagi pengguna yang telah staking Ethereum (ETH) mereka untuk mengamankan dan memvalidasi transaksi di blockchain.

Kira-kira setengah jam setelah pemutakhiran Shanghai diaktifkan, sekitar 285 penarikan di epoch 194.408 telah diproses, sekitar 5.413 ETH (senilai US$ 10 juta), menurut beaconcha.in. Ethereum Shanghai akan mengubah lanskap untuk pemegang token ETH di masa depan.

Peristiwa ini sangat dinantikan, karena pada dasarnya meningkatkan jaringan blockchain dengan memisahkan yang baru. Ini telah ditandai oleh anggota komunitas Ethereum sebagai tonggak bersejarah, menyelesaikan transisi multi-tahun ke jaringan proof-of-stake (PoS) secara penuh.

Dalam sistem PoS, pengguna staking aset kripto sebagai bentuk jaminan untuk membantu mengamankan dan mengonfirmasi blok data baru. Tahun lalu, Ethereum meninggalkan mekanisme konsensus proof-of-work aslinya – yang sama dengan yang digunakan Bitcoin – tetapi sampai sekarang pengguna tidak dapat menarik ETH yang dipertaruhkan atau menukarkan hadiah yang masih harus dibayar, fitur penting dari paradigma baru.

Game Changer

Ilustrasi Ethereum. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Ethereum. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Solana Pimpin Rebound Pasar Kripto, Melonjak Jelang Rilis Ponsel Saga

Zhuling Chen, CEO perusahaan layanan blockchain RockX, mengatakan meningkatnya prevalensi staking, di mana peserta berjanji untuk berpartisipasi dalam menjalankan blockchain dengan imbalan hasil, dapat membantu menetapkan suku bunga acuan untuk pasar uang berbasis blockchain.

“Kami benar-benar berpikir ini adalah game changer,” kata Chen kepada CoinDesk tentang peningkatan jaringan Shanghai (atau Shapella ). “Jika Anda memikirkannya, ini adalah pertama kalinya Ethereum memiliki kurva imbal hasil bebas risiko pasar jangka panjang yang benar-benar dapat bertahan dalam jangka panjang.”

Sebenarnya peningkatan ini juga dimaksudkan untuk memudahkan partisipasi dalam proses validasi jaringan sambil meningkatkan keamanan, menurunkan biaya, dan menciptakan lebih banyak ruang bagi jaringan untuk menangani lebih banyak transaksi.

Advertisement

Sementara kekhawatiran terus berlanjut bahwa upgrade Ethereum akan menyebabkan penarikan besar-besaran ETH , Chen mengatakan bahwa investor institusi melihat acara tersebut lebih sebagai “suara kepercayaan” di masa depan blockchain.

Dia mengatakan RockX berencana untuk “mendorong beberapa pelanggan untuk menarik” beberapa Ethereum dari 240.000 ETH yang telah dipertaruhkan perusahaan, untuk menunjukkan bahwa RockX mempercayai peningkatan jaringan .

Harga ETH

Grafik harga harian ETH/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian ETH/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Prediksi Nilai Bitcoin Setelah Tembus Harga Rp 445 Juta

Harga ETH sebagian besar tetap datar pada saat hard fork Shanghai terjadi. Pada saat penulisan, ETH naik 1,97% menjadi US$ 1.903. ETH perlu bergerak melalui dan pivot di level US$ 1.905 untuk menargetkan Level Perlawanan Utama Pertama (R1) di US$ 1.926. Pengembalian ke US$ 1.900 akan menandakan sesi breakout. Namun, kabel berita kripto harus ramah untuk mendukung pelarian.

Jika reli diperpanjang, bulls kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 1.961 dan resisten di US$ 2.000. Level Resistensi Utama Ketiga (R3) berada di US$ 2.017.

Kegagalan untuk melewati S1 dan pivot akan meninggalkan Level Dukungan Utama Kedua (S2) di US$ 1.849 dalam permainan. Namun, kecuali penjualan pasar kripto yang dipicu oleh peristiwa, ETH harus menghindari di bawah US$ 1.800 dan Level Dukungan Utama Ketiga (S3) di US$ 1.793.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular