Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin dan Ethereum Seperti Emas, Tahan Guncangan Ekonomi

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.

Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) telah membuktikan bahwa dapat menaham ekonomi yang goyah imbas gejolak yang baru-baru ini terjadi di sektor perbankan. CEO ARK Invest, Cathie Wood, mengatakan baik BTC dan ETH telah mengungguli kelas aset lain dan berfungsi seperti emas.

Wood menjelaskan dalam wawancara 15 April lalu, bahwa ketahanan Bitcoin selama krisis perbankan terbaru telah menjadi “yang paling luar biasa” dari semua indikator yang dipantau oleh perusahaan manajemen investasinya yang berfokus pada teknologi.

Bitcoin dan Ethereum sekarang bertindak sebagai aset “risk-off” dan sebagai “penerbangan ke tempat yang aman” bagi investor di tengah ketidakpastian ekonomi makro.

Bitcoin dan Ether Jadi Aset Aman

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Upgrade Ethereum Shanghai Sukses, Jadi Game Changer Holder ETH

“Mereka akan mengganggu tatanan dunia tradisional. Apa yang Bitcoin dan Ether lakukan? Maksud saya dengan fakta bahwa mereka dianggap melarikan diri ke tempat yang aman seperti emas, itu sangat menarik dan menyarankan adopsi dan penerimaan yang jauh lebih luas daripada yang saya pikir kebanyakan orang mengerti,” kata Wood dikutip Cointelegraph.

“Kami akan mengatakan bahwa ada pelarian ke tempat yang aman, tentu saja dipimpin oleh aset kripto, dan ini memberi tahu kami bahwa dunia sedang berubah dan akan terus berubah. Anda tidak bisa menghentikan inovasi.”

Wood berpikir aset kripto pada akhirnya akan menjadi “masalah” ketika sektor ini diterima secara lebih luas dan publik dapat lebih jelas melihat jenis tekanan peraturan yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat pada industri untuk mempertahankan kendali terpusat atas uang dan kebijakan moneter.”

Pendapat Kontrak

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: FTT Token Kripto Asli FTX Kembali Meroket, Apa Penyebabnya?

Berbeda pendapat dengan Wood, Ray Dalio, pendiri Bridgewater Associates, dana lindung nilai terbesar di dunia berdasarkan aset yang dikelola, menjelaskan dalam wawancara 12 April bahwa Bitcoin tidak dapat berfungsi sebagai “mata uang efektif” karena terlalu fluktuatif dan bank sentral tidak akan mengadopsinya.

Advertisement

“Bitcoin bukanlah penyimpan kekayaan yang efektif atau alat tukar sehingga ini bukan mata uang yang efektif. Ini memiliki volatilitas yang tidak ada hubungannya dengan apa pun […] itu adalah alternatif yang sangat, sangat buruk untuk emas,” jelas Dalio.

“Mereka bisa melarang (Bitcoin). Mereka bisa mengaturnya. Bank-bank sentral dan negara-negara tidak menginginkannya,” katanya.

Dalio memperkuat kasusnya dengan menunjukkan bahwa emas adalah cadangan terbesar ketiga yang dipegang oleh bank sentral, hanya tertinggal dari dolar AS dan euro.

Meskipun sebelumnya menggambarkan Bitcoin sebagai “penemuan yang luar biasa,” Dalio baru-baru ini menjelaskan bahwa dia malah ingin melihat koin “terkait inflasi” dibangun yang akan berfungsi untuk memastikan konsumen mengamankan daya beli mereka.

Popular