Connect with us

Market

Market Watch: Mengapa Bitcoin dan Kripto Lain Turun Hari Ini (20/4)

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Selama beberapa hari terakhir, kinerja Bitcoin sangat luar biasa, menonjol di antara altcoin lainnya dengan kenaikan nilai yang mencolok. Reli baru-baru ini cukup kuat untuk menembus patokan US$ 30.000 atau sektiar Rp 449 juta.

Namun, reli ini tampaknya berumur pendek, karena nilai aset kripto terbesar itu telah turun 3,85% selama 24 jam terakhir pada Kamis (20/4), saat ini diperdagangkan sekitar US$ 29.131 menurut CoinMarketCap. Bitcoin telah jatuh dari tertinggi 24 jam di US$ 30.438 dan tertinggi bulanan di US$ 31.005.

Ethereum, yang baru-baru ini melonjak harganya setelah peningkatan Shapella menjadi lebih dari US$ 2.100, juga terpukul. ETH diperdagangkan pada US$ 1.967 pada waktu artikel ditulis, dengan penurunan nilai sebesar 5,98% selama 24 jam terakhir.

Bitcoin Merosot Bersama Altcoin

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Pergerakan Harga Bitcoin Selanjutnya Seiring Akumulasi Berlanjut

Penurunan harga baru-baru ini dapat dikaitkan dengan aksi jual besar-besaran. Binance menemukan pesanan penjualan yang luar biasa besar. Ini dipukuli dengan angka inflasi yang tinggi di Inggris, yang bisa memicu aksi jual pasar.

Selain itu, kondisi buruk hari ini untuk Bitcoin yang panjang itu, dengan likuidasi menumpuk dengan cepat. Pada saat penulisan, total likuidasi panjang kripto untuk 19 April mencapai sekitar $175 juta pada platform yang dipantau oleh sumber data Coinglass.

Ini pasti menyebabkan pertumpahan darah karena BTC dan altcoin utama telah turun nilainya. Kapitalisasi pasar kripto global juga anjlok sebesar 4,55% dan berdiri di US$ 1,22 triliun pada waktu penulisan.

Michaël van de Poppe, pendiri dan CEO Eight, mengatakan Saat volatilitas kembali, Bitcoin jatuh ke level terendah sejak 10 April karena sisi atas melihat tantangan terbarunya. “Koreksi mendalam di pasar, karena Bitcoin tidak dapat bertahan di US$ 29.700-29.800 dan melesat ke bawah melalui kaskade likuidasi,” katanya dikutip Cointelegraph.

Advertisement

Penurunan melalui pivot akan memainkan Level Dukungan Utama Pertama (S1) di US$ 29.531. Namun, kecuali aksi jual yang dipicu peristiwa beberapa hari ke depan, Bitcoin harus menghindari di bawah US$ 29.000 dan Level Dukungan Utama Kedua (S2) di US$ 28.671. Level Dukungan Utama Ketiga (S3) berada di US$ 27.313.

Kekhawatiran Peraturan AS

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Ridwan Kamil Jadi Pembicara Utama di Bitcoin Conference 2023

Pada 18 April, Gary Genseler, Ketua SEC, muncul di hadapan Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat untuk sidang pengawasan, yang kemungkinan membuat para pedagang kripto ketakutan. Selama persidangan, Gensler menolak untuk menjawab secara definitif apakah Ethereum adalah komoditas atau sekuritas meskipun ada permintaan berulang kali dari anggota komite untuk melakukannya.

Pada 17 April, SEC mengajukan gugatan terhadap bursa kripto, Bittrex. Gugatan tersebut menuduh Bittrex mengoperasikan bursa efek, broker, dan agen kliring nasional yang tidak terdaftar.

Di samping itu, terlepas dari ketakutan akan krisis perbankan dan harapan perubahan dovish, ketua The Fed, Jerome Powell tampaknya berkomitmen untuk mengurangi inflasi melalui kenaikan lebih lanjut. Powell dan Fed terus mengulangi tujuan menurunkan inflasi menjadi 2%.

Pasar tampaknya setuju bahwa suku bunga akan terus naik dengan pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) berikutnya yang dijadwalkan pada 3 Mei 2023. Ini juga akan menjadi tanggal penting bagi investor kripto karena sektor ini masih berkorelasi tinggi dengan Dow dan S&P 500.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular