Connect with us

Bitcoin News

Korelasi Bitcoin-Emas Mencapai Fase Tertinggi Sepanjang Masa

Published

on

Ilustrasi Bitcoin vs emas.

Korelasi Bitcoin (BTC) dengan emas terus meningkat sejak Maret lalu, karena ketidakpastian di tengah krisis perbankan dan suku bunga yang lebih tinggi. Krisis perbankan membuat investor menaruh uang mereka di Bitcoin, karena memberikan pengembalian yang lebih tinggi daripada emas dan ekuitas AS.

Bitcoin dan emas menunjukkan keterkaitan yang lebih kuat karena kedua aset berusaha untuk menetapkan diri sebagai safe haven di saat ketidakpastian pasar.

Seiring berlanjutnya ketidakpastian pasar, hubungan antara Bitcoin dan emas semakin erat, mencapai titik tertinggi dalam dua tahun terakhir. Keterkaitan ini menunjukkan bahwa investor semakin melihat kedua aset ini sebagai safe haven di tengah gejolak ekonomi.

Bitcoin Sebagai Safe Haven

Data terbaru dari TradingView menggarisbawahi keterkaitan yang memperkuat antara Bitcoin dan emas, dengan kedua aset mencapai korelasi 0,5 pada skala -1 hingga 1. Korelasi 1 akan menandakan bahwa aset bergerak seiring secara sempurna, sementara korelasi -1 akan menunjukkan bahwa mereka bergerak ke arah yang berlawanan. Korelasi 0,5 ini merupakan yang tertinggi sejak 2021.

Korelasi Bitcoin dengan emas. Sumber: Kaiko.
Korelasi Bitcoin dengan emas. Sumber: Kaiko.

Baca juga: Standard Chartered: Harga Bitcoin Capai Rp 1,4 Miliar di Akhir Tahun 2024

Banyak investor telah lama menganggap emas sebagai penyimpan nilai yang andal di saat ekonomi yang tidak menentu. Demikian pula, para pendukung Bitcoin berpendapat bahwa sifat desentralisasi dan pasokan terbatas aset kripto ini menjadikannya lindung nilai yang ideal terhadap inflasi dan depresiasi mata uang.

Keterkaitan yang semakin kuat ini menunjukkan bahwa lebih banyak investor mulai melihat Bitcoin sebagai alternatif yang layak untuk aset safe haven tradisional.

Meskipun keterkaitan semakin meningkat, penting untuk dicatat bahwa Bitcoin tetap menjadi aset yang lebih fluktuatif dibandingkan emas. Sebagai akibatnya, aset ini mungkin bukan pilihan yang ideal untuk investor konservatif yang mencari stabilitas.

Advertisement

Tetap Fluktuatif

Namun demikian, hubungan yang semakin kuat antara kedua aset ini bisa menjadi indikator kematangan Bitcoin sebagai instrumen investasi dan penerimaan yang semakin meningkat di dunia keuangan utama.

Kesimpulannya, keterkaitan yang meningkat antara Bitcoin dan emas menunjukkan persepsi yang berkembang dari kedua aset sebagai safe haven di saat ketidakpastian pasar. Meskipun volatilitas yang melekat pada Bitcoin mungkin menghalangi beberapa investor, korelasi yang meningkat dengan emas menunjukkan bahwa mata uang digital ini secara bertahap memperoleh pengakuan sebagai alternatif sah untuk aset safe haven tradisional.

ilustrasi membeli bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: 45 Nama Calon DK OJK Terpilih Awasi LKM dan Aset Kripto, Siapa Saja?

Harga BTC saat ini diperdagangkan mendekati level psikologis US$ 30.000, mencatat reli kuat sebesar 85% tahun ini. Para ahli percaya harga BTC bisa mencapai lebih dari US$ 135.000 setelah Bitcoin berkurang setengahnya tahun depan.

Bitcoin saat ini diperdagangkan pada US$ 29.756, naik 10% dalam 24 jam terakhir. Rendah dan tinggi 24 jam masing-masing adalah US$ 27.284 dan US$ 30.000. Selain itu, volume perdagangan telah meningkat sebesar 70 persen dalam 24 jam terakhir, menunjukkan peningkatan minat di kalangan pedagang.

Para ahli memperkirakan Bitcoin dapat mencapai US$ 35.000 di tengah reli terbaru dalam beberapa minggu ke depan. The Fed akan mengumumkan keputusan kenaikan suku bunga pada 2 Mei, dengan kemungkinan besar kenaikan suku bunga 25 bps sesuai data saat ini.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular