Connect with us

Market

Kenaikan Suku Bunga The Fed Bikin Kripto Bitcoin, Ethereum Naik

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Federal Reserve atau The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada hari Kamis (4/5) dinihari. Saat pengumuman itu rilis, market kripto kembali bergairah dan harga Bitcoin, Ethereum langsung melonjak tinggi.

Untuk mendinginkan ekonomi yang terlalu panas dan menjinakkan harga yang melonjak, The Fed kini telah mengirimkan rentetan 10 kenaikan suku bunga berturut-turut sejak Maret 2022. Hal itu membawa suku bunga dana federal ke kisaran 5 persen hingga 5,25 persen.

CME FedWatch Tools, peningkatan seperempat persen telah diprediksi secara luas, karena menunjukkan investor memberi peluang kenaikan suku bunga AS pada bulan Mei ini 85 persen pasti terjadi.

“Inflasi agak moderat sejak pertengahan tahun lalu,” kata Ketua The FEd, Jerome Powell saat konferensi pers. “Meskipun demikian, tekanan inflasi terus tinggi, dan proses untuk menurunkan inflasi menjadi 2% masih jauh.”

Gerak Market Kripto

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed yang kembali menaikkan suku bunga. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Analis Peringatkan Proyeksi Resesi dan Lebih Banyak Kegagalan Bank

Aset kripto Bitcoin (BTC) sempat sedikit turun sebelum pengumuman The Fed, itu menyebabkan kembali kerugian dan berada di sekitar US$ 28.634, menurut CoinGecko. Ethereum berbalik arah juga, mendorong lebih tinggi di belakang pernyataan Fed menjadi US$ 1.886, naik 1,2 persaen dalam beberapa hari terakhir.

Bitcoin akhirnya kembali naik 1,25% menyusul kenaikan suku bunga The Fed dan mengakhiri hari di US$ 29.937. BTC mengakhiri hari itu dengan US$ 29.000 untuk pertama kalinya dalam tiga sesi. Selama periode yang sama, Nasdaq Composite telah meningkat sekitar 17%.

Sepanjang tahun ini, Bitcoin dan Ethereum telah membukukan keuntungan masing-masing sekitar 70 persen dan 50 persen, sebagian dengan anggapan bahwa The Fed dapat segera menghentikan kenaikan suku bunga atau bahkan memangkas suku bunga di akhir tahun. Itu karena pedagang cenderung menghindari aset “berisiko,” seperti BTC dan ETH, ketika mereka mengharapkan bank sentral AS melanjutkan kebijakan moneter agresifnya untuk mengendalikan inflasi.

Advertisement

Langkah The Fed

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: REUTERS / Yuri Gripas
Ketua The Fed, Jerome Powell bicara soal kenaikan suku bunga. Foto: REUTERS / Yuri Gripas

Baca juga: Drama First Republic Bank Sempat Bikin Sinyal Bullish Harga Bitcoin

Selama beberapa bulan, Powell telah mengatakan berulang kali bahwa “peningkatan berkelanjutan” akan diperlukan untuk mengembalikan inflasi ke target Fed sebesar 2 persen. Inflasi melonjak menjadi 9,1 persen pada Juni 2022, tertinggi sejak 1981.

Namun, nada suara Powell mulai berubah pada bulan Maret setelah gejolak muncul di sektor perbankan AS yang menyebabkan jatuhnya pemberi pinjaman seperti Signature Bank dan Silicon Valley Bank.

Alih-alih mengatakan bahwa “peningkatan (suku bunga) yang sedang berlangsung” kemungkinan akan diperlukan, Powell mengatakan, “beberapa pengetatan kebijakan tambahan mungkin tepat” di Komite Pasar Terbuka Federal bank sentral AS sebelumnya.

Sekarang, Fed dihadapkan dengan potensi krisis plafon utang, di mana AS berisiko gagal bayar utangnya untuk pertama kalinya dalam sejarah. Menteri Keuangan AS, Janet Yellen memperingatkan hal itu bisa terjadi paling cepat 1 Juni jika Kongres tidak dapat mencapai kesepakatan.

Popular