Connect with us

Market

Pasar Aset Kripto Potensi Diterjang Badai Koreksi, Prediksi Bulan Mei?

Published

on

Crypto Heat charts, Tuesday (2/5). Sumber: Coin360.

Pasar aset kripto potensi diterjang badai koreksi. Dalam 24 jam terakhir Bitcoin dan aset kripto lain mengalami penurunan harga yang sangat bearish dengan penurunan rata-rata 2-4%. Total dominasi Bitcoin berada pada 46.09 persen. Dominasi aset kripto mengalami penurunan kecuali BNB, XEC dan BTT. Bahkan untuk stablecoin seperti USDC, USDT dan DAI juga mengalami koreksi. 

“Momen ini artinya indikasi bahwa banyak investor yang exit dari pasar aset kripto. Untuk skemanya, jika investor memindahkan aset mereka yang sebelumnya Bitcoin ke stablecoin, maka stablecoin akan menguat dan Bitcoin akan melemah begitu sebaliknya. Namun jika dua-duanya turun maka kemungkinan investor cash out aset mereka ke dalam bentuk fiat,” kata Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur. 

Dalam dua hari terakhir kapitalisasi pasar aset kripto mengalami penurunan sebesar -4.12% dan kehilangan US$ 48 miliar, Kejadian ini mirip seperti penurunan harga yang terjadi pada 19 April 2023. Penurunan kapitalisasi dari US$ 1,19 Miliar ke US$ 1,14 miliar yang signifikan ini membuat sebagian besar aset kripto mengalami koreksi dan potensi penurunan kapitalisasi bisa terjadi kedepannya. 

Selasa (2/5) Bitcoin Fear and Greed index berada pada poin 55 terus turun dari posisi kemarin di 63 poin. Penurunan sentimen ini diakibatkan Bitcoin mengalami break out dan tertatih menuju area resisten pada harga US$ 30.000.

Namun saat ini Bitcoin kembali ke harga di bawah US$ 29.000. Prediksi fear and greed index ke depan akan mengalami penurunan. Walaupun saat ini tidak ada berita FUD tentang Bitcoin dan pasar aset kripto, namun pergerakan chart dan candlestick menunjukan bahwa Bitcoin akan melakukan penurunan akibat aksi taking profit oleh investor. 

Proyeksi Bulan Mei

Pergerakan market kripto pada bulan April cukup menggembirakan. Bitcoin alami kinerja positif selama empat bulan berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya menandakan potensi akhir dari pasar bearish. Secara historis, tren ini tidak pernah mengarah ke posisi terendah baru, yang menunjukkan bahwa pasar bearish Bitcoin mungkin sudah berakhir.

Fear & Greed Index by alternative.me.

Baca juga: Daftar Kripto Altcoin yang Bisa Masuk Watchlist Bulan Mei 2023

Namun, hanya waktu yang akan menentukan apakah pola ini berlaku dan pasar bearish Bitcoin berakhir mulai Mei ini, karena makroekonomi kini menghadapi tantangan yang signifikan. Data ekonomi AS yang terbaru menunjukan The Fed masih mendukung sikap hawkish.

Advertisement

Prediksi suku bunga acuan The Fed akan berada pada 5,25%, naik dari 5% yang membuat Bitcoin bisa tertekan dan pasar kripto akan koreksi. Jika memang benar suku bunga naik sesuai prediksi, maka Bitcoin akan terkoreksi, namun jika suku bunga tetap atau turun maka BTC kemungkinan akan mengalami kenaikan.

Inflasi AS telah melambat mengikuti upaya konsisten dari The Fed ini melalui kenaikan suku bunga yang ditargetkan. Meskipun terjadi perlambatan, inflasi masih lebih tinggi dari kisaran yang diproyeksikan. Hal ini yang diperkirakan BTC belum akan lepas dari sentimen bearish ke depannya.

Pergerakan BTC sampai pertengahan Mei diprediksi masih tetap berada di level resisten kuat US$ 30.000. Bila terjadi penurunan target terdekat di harga US$ 27.000. Namun, masa depan Bitcoin dan kripto lainnya masih ditentukan juga oleh beberapa sentimen seperti situasi sistem perbankan yang mulai terguncang dan perbedaan pendekatan peraturan yang diambil oleh berbagai negara.

Analisis Pergerakan Harga BTC, ARB dan BNB

Bitcoin (BTC)

BTC/USD Index 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – Tradingview.com.

Dini hari Senin 1 Mei 2023, Bitcoin mengalami apresiasi kenaikan harga yang membuat orang FOMO dan membicarakan bahwa BTC diprediksi akan meroket ke harga US$ 32.000 dalam waktu beberapa hari saja. Hal ini disebabkan karena Bitcoin telah breakout dari symetrical triangel pattern dan langsung naik dari harga US$ 29.250 ke harga US$ 29.960 kurang dari satu hari. Kenaikan sebesar 2,5% ini membuat BTC dibicarakan dan trending di Twitter dengan 211.000 tweet

Berdasarkan teknikal, Bitcoin terkonfirmasi bearish timeframe empat jam Death Cross – Simple Moving Average 100. Support SMA 100 ini berada pada harga US$ 28.916 dan harga saat ini US$ 28.600. Untuk Support SMA 200 berada pada harga US$ 28.759, secara teknikal kripto BTC terkonfirmasi bearish atau koreksi dalam minggu ini dengan potensi penurunan sebesar 10% namun tidak menutup kemungkinan harga bisa naik. Salah satu pemicu kenaikan jika FOMC menurunkan suku bunga bank pada 4 Mei.

Data on-chain pada Cryptoquant, Bitcoin exchange netflow cenderung ditutup positif dalam sebulan terakhir. Penutupan positif pada Bitcoin exchange netfow mengindikasikan adanya inflow yang lebih tinggi dibandingkan dengan arus keluar (outflow). Ini jadi sinyal hati-hati bagi para pelaku pasar karena kemungkinan akan adanya penjualan terhadap Bitcoin yang dikirim ke exchange.

Arbitrum (ARB)

ARB/USD 4H Timeframe by Fyqieh Fachrur Rossy – Tradingview.com.

Baca juga: Aktivitas Trading Investor Kripto Meningkat Selama Ramadhan 1444 H

Arbitrum merupakan aset kripto yang booming pada awal April lalu, disebabkan karena airdrop yang diberikan kepada para trader yang sudah turut andil dalam mencoba jaringan test net-nya. Nominal yang didapatkan cukup fantastis dari US$ 500-US$ 1500 per akun. Sehingga ARB menjadi perbincangan di seluruh dunia dan menjadi hot news aset kripto. Namun, dibalik airdrop ini tentu ada potensi penekanan harga yang akan terjadi ke depannya.

Pergerakan kripto ARB akan mengalami bearish atau koreksi dalam dua minggu ke depan dengan potensi penurunan sebesar 18% ke harga US$ 6.32. Potensi ini juga didukung dengan tembus nya bearish rising wedge. Untuk target penurunan terdekatnya pada harga US$ 7,16. Namun jika ARB menembus harga US$ 8, maka target kenaikannya akan berada di harga US$ 9.

Advertisement

Binance Coin (BNB)

BNB/USD 4H Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – Tradingview.com.

Aksi harga BNB akan mengalami kenaikan yang signifikan akibat adanya launchpool yang baru diumumkan pada hari minggu 30 Mei 2023. Ketika diumumkan maka harga BNB langsug melonjak dari harga US$ 318 menjadi US$ 336 dengan kenaikan lebih dari 4%. Tentu dengan kenaikan ini membuat BNB lebih stabil dibanding aset kripto lainnya. Target kenaikan BNB masih berada pada harga US$ 350. Namun ada resisten yang cukup kuat di harga US$ 340 yang membuat Bitcoin memantul kembali ke bawah. 

Secara teknikal, BNB berada diatas Simple Moving Average 100 di harga support US$ 331,1 dan Simple Moving Average 200 di harga support US$ 323,5 dan terindikasi bullish kuat.dalam minggu ini.

Binance meluncurkan binance launch pool SUI, Sui juga termasuk trending topik seperti Arbitrum yang mengalami kenaikan luar biasa setelah launchpad kemarin. Bahkan SUI jauh lebih susah didapatkan dibanding ARB karena proyek ini memanfaatkan ICO dan Launchpad di beberapa pertukaran aset kripto besar seperti Binance, Okex, Bybit. Harga penawaran perdana nya di harga US$ 0,1 dengan kemungkinan setelah launching di pasart maka harga bisa mencapai US$ 2 per token SUI. Potensi kenaikan sebesar 2000%.

Investor atau trader bisa memanfaatkan fitur Price Alert yang telah hadir di Tokocrypto. Price Alert adalah fitur pengingat untuk memberi tahu pengguna, ketika harga aset kripto tertentu sudah mencapai target. 

Jika menggunakan fitur Price Alert, pengguna akan mendapatkan notifikasi yang muncul secara real-time ketika harga sudah menyentuh target yang telah kamu tentukan. Dengan begitu, pengguna tidak ketinggalan momentum beli dan jual di harga yang sesuai. Untuk informasi lebih lanjut dan cara menggunakan fitur ini bisa mengakses link berikut ini.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular