Connect with us

Business

Deloitte Integrasi Jaringan Blockchain untuk Kredensial Digital

Published

on

Ilustrasi Deloitte. Sumber: Getty Iamges.

Perusahaan akuntan publik, Deloitte telah mengintegrasikan teknologi blockchain untuk memungkinkan pelanggan menyimpan kredensial verifikasi dalam satu wallet digital. Langkah ini dilakukan untuk merampingkan proses verifikasi yang “biasanya tidak efisien.”

Dalam pernyataan resminya, Deloitte mengumumkan telah mengintegrasikan teknologi KILT Protocol — Polkadot parachain — untuk memungkinkan penerbitan kredensial digital yang dapat digunakan kembali kepada pelanggannya. Integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi proses verifikasi Know Your Customer (KYC) dan Know Your Business (KYB) Deloitte .

Deloitte mengatakan proses standar dan “biasanya tidak efisien,” termasuk sertifikat KYC dan KYB yang diterbitkan di atas kertas, dan permintaan verifikasi identitas yang memerlukan banyak poin data ketika hanya satu yang diperlukan, seringkali menciptakan “pekerjaan ekstra dalam proses.”

Transformasi

Deloitte mengumumkan telah mengintegrasikan teknologi KILT Protocol untuk memungkinkan penerbitan kredensial digital. Sumber: Polkadot.
Deloitte mengumumkan telah mengintegrasikan teknologi KILT Protocol untuk memungkinkan penerbitan kredensial digital. Sumber: Polkadot.

Baca juga: 5 Aset Kripto dengan Potensi Kenaikan Terbaik di Minggu Ini

Selain itu, prosedur verifikasi tradisional dapat menyimpan data dan informasi pribadi di berbagai platform dan basis data, menempatkan privasi data konsumen dalam risiko.

Kredensial akan melayani berbagai kasus penggunaan, termasuk kepatuhan terhadap peraturan untuk perbankan dan keuangan terdesentralisasi (DeFi), verifikasi usia untuk e-commerce, login pribadi, dan penggalangan dana.

Meskipun dompet akan disimpan di perangkat pelanggan dan tetap berada di bawah kendali mereka setiap saat, Deloitte tetap memiliki kemampuan untuk memodifikasi jika keadaan berubah, sebagaimana tercantum dalam pernyataan:

“Kredensial ditandatangani secara digital oleh Deloitte. Deloitte dapat mencabut kredensial menggunakan teknologi blockchain jika kondisi pelanggan telah berubah setelah kredensial dikeluarkan.”

Advertisement

Dukung Pengembangan Blockchain

Ilustrasi blockchain.
Ilustrasi blockchain.

Baca juga: Daftar Pemegang Aset Kripto Bitcoin Paling Banyak di Dunia

Perusahaan menambahkan bahwa tidak diperlukan pengetahuan sebelumnya tentang blockchain dari pelanggan untuk menyiapkan dompet kredensial.

Pendiri KILT Protokol, Ingo Rübe mengatakan bahwa solusi identitas yang disederhanakan yang dibangun di atas KILT memungkinkan pelanggan untuk menggunakan kredensial digital yang dapat diverifikasi di berbagai layanan sambil mempertahankan kontrol “atas kapan dan di mana berbagi informasi pribadi.”

Sebagai parachain Polkadot, ia juga menyediakan “skala dan keamanan yang dibutuhkan oleh mitra perusahaan,” jelas Rübe dikutip cointelegraph.

Polkadot tweet tak lama setelah pengumuman pada 4 Mei, mengatakan bahwa Deloitte memanfaatkan solusi KILT untuk mendukung proses KYC dan KYB sangat penting untuk melindungi dirinya dari aktivitas ilegal. Ini muncul setelah laporan pada 26 April bahwa ada lebih dari 300 peluang kerja terkait crypto tersedia di Deloitte, dengan hampir semuanya diposting di minggu yang sama.

Sementara itu, mencari lowongan pekerjaan terkait kripto di firma akuntansi Empat Besar lainnya, Ernst & Young, KPMG dan PricewaterhouseCoopers, tidak menunjukkan hasil.

Popular