Connect with us

Market Analysis

Pasar Kripto Disambut Bearish di Awal Juni, Apa Penyebabnya?

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Pasar kripto memulai pekan pertama bulan Juni 2023 dengan langkah bearish. Padahal pada akhir pekan lalu, pasar masih menyambut baik kesepakatan plafon utang dan data gaji non-pertanian di AS pada Mei dengan reli yang meyakinkan. 

Selain hal di atas, menurut Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, ekspektasi bahwa The Fed akan berada dalam mode jeda di pertemuan berikutnya semakin tinggi dan bertindak sebagai katalisator reli pasar kripto. Data FedWatch CME tools menunjukkan kemungkinan jeda 75%, dengan 25% sisanya mengharapkan kenaikan 25 basis poin pada pertemuan 14 Juni.

“Selama akhir pekan lalu, Bitcoin bahkan nyaman berada pada level di atas US$ 27.000. Namun, pada Senin (5/6), reli BTC telah berhenti jatuh dan mencoba untuk memulai pemulihan. Awal yang bearish untuk hari ini membuat BTC jatuh ke level terendah di US$ 26.963. Ada beberapa penyebab jeda reli Bitcoin ini dan buat pasar kripto bearish,” kata Fyqieh.

Pertama, investor kini mulai memasuki jeda terlebih dahulu untuk melakukan akumulasi Bitcoin, karena gagal mendorong harga untuk tembus ke level US$ 28.000. Hal ini umum terjadi, ketika BTC koreksi setelah investor gagal menembus level resistensi yang tinggi.

Selanjutnya, investor juga menanti hasil sidang Komite Pertanian AS pada hari Selasa (6/6) mendatang yang berfokus pada rancangan undang-undang perdagangan spot aset digital (Digital Asset Market Structure Proposal). Sebelumnya, para anggota senior Partai Republik di DPR AS telah merilis rancangan undang-undang yang mengklasifikasikan kripto sebagai komoditas, bukan sekuritas.

Baca juga: Prediksi Crypto Juni 2023: Hal yang Buruk untuk Bitcoin Belum Berakhir?

Sentimen Pendorong

Sidang hari Selasa nanti, harus memberi investor indikasi awal tentang seberapa reseptif Demokrat untuk memberikan kejelasan peraturan demi kepentingan inovasi dan perlindungan konsumen. Pemerintah AS harus mengakhiri kampanye anti-kriptonya dan mendukung rancangan undang-undang untuk mengalihkan sentimen investor ke pasar kripto AS.

Advertisement

Bitcoin juga terus bereaksi terhadap indikator ekonomi dari AS dan China. Investor juga perlu mempertimbangkan data ekonomi dari China, setelah melihat pertumbuhan mengecewakan dengan adanya perubahan kebijakan nol-COVID. Perilisan data PMI jasa Caixin (Senin) dan angka inflasi China (Kamis) masih jadi fokus investor untuk melangkah ke pasar.

Kemudian, Indeks Jasa ISM yang dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) pada Senin (5/6) akan menunjukkan kondisi bisnis di sektor jasa AS, yang menyumbang hampir 80% dari PDB negara dan dengan demikian berfungsi sebagai indikator kondisi perekonomian secara keseluruhan. Pembacaan yang lebih tinggi dari perkiraan akan menyebabkan inflasi, memperkuat alasan The Fed untuk melanjutkan pengetatan moneter.

Selera investor juga tidak menunjukan semangat tinggi melihat sentimen dari Bitcoin Fear and Greed Index, kini Senin (5/6) berada di level 53, kategori Neutral. Angka ini tidak jauh berbeda dari pekan sebelumnya di angka 52. Keraguan investor bertambah juga didukung dengan indeks dolar AS (DXY) yang terpantau berkinerja positif naik di 104.12 (+0.10%).

Bitcoin Monthly Returns. Sumber: Coinglass.com.

Bulan Mei 2023 ditutup dengan koreksi merah sebesar 6,98%, dan ada potensi penurunan yang berlanjut karena bulan Juni cenderung didominasi oleh koreksi. Data historis menunjukkan bahwa kuartal kedua seringkali mengalami penurunan. Oleh karena itu, prediksi tren bulan Juni cenderung bearish.

“Namun, perlu diingat bahwa prediksi ini mungkin tidak akurat karena banyak faktor yang mempengaruhi harga seperti sentimen pasar, berita terbaru, dan perkembangan baru di dunia kripto. Analisis historis tidak dapat sepenuhnya memprediksi pergerakan harga di masa mendatang<” ucap Fyqieh.

Dalam konteks halving Bitcoin yang akan datang dalam waktu kurang dari 1 tahun, beberapa orang berpendapat bahwa hal ini dapat memicu lonjakan harga (bull run) setelahnya. Oleh karena itu, tahun 2023 dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melakukan akumulasi Bitcoin secara bertahap di saat pasar kripto bearish.

Analisis Pergerakan Harga 

Bitcoin (BTC) Masuk ke Area Sideways

BTC/USDT Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pada saat ini, harga Bitcoin mengalami penurunan dan berada sekitar US$ 26.000 setelah mencapai US$ 27.000 sebelumnya. Penyebabnya adalah efek dari psikologis investor yang gagal mendorong BTC melewati level US$ 27.000, yang memberikan sentimen negatif bagi Bitcoin. Secara teknikal, ada kemungkinan besar bahwa Bitcoin akan mencapai level US$ 26.600. 

Jika berencana untuk membeli Bitcoin, disarankan untuk bersikap sabar dan menunggu beberapa hari ke depan. Rentang pergerakan harga Bitcoin kemungkinan akan berada antara US$ 26.600 dan US$ 27.200 dalam seminggu ke depan, tetapi ini merupakan area volatilitasnya. Jika terjadi penurunan di bawah US$ 26.500, pertimbangkan untuk menutup posisi atau menyiapkan dana tambahan untuk melakukan akumulasi. 

Pada tanggal 2 Juni 2023, garis Moving Average 200 mingguan Bitcoin menunjukkan bahwa harga Bitcoin berada pada level US$ 27.248, sedangkan support Moving Average berada pada level US$ 26.313. Hal ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih berada di atas level support dan cenderung bullish karena pergerjakan harganya berada di atas rata-rata.

Advertisement

Ripple (XRP) Potensi Bullish

XRP/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Daftar Aset Potensial di Bulan Juni 2023, Saatnya Nabung Kripto!

XRP sedang mengalami tren bullish karena adanya sentimen positif terkait penggunaan percontohan CBDC Ripple oleh bank sentral Montenegro, Republik Palau, dan Otoritas Moneter Kerajaan Bhutan. Ripple menawarkan solusi seperti stabilitas stablecoin, kecepatan transaksi, dan biaya transaksi yang rendah. Berdasarkan sentimen ini, ada prediksi bahwa XRP akan mengalami tren bullish dan dapat mencapai harga US$ 0,5361.

“Dalam tren bullish ini, support terdekat XRP berada di sekitar US$ 0,5 dan US$ 0,485. Support merupakan tingkat harga di mana permintaan dianggap cukup kuat untuk mencegah harga turun lebih jauh. Jika harga mendekati level-level support ini, ada kemungkinan terjadi rebound atau peningkatan harga,” jelas analisis Fyqieh.

Ethereum (ETH) Retest Support Line

ETH/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan harga Ethereum (ETH) dalam 1-2 hari ke depan kemungkinan akan mengalami penurunan berdasarkan pola candlestick Bearish Engulfing, yang menunjukkan adanya kepanikan dan kekuatan seller yang lebih besar dari buyer. Saya memprediksi bahwa penurunan ini dapat mencapai harga US$ 1.830, diikuti oleh kemungkinan pullback.

Rentang harga pergerakan ETH dalam seminggu kedepan diperkirakan berada antara US$ 1.830 hingga US$ 1.900, dengan volatilitas persentase sebesar 3,97%. Area harga ini memungkinan untuk melakukan scalping di area harga tersebut untuk keamanan. Terakhir, jika ETH kembali menembus garis support-nya dan harga jatuh di bawah US$ 1.800 dalam beberapa minggu ke depan. Maka kemungkinan akan terjadi lanjutan penurunan.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular