Business

OnlyFans Melangkah ke Ranah Kripto, Beli Ethereum Senilai Rp 304 Miliar

Published

on

Platform media sosial, OnlyFans, dilaporkan telah membeli aset kripto Ethereum (ETH) dalam jumlah besar untuk aset perusahaan. Keputusan OnlyFans memasuki ruang kripto bertepatan dengan periode di mana perusahaan telah mencatat pertumbuhan yang signifikan.

Menurut pengajuan keuangan perusahaan induk OnlyFans, Fenix ​​International Limited kepada otoritas Inggris pada hari Kamis (24/8) telah membeli Ethereum (ETH) senilai US$ 19,889 juta atau sekitar Rp 304 Miliar. Namun, nilai Ethereum yang dibeli mengalami penurunan, menyebabkan kerugian penurunan nilai sebesar US$ 8,455 juta pada tanggal 30 November 2022.

“Selama tahun ini, grup tersebut mendiversifikasi sebagian modal kerjanya menjadi aset kripto—ETH atau Ethereum,” kata perusahaan itu dalam pernyataan strategis yang membuka dokumen setebal 48 halaman. “Tidak ada batasan atau pembatasan terhadap kemampuan grup untuk menjual aset kripto. Aset tersebut telah mengalami penurunan nilai ke nilai wajarnya pada akhir tahun.”

Nilai Turun

Akibatnya, sisa nilai Ethereum, yang dikenal sebagai jumlah tercatat, mencapai US$ 11,434 juta. Kerugian penurunan nilai ini menunjukkan bahwa investasi awal di Ethereum telah menurun nilainya, sejalan dengan pergerakan harga baru-baru ini di pasar kripto secara umum.

Menurut pengajuan tersebut, berinvestasi dalam kripto adalah bagian dari memasukkan uang ke dalam aset tidak berwujud dengan ‘masa manfaat yang tidak terbatas. Usaha OnlyFans dalam kripto dapat memiliki beberapa implikasi, menunjuk pada langkah yang disengaja menuju diversifikasi dan merangkul teknologi blockchain.

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Harga Bitcoin Diprediksi Mencapai Rp 2,2 Miliar pada Pertengahan 2025

Langkah ini bertepatan dengan semakin dianggapnya Ethereum sebagai aset yang menarik karena potensinya sebagai penyimpan nilai yang layak. Integrasinya yang semakin besar ke dalam lembaga keuangan arus utama semakin meningkatkan daya tarik aset ini sebagai pilihan investasi berkelanjutan.

Selain itu, investasi ini mungkin terkait dengan kemampuan Ethereum untuk berfungsi sebagai aset tahan inflasi, sehingga berpotensi mengurangi dampaknya terhadap fluktuasi pasar keuangan konvensional.

Advertisement

NFT OnlyFans

Tahun lalu, OnlyFans membuat gebrakan di dunia kripto dengan mengumumkan bahwa pembuat konten dapat menggunakan Ethereum NFT terverifikasi di gambar profil mereka. Kreator yang melakukannya menerima simbol Ethereum untuk menunjukkan kepemilikan mereka atas aset tersebut.

Pada saat itu, CEO OnlyFans, Amrapali Gan mengatakan fitur tersebut—mirip dengan yang diperkenalkan untuk Instagram dan Facebook oleh Meta—bertujuan untuk “memberdayakan para pembuat konten untuk memiliki potensi penuh mereka.”

“Fitur ini adalah langkah pertama dalam mengeksplorasi peran NFT di platform kami,” kata Gan kepada Reuters .

Sayangnya, perusahaan tidak dapat mengantisipasi pasar bearish kripto yang akan segera terjadi. Pada saat pengumuman NFT, ETH diperdagangkan pada US$ 2.797.43, tetapi turun menjadi US$ 1.298.94 pada tanggal 30 November ketika periode pelaporan berakhir. Pada saat penulisan, ETH diperdagangkan pada US$ 1.645.90.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Advertisement

Popular

Exit mobile version