Connect with us

Altcoin News

3 Altcoin yang Potensi Ungguli Bitcoin pada September 2024

Published

on

Ilustrasi aset kripto. Sumber: Coinpedia.

Tiga altcoin, yakni Tron, Aave, dan Cardano, diprediksi akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan Bitcoin pada bulan September 2024. Berikut adalah alasan di balik perkiraan tersebu menurut laporan BeInCrypto:

1. Tron (TRX)

Tron (TRX), yang dikenal sebagai mata uang kripto terkait dengan Justin Sun, baru-baru ini mencapai harga tertingginya dalam tiga tahun terakhir, yaitu $0,17. Pencapaian ini membantu Tron masuk ke dalam jajaran 10 besar mata uang kripto berdasarkan kapitalisasi pasar, melampaui Cardano (ADA). Dalam 30 hari terakhir, harga TRX meningkat sebesar 15%, mengungguli Bitcoin dalam periode yang sama.

Kenaikan harga ini sebagian besar dipicu oleh peluncuran generator koin meme, SunPump, yang diluncurkan pada bulan Agustus. Hal ini meningkatkan permintaan TRX, yang juga terlihat dari peningkatan dominasi sosial Tron menjadi 6,23%. Peningkatan ini menunjukkan adanya perhatian lebih terhadap proyek Tron.

Analisis Harian Tron. Sumber: TradingView.
Analisis Harian Tron. Sumber: TradingView.

Secara teknis, indikator On Balance Volume (OBV) Tron menunjukkan adanya tekanan beli yang kuat, yang sering kali menjadi pertanda kenaikan harga lebih lanjut. Jika tren akumulasi TRX berlanjut, harga dapat turun sementara ke $0,14 sebelum kembali naik ke $0,17, dan bahkan berpotensi mencapai $0,19 pada bulan September.

Namun, prediksi optimis ini bisa berubah jika Bitcoin menunjukkan performa yang lebih kuat dari altcoin pada bulan depan. Dalam skenario ini, momentum kenaikan TRX mungkin akan tertahan, membuat target harga yang diprediksi lebih sulit dicapai.

Advertisement

2. Aave (AAVE)

Dalam 30 hari terakhir, harga AAVE telah naik sebesar 18,68%. Token ini berfungsi sebagai token tata kelola untuk protokol DeFi Aave dan baru-baru ini menarik minat besar dari investor besar, menempatkan AAVE di antara altcoin yang berpotensi mengungguli Bitcoin pada bulan September.

Aave juga berencana untuk memperluas keterlibatannya dalam sektor Aset Dunia Nyata (RWA) dengan mengintegrasikan infrastruktur BUIDL dari BlackRock. Jika rencana ini disetujui, hal ini dapat mendorong permintaan untuk AAVE.

Analisis Harian altcoin Aave. Sumber: TradingView.
Analisis Harian Aave. Sumber: TradingView.

Baca juga: Cerita Eks Karyawan Goldman Sachs Bikin Ondo Finance

Pada awal Agustus, harga AAVE sempat turun di bawah $80, namun kemudian pulih dan mencapai $146,49 pada 24 Agustus. Pada titik ini, indikator Relative Strength Index (RSI) menunjukkan bahwa token telah memasuki wilayah overbought, yang menandakan momentum bullish.

Untuk melanjutkan tren bullish ini, harga AAVE perlu bertahan di atas level support $118,01 dan menembus resistance di $129,64. Jika berhasil, AAVE bisa menjadi salah satu altcoin yang mengungguli Bitcoin pada bulan September. Namun, jika harga turun di bawah $118,01, AAVE bisa mengalami penurunan yang signifikan.

Advertisement

3. Cardano (ADA)

Prediksi bullish untuk Cardano terutama didorong oleh pembaruan besar yang dijadwalkan pada 1 September, yaitu hard fork Chang. Pembaruan ini akan memperkenalkan tata kelola on-chain ke blockchain Cardano, menandai langkah awal menuju tujuan proyek yang lebih besar, Voltaire.

Optimisme di kalangan pemegang ADA meningkat menjelang pembaruan ini. Pada tahun 2021, hard fork serupa pada jaringan Cardano menyebabkan lonjakan harga sebesar 130% dalam sebulan. Jika sejarah terulang, ADA bisa mengalami kenaikan harga yang signifikan pada bulan September.

Analisis Harian altcoin ADA. Sumber: TradingView.
Analisis Harian ADA. Sumber: TradingView.

Saat ini, ADA diperdagangkan di sekitar $0,35, turun dari $0,40 dalam tiga hari terakhir. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) menunjukkan adanya momentum bullish, yang bisa menjadi sinyal untuk membeli. Jika tren ini berlanjut, harga ADA bisa pulih ke $0,40 dan mungkin mencapai $0,44 jika tekanan beli meningkat.

Namun, ada risiko bahwa harga ADA bisa turun menjadi $0,32 jika pembaruan ini ternyata menjadi “sell the news” event, di mana harga turun setelah pembaruan yang diantisipasi terjadi.

Dengan potensi yang dimiliki oleh ketiga altcoin ini, mereka mungkin bisa mengungguli Bitcoin pada bulan September 2024, meskipun risiko tetap ada.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular