Connect with us

Market

4 Kripto yang Diprediksi Capai ATH Baru di Bulan Agustus 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Sejumlah aset kripto diprediksi mencapai kenaikan tertinggi atau all-time high (ATH) pada bulan Agustus mendatang. Secara keseluruhan, bisa dibilang Juli adalah bulan bearish untuk pasar kripto.

Situasi di bulan Juli, terutama terlihat dalam kasus Bitcoin (BTC), yang turun tajam setelah mencapai tertinggi tahunan baru pada 13 Juli. Para trader dan investor menatap bulan Agustus dengan semangat baru.

Agustus berpotensi menjadi bulan yang sangat penting bagi pasar altcoin. Tingkat dominasi Bitcoin (BTCD) telah mengalami stagnasi dan mungkin berada pada tahap awal pergerakan turun. Dilaporkan BeInCrypto, sejumlah kripto teratas untuk bulan Agustus yang dapat mencapai level tertinggi baru sepanjang masa.

OKB (OKB)

Sejak Juni 2022, harga OKB mengalami kenaikan pesat yang menyerupai pergerakan naik lima gelombang. Jika demikian, saat ini sedang dalam gelombang empat hitungan Gelombang Elliott ini. Analis teknis menggunakan teori Elliott Wave untuk mengidentifikasi pola harga jangka panjang yang berulang dan psikologi investor, membantu mereka dalam menentukan arah tren.

Kehadiran segitiga simetris dalam apa yang bisa menjadi gelombang empat bersama dengan bentuk gelombang tiga mendukung hitungan gelombang ini. Jika interpretasi ini benar, harga OKB diperkirakan akan menembus segitiga dan melonjak menuju level resistensi berikutnya di US$ 72,10, menetapkan harga tertinggi baru sepanjang masa.

Grafik Harian OKB/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian OKB/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: CFX Resmi Jadi Bursa Kripto di Indonesia: Perkuat Ekosistem Aset Digital

Target ditemukan menggunakan ekstensi Fib 1,61 pada gelombang empat. Metode Fib ini sering digunakan saat harga mendekati all-time high, artinya tidak ada resistance horizontal yang tersisa di atas harga.

Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa jika harga pecah dari pola segitiga, prediksi bullish untuk harga OKB ini menjadi tidak valid, dan berpotensi menyebabkan penurunan menuju US$ 34,3.

Advertisement

Maker (MKR)

Harga MKR mengalami dua perkembangan bullish yang signifikan di bulan Juli: Harga menembus garis resistensi turun 790 hari, dan melewati area resistensi horizontal US$ 1.000. Karena ini adalah level resistensi diagonal dan horizontal yang penting, penembusan di atasnya adalah tanda kuat bahwa trennya bullish.

Grafik Harian MKR/USDT. Sumber: TradingV i ew.
Grafik Harian MKR/USDT. Sumber: TradingV i ew.

Resistensi penting berikutnya untuk harga adalah US$ 2.100. Jumlah ini meningkat sebesar 70% diukur dari harga saat ini. Sementara titik tertinggi sepanjang masa adalah 410% di atas harga, membuat penembusan menjadi tugas yang sulit, area US$ 2.100 lebih bisa dicapai.

Terlepas dari prediksi harga MKR yang bullish ini, penutupan di bawah US$ 1.000 akan membatalkan perkiraan positif ini. Jika itu terjadi, struktur bullish tidak valid dan MKR kemungkinan akan jatuh ke support terdekat berikutnya di US$ 750.

TomoChain (TOMO)

Harga TOMO juga menunjukkan tanda-tanda bullish yang menentukan. Alasan utamanya adalah pergerakan naik 450% sejak awal tahun.

Selama kenaikan ini, harga TOMO merebut kembali area resistensi US$ 0,95. Ini adalah level krusial karena ini adalah resistance horizontal terakhir sebelum titik tertinggi sepanjang masa di US$ 3,90.

Grafik Harian TOMO/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian TOMO/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: XRP Menantang Bitcoin Dominance, Saatnya Altcoin Naik?

Selain itu, hitungan gelombang menunjukkan bahwa harga akan mencapai tertinggi baru sepanjang masa. Menurut hitungan , harga berada di gelombang kelima dan terakhir dari kenaikan yang dimulai pada awal tahun.

Untuk menentukan arah tren, analis teknikal menggunakan teori Elliott Wave, yang mempelajari pola harga jangka panjang yang berulang dan psikologi investor.

Jika hitungannya benar, pemantulan yang sedang berlangsung di area US$ 0,95 menandai akhir gelombang empat dan awal gelombang lima. Pergerakan naik ke wilayah tertinggi sepanjang masa akan menjadi peningkatan sebesar 160% yang diukur dari harga saat ini.

Advertisement

Terlepas dari prediksi harga TOMO yang bullish ini, penurunan dan penutupan di bawah area US$ 0,95 akan berarti bahwa trennya adalah bearish. Jika itu terjadi, retracement dapat berlanjut ke level dukungan US$ 0,70.

Ocean Protocol (OCEAN)

Harga OCEAN telah jatuh di bawah garis resistensi menurun sejak tertinggi sepanjang masa di US$ 1,94 pada April 2021. Lebih khusus lagi, garis tersebut telah berlaku selama 829 hari. Sejauh ini, harga telah melakukan enam upaya breakout yang gagal.

Karena garis menjadi lebih lemah setiap kali disentuh, kemungkinan besar akan terjadi penembusan dari garis tersebut. Selain itu, harga telah diperdagangkan di dalam saluran paralel turun sejak awal Februari. Saluran ini biasanya berisi pola korektif. Oleh karena itu, penembusan akhirnya adalah skenario harga di masa depan yang paling mungkin.

Grafik OCEAN/USDT 3 Hari. Sumber: TradingView.
Grafik OCEAN/USDT 3 Hari. Sumber: TradingView.

Ini sejalan dengan berbagai upaya untuk menembus melemahnya resistensi jangka panjang. Namun, karena titik tertinggi sepanjang masa lebih dari 460% dari harga saat ini, maka akan sulit untuk dicapai.

Target yang lebih masuk akal jika terjadi penembusan jangka panjang adalah area resistensi US$ 1, yang berjarak 190% dari harga saat ini.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular