Connect with us

Market

Pasar Kripto Sideways, Bagaimana Prediksi Harga Bitcoin di Akhir Juli?

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Pergerakan pasar aset kripto masih belum bergairah pasca The Fed memutuskan kembali menaikkan suku bunganya sebesar 25 bps. Kenaikan ini sesuai prediksi banyak analis, namun belum optimal menggerakan pasar kripto ke zona hijau.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan salah satu penyebab masih lesunya pasar kripto adalah sentimen negatif dari pernyataan Ketua The Fed, Jerome Powell yang membuka peluang untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut di masa mendatang. Belum jelasnya kebijakan The Fed ke depan dipastikan akan menimbulkan lebih banyak ketidakpastian global, sehingga investor dan trader kripto harus menunggu dan mempertimbangkan rilis data ekonomi AS terbaru.

“Inflasi di AS tetap jauh di atas target The Fed sebesar 2%. Sebagai catatan, The Fed baru akan menggelar pertemuan pada 19-20 September mendatang. Sebelum pertemuan tersebut, The Fed akan memiliki data pendukung yang lebih banyak yakni dua kali inflasi dan data pengangguran (Juli dan Agustus). Hal ini akan mempengaruhi gairah investor kripto ke depan,” jelas Fyqieh.

Prediksi Harga Bitcoin

Bitcoin Monthly Returns. Sumber: Coinglass.

Prediksi pergerakan harga Bitcoin pada bulan Juli adalah akan berakhir dengan minus, jika tidak dapat mempertahankan harga di atas US$ 30.400 hingga tanggal 31 Juli 2023. Meskipun selama tiga tahun berturut-turut (2020, 2021, dan 2022) Bitcoin mengalami tren bullish pada bulan Juli, namun pada tahun ini terlihat kemungkinan Bitcoin akan ditutup dengan koreksi merah. 

Menurut Fyqieh, berdasarkan analisis teknikal dan sentimen pasar saat ini, Bitcoin kemungkinan akan mencapai level support sekitar US$ 28.000, dan bulan Juli berpotensi mengalami penurunan lebih dari 7% secara bulanan. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir terkait dengan koreksi tersebut, karena bisa menjadi kesempatan yang tepat untuk mulai melakukan akumulasi aset.

Bitcoin Quarterly Returns. Sumber: Coinglass.

Baca juga: Harga Dogecoin (DOGE) Melonjak saat Twitter Ganti Nama dan Logo ke X

Pergerakan Bitcoin secara kuartal atau setiap tiga bulan di awal semester 2 tahun 2023 mengalami koreksi sebesar -4,06%. Bulan Juli merupakan bulan pertama di kuartal ke-3, dan banyak harapan yang terletak pada bulan ini karena pergerakannya dapat menjadi penentu bagi pergerakan Bitcoin selama tiga bulan ke depan.

“Jika dibandingkan dengan performa Bitcoin pada kuartal pertama dengan kenaikan sebesar 71,77% dan kuartal kedua dengan kenaikan 7,19%, prediksi untuk kuartal ke-3 adalah bahwa Bitcoin akan mengalami pelemahan harga. Namun, tidak ada yang bisa tahu dengan pasti apakah kuartal ini akan ditutup dengan persentase harga minus atau plus. Pergerakan Bitcoin sangat dipengaruhi oleh sentimen pasar dan berbagai faktor fundamental yang terjadi di masa depan,” jelas Fyqieh.

Bitcoin Fear and Greed Index pada Jumat (28/7).

Bitcoin saat ini mengalami sedikit kenaikan dibandingkan dengan hari sebelumnya, dengan harga harian bergerak di kisaran US$ 29.000 hingga US$ 29.200. Menurut Fear and Greed Index, sentimen pasar terhadap Bitcoin saat ini netral, dengan poin berada di 52, yang berada dalam rentang netral dari 50 hingga 54. Meskipun harga Bitcoin berada di bawah US$ 30.000, terlihat ada minat pembelian di pasar, terbukti dengan pergerakan harga saat ini di kisaran US$ 29.200 hingga US$ 29.400.

Jika harga Bitcoin berhasil melampaui level US$ 30.000, maka sentimen pasar kemungkinan akan mengalami kenaikan karena akan ada euforia dan keserakahan yang lebih tinggi dari para investor dan trader. Dalam situasi seperti ini, analisis teknikal juga menjadi penting untuk memahami pergerakan harga lebih lanjut.

Advertisement

Analisis teknikal melibatkan pemahaman tentang pola grafik, indikator, dan level support dan resisten untuk membantu mengidentifikasi tren harga dan mengambil keputusan perdagangan yang lebih informasional. Penting untuk mencatat bahwa sentimen pasar dan analisis teknikal adalah dua alat yang berbeda namun saling melengkapi dalam membantu pemahaman tentang pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Analisis Pergerakan Harga 

Bitcoin (BTC)

BTC/USD Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Berdasarkan analisis teknikal, menurut Fyqieh, pergerakan harga Bitcoin diperkirakan akan mengalami penurunan dalam seminggu ke depan, mencapai sekitar US$ 28.322. Prediksi ini muncul setelah ada konfirmasi breakdown pada area harga US$ 29.500, dan saat ini harga Bitcoin berada di kisaran US$ 29.283 dengan konsolidasi harga. Dari segi analisis teknikal, Bitcoin berpotensi bergerak dalam tren bearish, namun dari segi sentimen pasar, Bitcoin saat ini berada dalam kondisi netral.

“Untuk mengklaim bahwa Bitcoin berada dalam tren bullish, dibutuhkan harga Bitcoin untuk berada di atas area US$ 30.400. Saat ini, sentimen pasar terhadap Bitcoin tidak memberikan sinyal yang jelas mengenai arah pergerakan harga untuk bullish,” tutur Fyqieh.

Ethereum  (ETH)

ETH/USDT TF 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan harga Ethereum (ETH) diprediksi akan mengalami koreksi yang cukup signifikan dalam minggu ini, dengan estimasi penurunan hingga mencapai US$ 1.816. Hal ini menyusul potensi penurunan Bitcoin yang juga berdampak pada harga ETH. Saat ini, harga Ethereum berada di sekitar US$ 1.855, sehingga jika benar-benar mencapai harga US$ 1.816, ETH memiliki potensi penurunan sekitar -2,55%, sedangkan Bitcoin memiliki potensi penurunan di atas 3%.

Dilihat dari sisi analisis teknikal, ETH memiliki indikasi yang lebih kuat daripada Bitcoin. Hal ini berarti secara teknikal, Ethereum diharapkan dapat lebih tahan terhadap penurunan harga dibandingkan dengan Bitcoin.

Dogecoin (DOGE)

DOGE/USDT by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: XRP Menantang Bitcoin Dominance, Saatnya Altcoin Naik?

Prediksi pergerakan aset kripto Dogecoin (DOGE) menunjukkan kemungkinan mengalami penurunan dalam waktu dekat. Hal ini disebabkan oleh indikasi kuat bahwa Bitcoin juga akan mengalami koreksi, dan DOGE berada di fase distribusi setelah Elon Musk memasang logo DOGE di profil Twitter-nya.

Dalam fase distribusi ini, DOGE diprediksi akan mengalami penurunan hingga mencapai harga US$ 0,0731, dengan persentase sebesar -5.18%. Prediksi harga ini juga diperkuat dengan adanya moving average 100 pada harga tersebut, yang menunjukkan tingkat support atau perlawanan yang cukup signifikan.

Dengan demikian, dalam situasi ini, lebih baik untuk melakukan aksi “wait and see” atau menunggu sampai DOGE bergerak pada harga US$ 0,0731 sebelum membuat keputusan investasi. Namun, perlu diingat bahwa prediksi harga aset kripto selalu bersifat spekulatif dan dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal yang sulit diprediksi dengan akurat.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular