Connect with us

Market

4 Kripto yang Diprediksi Capai ATH Baru di Bulan September 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto.

Ada sejumlah aset kripto yang diprediksi akan mencapai all-time high (ATH) baru di bulan September mendatang. Seperti yang kita tahu, dunia kripto selalu penuh dengan kejutan.

Harga dari Aset kripto bisa naik turun dengan cepat, dan ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Bulan September 2023 diprediksi akan menjadi bulan yang menarik untuk para investor kripto.

Ada empat kripto yang diperkirakan akan mencapai ATH baru di bulan ini. Beberapa analis dan pengamat pasar telah menunjukkan minat yang besar pada beberapa kripto yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang kuat. Memahami tren ini bisa sangat bermanfaat bagi para investor yang ingin mengoptimalkan keuntungan mereka.

Meskipun pasar mata uang kripto bearish, beberapa altcoin memiliki formasi yang tampak bullish. BeInCrypto melihat kripto teratas untuk bulan September yang dapat mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa.

OKB (OKB)

Harga token OKB telah mengalami peningkatan yang signifikan sejak Juni 2021. Kenaikan tersebut menggambarkan pola pergerakan lima gelombang ke atas (disebut sebagai gelombang putih). Jika ini benar, saat ini harga berada dalam fase gelombang empat dalam pola Elliott Wave.

Analis teknikal menggunakan teori Elliott Wave untuk mengidentifikasi arah tren dengan menganalisis pola harga jangka panjang yang berulang dan psikologi investor.

Grafik Mingguan OKB/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Mingguan OKB/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Manfaat Blockchain dalam Pengiriman Uang Antar Negara

Gelombang empat memiliki bentuk segitiga simetris, yang merupakan pola yang sering terjadi pada gelombang empat. Hal ini mendukung proyeksi pergerakan harga, menunjukkan kemungkinan terjadinya penembusan dari pola segitiga tersebut.

Advertisement

Apabila OKB berhasil menembus, level resistensi selanjutnya berada di $72,10, yang merupakan harga tertinggi dalam sejarahnya. Target ini dihitung berdasarkan perpanjangan Fibonacci 1.61 dari gelombang empat. Proyeksi ini juga sejalan dengan panjang segitiga yang diukur hingga titik penembusannya (gelombang putih). Target ini berada sekitar 70% di atas harga saat ini.

Meskipun prediksi harga OKB cenderung bullish, tetapi jika terjadi penembusan dari pola segitiga dan harga turun di bawah area support sekitar US$ 42, maka tren bearish masih dapat berlanjut. Dalam situasi ini, harga bisa turun hingga 25% ke area support selanjutnya di sekitar US$ 30.

Ocean Protocol (OCEAN)

Harga token OCEAN mengalami penurunan di bawah garis resistensi menurun setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$ 1,94 pada April 2021. Tren penurunan ini telah berlangsung selama 829 hari. Selama periode tersebut, harga telah mencoba enam kali untuk keluar dari garis tren ini (ditandai dengan ikon merah).

Karena setiap kali garis tren tersebut disentuh, kekuatannya cenderung melemah, maka peluang untuk keluar dari garis tren tersebut menjadi lebih besar.

Grafik Mingguan OCEAN/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Mingguan OCEAN/USDT. Sumber: TradingView.

Sejak awal Februari, harga OCEAN bergerak dalam saluran paralel menurun (ditunjukkan dalam pola putih). Pola ini biasanya menandakan gerakan korektif. Oleh karena itu, skenario harga yang paling mungkin adalah penembusan dari saluran ini. Ekspektasi ini sejalan dengan upaya berulang untuk menembus resistensi jangka panjang.

Namun demikian, mencapai kembali puncak sebelumnya akan menjadi tantangan mengingat perbedaan yang signifikan, lebih dari 500%, antara harga tertinggi sepanjang masa dan harga saat ini.

Setelah berhasil menembus resistensi jangka panjang, target yang lebih realistis adalah zona resistensi di sekitar US$ 1. Hal ini akan mewakili kenaikan sekitar 215% dari harga saat ini.

Bitcoin Cash (BCH)

Harga Bitcoin Cash (BCH) mulai mengalami kenaikan pada bulan November 2022. Setelah mencapai titik terendah yang lebih tinggi pada bulan Juni 2023, kenaikan harga menjadi lebih cepat. Ini menghasilkan level tertinggi tahunan baru sebesar US$ 329.

Advertisement

Seluruh pergerakan naik ini dapat diartikan sebagai lima gelombang yang meningkat. Jika ini benar, maka BCH telah menyelesaikan gelombang empat dengan memantul dari level support retracement Fibonacci 0.618 pada tanggal 17 Agustus (ditandai dengan ikon hijau). Selain mengkonfirmasi support Fibonacci, pemantulan ini juga mengonfirmasi garis support dalam saluran paralel menurun.

Grafik 3 Hari BCH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik 3 Hari BCH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Jumlah Investor Kripto RI Tembus 17,67 Juta hingga Juli 2023

Apabila gelombang kelima terjadi, BCH akan keluar dari saluran menurun dan mencapai level tertinggi sekitar US$ 400. Walaupun ini tidak menjadi harga tertinggi baru, tetapi mewakili kenaikan sekitar 90% dari harga saat ini.

Namun, jika harga BCH gagal menembus garis resistensi saluran, prediksi harga bullish tersebut menjadi tidak valid. Dalam skenario ini, harga bisa turun sekitar 35% menuju support terdekat di sekitar US$ 140.

Toncoin (TON)

Harga token TON telah turun di bawah garis resistensi menurun sejak Desember 2022. Penolakan pada bulan April 2023 (dinyatakan dengan ikon merah) memicu penurunan tajam yang mendorong harga ke level terendah di US$ 0,96 pada 11 Juni.

Namun sejak saat itu, harga TON mengalami peningkatan. Setelah mengalami pergerakan awal yang berbeda, TON berhasil menguat kembali di atas level horizontal US$ 1,35 dan mengkonfirmasikannya sebagai support.

Grafik 3 Hari TON/USDT. Sumber: TradingView,
Grafik 3 Hari TON/USDT. Sumber: TradingView,

TON berusaha untuk keluar dari garis resistensi menurun. Jika berhasil, harga kemungkinan akan mencapai level resistensi horizontal berikutnya di sekitar US$ 2,60. Ini akan mewakili kenaikan sekitar 50% dari harga saat ini.

Namun, prediksi harga bullish TON akan menjadi tidak valid jika harga tidak berhasil menembus resistensi tersebut. Dalam skenario ini, kemungkinan terbesar adalah harga akan turun sekitar 22% menuju support terdekat di sekitar US$ 1,35.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah untuk dapat keuntungan dari kenaikan di bulan September 2023.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular