Connect with us

Altcoin News

Alasan Mengapa Upgrade Dencun Ethereum Sangat Penting

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Jaringan Ethereum telah menyelesaikan peningkatan atau upgrade Dencun-nya. Peningkatan terbaru memberikan pengurangan biaya transaksi pada rantai Layer-2.

Transaksi L2 yang dulunya berbiaya $1 kini dapat dilakukan dengan satu sen, sedangkan transaksi yang dulunya berbiaya beberapa sen kini berharga sepersekian sen. Banyak rantai mengandalkan tautan ini ke Jaringan Ethereum, termasuk Arbitrum, Polygon, dan Coinbase Global.

Menurut siaran pers oleh Ethereum Foundation, peningkatan tersebut mengikuti peningkatan Shapella tahun lalu. Ini mencakup beberapa perubahan, termasuk pengenalan blob data sementara dengan EIP-4844, yang juga dikenal sebagai “protodanksharding.” Blob ini membantu mengurangi biaya transaksi L2.

Jika saat ini Anda adalah pemegang Ethereum (ETH), Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun, karena peningkatan Dencun tidak memengaruhi kepemilikan Anda saat ini. Jika Anda adalah operator node ETH non-staking, Anda harus memperbarui klien lapisan eksekusi dan konsensus node Anda sesuai dengan rilis klien masing-masing.

Nama Dencun

Ilustrasi upgrade Dencun Ethereum. Sumber: Twitter @eli5_defi.
Ilustrasi upgrade Dencun Ethereum. Sumber: Twitter @eli5_defi.

Baca juga: Analisis Crypto: Aset Kripto yang Berpeluang Naik Pekan Ini

Lebih lanjut, tim Ethereum menjelaskan bahwa peningkatan pada lapisan konsensus menggunakan nama bintang, dan peningkatan pada lapisan eksekusi mengikuti nama kota Devcon. “Dencun” adalah kombinasi Deneb, bintang berkekuatan pertama di konstelasi Cygnus, dan Cancun, lokasi Devcon 3.

Pengurangan biaya transaksi Layer-2 kemungkinan akan mendorong pengembangan aplikasi dan rantai baru melalui jaringan. Peningkatan Ethereum Dencun juga memberi ETH sedikit peningkatan dalam perdagangan, melihat harga token naik sedikit di bawah 2% Kamis (14/3) pagi ini, dan volume perdagangan melonjak sebesar 7%. Banyak investor memperkirakan peningkatan ini akan menyebabkan lonjakan ETH dalam beberapa hari mendatang.

Memperluas Ekosistem Ethereum

Pengenalan blob dan penurunan biaya jaringan Layer-2 akan memungkinkan pertumbuhan ekosistem Ethereum. Ed Felten, salah satu pendiri Offchain Labs (pengembang Arbitrum), menunjukkan kemungkinan berkurangnya hambatan untuk pengembangan software berbasis AI dalam aplikasi game dan DeFi, yang sebelumnya terganjal oleh biaya transaksi tinggi.

Advertisement

Peningkatan Ethereum Dencun ini juga dapat merangsang pengembangan dan pelepasan lebih banyak rantai Layer-2, sehingga mengurangi hambatan dalam memperkenalkan proyek baru.

Jim McDonald, salah satu pendiri Attestant, memperkirakan kemungkinan “ledakan rantai Layer-2 yang besar” di bulan-bulan berikutnya, karena akan membantu menciptakan ekosistem blockchain yang beragam dan dinamis.

Karl Floersch, salah satu pendiri proyek Optimism, memperingatkan bahwa pengurangan biaya awal akan memacu pengembangan dan adopsi, namun sistem harus bersiap menghadapi kenaikan biaya pada akhirnya. Namun, upgarde Dencun merupakan momen penting dalam pengembangan Ethereum dan jaringan terkaitnya, yang akan menghadirkan lingkungan blockchain yang lebih luas, inovatif, dan dapat diakses.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular