Connect with us

Event

AMA Tokocrypto: Mengenal Lebih Dekat Polkadot 2.0

Published

on

AMA (ask me anything) Telegram Tokocrypto x Polkadot.

Tokocrypto mengadakan sesi Ask Me Anything (AMA) di Telegram dengan menghadirkan Husni, Senior Ambassador Polkadot, untuk membahas Polkadot 2.0. Acara yang berlangsung pada hari Kamis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang Polkadot 2.0 dan potensinya sebagai “Super Komputer Dunia”.

Husni, yang telah menjadi Polkadot Ambassador sejak September 2021 dan diangkat menjadi Senior Ambassador pada September 2022, memulai sesi dengan memperkenalkan dirinya dan pengalamannya dalam dunia kripto. Dia menjelaskan bahwa Polkadot adalah pintu masuknya ke dunia kripto dan kini dia juga berkarir sebagai web3 developer.

Penjelasan Fitur Polkadot 2.0

Dalam sesi AMA, Husni menjelaskan bahwa Polkadot 2.0 baru saja diresmikan oleh komunitas melalui open governance. Polkadot 2.0 memperkenalkan fitur-fitur baru seperti Agile Coretime, Async Backing, dan Elastic Scaling yang akan meningkatkan kecepatan, skalabilitas, dan kemampuan komputasi Polkadot. Menurut Husni, fitur-fitur ini akan membuat Polkadot menjadi solusi bagi berbagai masalah yang masih dihadapi blockchain saat ini.

Tanggapan Terhadap Pertanyaan Komunitas

Ilustrasi Polkadot. Sumber: Polkadot.
Ilustrasi Polkadot. Sumber: Polkadot.

Baca juga: Apa Itu Litecoin (LTC)?

Husni juga menjawab beberapa pertanyaan terpilih dari komunitas. Berikut beberapa poin penting yang disampaikan:

  1. Utilitas Polkadot: Polkadot menawarkan staking, open governance, XCM untuk transfer aset antar chain, dan shared security. Fitur-fitur ini akan tetap ada di Polkadot 2.0 dengan beberapa peningkatan.
  2. Polkadot JAM: Husni menjelaskan bahwa Polkadot JAM adalah blockchain generasi terbaru yang akan menggantikan relay chain Polkadot. JAM akan menjadi rollup chain yang lebih efisien dan simpel, sambil mempertahankan fitur-fitur unggulan seperti staking dan shared security.
  3. Tujuan Upgrade ke Polkadot JAM: Upgrade ini bertujuan untuk meningkatkan utilitas ekosistem Polkadot dan menghapus sistem parachain auctions. Setiap developer dapat menjalankan programnya dengan token DOT, tidak hanya program smart contract.
  4. Mengatasi Masalah Upgrade Runtime: Husni menyebutkan bahwa upgrade async backing yang besar menyebabkan penghentian sementara parachain. Namun, masalah ini berhasil diatasi dalam kurang dari satu jam.
  5. Kaitan dengan Quantum Computing: Polkadot 2.0 dan teknologi quantum computing memiliki tujuan yang berbeda. Quantum computing mungkin dapat membobol blockchain di masa depan, namun saat ini masih jauh dari kenyataan.

Tanggapan Terhadap Pertanyaan Langsung

Dalam sesi tanya jawab langsung dengan anggota komunitas, Husni menjelaskan lebih lanjut mengenai:

  1. Asynchronous Backing: Fitur ini bertujuan mempercepat produksi blok di Polkadot dari 12 detik menjadi 6 detik, dua kali lebih cepat.
  2. Interoperabilitas Polkadot: Polkadot menawarkan interoperabilitas yang lebih aman, cepat, dan murah dibandingkan blockchain lain seperti Ethereum atau Solana.
  3. Keuntungan Membangun dApps di Polkadot: Husni menyoroti berbagai manfaat membangun dApps di Polkadot, termasuk potensi mendapatkan grant, koneksi dengan tim lain, dan berbagai event menarik.
  4. Rencana Jangka Panjang: Fokus utama saat ini adalah merilis Polkadot 2.0 pada Q4 2024. Diskusi mengenai masa depan Polkadot setelah 2.0 masih belum dilakukan.
  5. Agile Coretime: Fitur ini adalah bagian dari Polkadot 2.0 yang akan mendukung pembentukan JAM, sesuai visi Dr. Gavin Wood.

Kesimpulan

Sesi AMA ini memberikan wawasan komprehensif tentang Polkadot 2.0 dan fitur-fitur barunya. Dengan upgrade ini, Polkadot diharapkan dapat menjadi solusi revolusioner bagi dunia web3 dan blockchain. Tokocrypto berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi blockchain melalui diskusi dan edukasi seperti ini.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular