Connect with us

Bitcoin News

Analis Bloomberg Perbarui Perkiraan ETF Bitcoin Spot! Tanggal Berapa?

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Analis riset dari Bloomberg Intelligence, James Seyffart, baru-baru ini memberikan pembaruan terkait persetujuan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot. Meskipun optimisme terus tumbuh bahwa Securities and Exchange Commission (SEC) akan akhirnya menyetujui ETF Bitcoin, Seyffart memberikan beberapa proyeksi yang menarik.

Dalam wawancara dengan saluran YouTube Paul Barron Network, James Seyffart memperkirakan bahwa SEC mungkin akan mengambil keputusan mengenai ETF Bitcoin spot pada periode antara tanggal 8 November hingga 21 November 2023 mendatang. Menurutnya, ada peluang besar sekitar 90% bahwa beberapa permohonan ETF akan disetujui oleh SEC dalam periode tersebut, sementara kita menantikan keputusan akhir.

Analisis dari Bloomberg menunjukkan bahwa SEC mungkin akan lebih cenderung menyetujui permohonan ETF dari beberapa perusahaan sekaligus, daripada memberikan persetujuan pertama kepada satu perusahaan, dengan alasan untuk menghindari memberikan keuntungan persetujuan perdana di antara 12 perusahaan yang saat ini menunggu persetujuan ETF pertama di Amerika Serikat.

The seal of the U.S. Securities and Exchange Commission hangs on the wall at SEC headquarters in Washington, June 24, 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.
The seal of the U.S. Securities and Exchange Commission hangs on the wall at SEC headquarters in Washington, June 24, 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Baca juga: Harga Bitcoin Menembus US$ 36.000, Apakah Ini Awal dari Reli Baru?

Penantian ETF Bitcoin Spot

Seyffart juga menegaskan bahwa ada probabilitas sebesar 75% bahwa SEC akan menyetujui ETF Bitcoin spot pada akhir tahun 2023. Dia bahkan menyatakan bahwa kemungkinan lebih dari satu ETF dapat disetujui secara bersamaan, mengindikasikan bahwa SEC mungkin akan berupaya untuk menyetujui sebagian besar atau seluruhnya pada hari yang sama, tanpa memberikan perlakuan istimewa pada satu entitas di atas yang lain.

Saat membahas tanggal keputusan terakhir untuk ARK 21Shares Bitcoin ETF, yang saat ini sedang dalam proses evaluasi oleh SEC dan dijadwalkan untuk tanggal 10 Januari 2024, Seyffart berpendapat bahwa SEC mungkin akan menunda keputusan mengenai permohonan ARK hingga tanggal tersebut dan baru akan mengevaluasi permohonan ETF lainnya pada Maret 2024.

Meskipun ada kemungkinan tersebut, Seyffart juga menambahkan bahwa menurut pandangannya, SEC mungkin akan merasa tidak perlu menunda begitu lama, dan kemungkinan besar akan menyetujui ETF yang tertunda pada bulan November atau Desember 2023.

Terakhir, dalam konteks metode penyimpanan aset kripto yang akan digunakan oleh perusahaan penyedia ETF Bitcoin, Seyffart menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dapat memilih untuk bekerja sama dengan penyedia penyimpanan terkemuka seperti Coinbase dan Gemini.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular