Connect with us

Crypto

Harga ETH Naik di Atas US$ 2K saat BlackRock Ajukan ETF Ethereum

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Harga Ethereum (ETH) mengalami lonjakan lebih dari 10%, mendekati angka US$ 2.200, setelah Nasdaq mengkonfirmasi rencana BlackRock untuk mengajukan Exchange-Traded Fund (ETF) berbasis Ethereum. Sementara itu, Bitcoin (BTC) juga mencapai level tertinggi dalam 18 bulan, mendekati angka US$ 38.000, sebelum mengalami penurunan tajam.

Dilaporkan oleh Cointelegraph, BlackRock, sebuah manajer aset ternama dari Amerika Serikat, telah mengambil langkah pertama dalam mengajukan ETF berbasis Ethereum. Pada tanggal 9 November, perusahaan ini mendaftarkan Ethereum Trust di negara bagian Delaware, AS, dengan Daniel Schweiger terdaftar sebagai agen yang bertanggung jawab. Daniel Schweiger, seorang direktur pelaksana di BlackRock, mencantumkan informasi ini di akun LinkedIn-nya. Entitas baru ini dikenal dengan nama iShares Ethereum Trust.

Kenaikan harga Ether terjadi seiring dengan berita ini, melewati angka US$ 2.000 untuk pertama kalinya sejak bulan April.

BlackRock tampaknya memperluas keterlibatannya di dunia kripto. Pada bulan Juni, perusahaan ini telah mengajukan permohonan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot.

Potensi yang Dimiliki oleh BlackRock

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Harga Bitcoin Menembus US$ 36.000, Apakah Ini Awal dari Reli Baru?

Dengan aset di bawah pengelolaannya (Assets Under Management – AUM) mencapai lebih dari US$ 10 triliun, BlackRock telah memperdalam keterlibatannya di ranah kripto pada awal tahun ini dengan mengajukan peluncuran iShares Bitcoin Trust. Langkah ini dilakukan sebelum mereka mengajukan permohonan untuk iShares Ethereum Trust saat ini.

BlackRock memiliki pengaruh signifikan di dunia keuangan, dan langkahnya dalam mengajukan ETF Bitcoin spot telah memicu banyak aplikasi serupa dari perusahaan-perusahaan seperti Fidelity Investments dan VanEck. Kemungkinan besar, tren serupa akan terjadi dengan ETF Ethereum ini.

BlackRock telah aktif dalam upayanya untuk mendapatkan persetujuan untuk ETF Bitcoin spot, mengulang permohonan tersebut beberapa kali untuk mempertimbangkan umpan balik yang diberikan oleh SEC (Komisi Sekuritas dan Bursa AS).

Advertisement

Perusahaan manajemen aset ini juga telah melakukan pembicaraan terkait produk ETF pada bulan lalu, seperti yang dilaporkan sebelumnya. Meskipun belum ada persetujuan resmi yang diberikan untuk produk ETF Bitcoin apa pun, kehadiran BlackRock dalam persaingan ini telah meningkatkan harapan bahwa persetujuan akan datang dalam waktu dekat.

Harga Ethereum Melonjak dalam Antisipasi

Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Mengenal Kripto Hooked Protocol (HOOK)

Berita tentang pendaftaran ETF BlackRock berbasis Ethereum telah menciptakan kejutan di seluruh pasar, terutama dengan mendorong Ethereum mencapai level tertinggi baru. Saat artikel ini ditulis, aset digital tersebut telah mengalami kenaikan sebesar 6,05%, dengan ETH berhasil menembus level resistensi US$ 2.000 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Juli.

Keberhasilan rencana ETF menunjukkan prospek cerah bagi Ethereum, yang kini dapat menjadi aset yang lebih mudah diterima oleh investor institusi jika ETF ini secara resmi disetujui dalam jangka panjang.

Harus diperhatikan bahwa BlackRock bukanlah satu-satunya pemain besar yang bersaing dalam perlombaan menuju ETF Ethereum. Pemain besar lainnya, termasuk Grayscale Investments, juga telah secara resmi mendekati SEC untuk mendapatkan persetujuan produk ETF Ethereum spot mereka.

Popular