Connect with us

Market Analysis

Analisis Harga Bitcoin, ETH hingga XRP Jelang Rapat FOMC The Fed

Published

on

Ilustrasi aset kripto.

Harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) hingga XRP kemungkinan besar diprediksi masih terkonsolidasi jelang rapat Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed pada 25-26 Juli 2023. The Fed sendiri akan melakukan rapat FOMC untuk menentukan kebijakan suku bunga telah menjadi sorotan utama bagi para pelaku pasar, termasuk para investor dan trader kripto.

Fluktuasi harga yang terjadi pada pasar aset kripto telah menarik perhatian banyak orang, terutama karena ekspektasi kebijakan moneter yang akan diumumkan oleh The Fed. Dalam artikel ini, kita akan menyelami tren terbaru, faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga, dan proyeksi potensial menghadapi keputusan yang akan diambil oleh The Fed.

The Fed diperkirakan akan menaikan suku bunga sebesar 25 basis poin. Hal tersebut sejalan dengan proyeksi “dot-plot” terbaru dari para anggota FOMC yang menetapkan kebijakan bank sentral bahwa suku bunga acuan akan mencapai puncaknya di 5,50 persen-5,75 persen.

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Gerak Pasar Kripto Terpantau Sideways, Pekan Ini Ada Momen Krusial

Selain itu, yang akan dinantikan oleh investor adalah seberapa hawkish atau dovish pernyataan Ketua The Fed, Jerome Powell untuk mendapatkan sinyal akan kenaikan selanjutnya atau telah mencapai puncak. Selama belum ada kepastian, harga aset kripto masih akan sideways.

Berikut adalah analisis harga sejumlah aset kripto di pekan pengumuman suku bunga The Fed dari Trader External Tokocrypto, Fyqieh Fachrur.

Analisis Pergerakan Harga 

Bitcoin (BTC)

BTC/USDT Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Selama satu minggu terakhir, yaitu pada tanggal 19, 21, dan 23 Juli 2023, harga Bitcoin sempat turun di bawah US$ 30.000. Level support di harga US$ 30.000 menjadi penentu apakah Bitcoin dapat mempertahankan reli atau tidak. 

“Target untuk tren turun jangka pendek akan mencakup level US$ 28.138, yang merupakan titik tengah dari reli 27% yang terlihat antara 15 dan 23 Juni. Dalam kasus tertentu, BTC dapat turun ke level US$ 27.330 dan US$ 26.767, keduanya merupakan level akumulasi utama untuk pemegang jangka panjang,” kata Fyqieh.

Jika prospek ekonomi makro membaik seperti yang dijelaskan di atas, harga Bitcoin dapat memantul dari area dukungan utama dan mencapai level US$ 35.000 dan US$ 41.000 dalam jangka panjang hingga akhir tahun 2023.

Advertisement

Di sisi lain, jika penurunan mendorong harga Bitcoin melampaui level US$ 25.000, itu akan menggoyahkan kepercayaan investor. Pergerakan ini akan menghasilkan titik terendah yang lebih rendah dan mematahkan tesis bullish, yang berpotensi memicu koreksi ke level dukungan utama di US$ 21.313.

Ethereum (ETH)

ETH/USDT by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Prediksi pergerakan harga Ethereum menunjukkan adanya kemungkinan pelemahan, seiring dengan pelemahan harga Bitcoin yang terus berusaha me-retest level dukungan di US$ 30.000. Hal ini dapat menjadi berita yang kurang baik bagi Ethereum dalam waktu beberapa waktu mendatang. Dalam hal RSI (Relative Strength Index), Ethereum berada di area RSI 81 dan 63, yang mengindikasikan bahwa kemungkinan Ethereum akan mengalami koreksi semakin besar.

Untuk saat ini, prediksi harga ETH adalah mencapai US$ 1.906, kemudian mengalami koreksi kembali ke area garis dukungan di US$ 1.855 dalam minggu ini, bahkan bisa mencapai US$ 1.846. Pada area harga US$ 1.846 juga terdapat beberapa bukti retest support yang cukup kuat, seperti terlihat pada awal Juli hingga akhir Juli, dimana Ethereum selalu kembali naik di atas US$ 1.850 dalam waktu singkat setelah mencapai level tersebut.

Ripple (XRP)

XRP/USDT TF 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Semangat Kolaborasi, Tokocrypto Meriahkan Ulang Tahun ke-2 blu

Ripple atau XRP diprediksi akan mengalami penurunan setelah memenangkan kasusnya melawan SEC pada pertengahan Juli lalu. Saat ini, XRP sedang mencari area support dan mengalami koreksi karena banyak investor yang mengambil keuntungan setelah kenaikan harga yang signifikan. Indikator RSI menunjukkan bahwa XRP berada dalam kondisi tekanan jual yang tinggi, dengan nilai RSI sekitar 16,99 dan 18,5.

“Meskipun XRP sedang mengalami tekanan jual yang tinggi, volatilitasnya semakin menurun seiring berjalannya waktu, yang mengindikasikan potensi pelemahan lebih lanjut. Prediksi mengatakan bahwa XRP kemungkinan akan mengalami penurunan hingga mencapai target harga US$ 0,67, yang setara dengan penurunan sebesar -10,89% dari harga saat ini,” jelas Fyqieh.

Fantom (FTM)

FTM/USDT TF 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Menurut Fyqieh, pergerakan harga FTM (Fantom) diperkirakan memiliki potensi kenaikan yang besar. Hal ini didasarkan pada konfirmasi bounce back dengan peningkatan candlestick yang signifikan. Prediksi ini menunjukkan bahwa dalam waktu singkat, mungkin dalam minggu ini, FTM berpotensi mencapai area resisten Moving Average 100 pada harga US$ 0,2684, sehingga berpeluang memberikan keuntungan sekitar 4,57%.

Selain itu, terdapat indikasi permintaan yang cukup tinggi, karena volume transaksi meningkat lebih dari 47,7% berdasarkan data dari CoinMarketCap, dengan total volume transaksi harian mencapai US$ 53.346.035. 

Aptos (APTOS)

APT/USDT TF 4H by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Harga Aptos diprediksi akan mengalami penurunan serupa dengan aset kripto lainnya karena pasar kripto sedang mengalami kondisi lesu dan konsolidasi, dan tidak ada katalis baru yang berdampak signifikan pada seluruh aset kripto. Saat ini, harga APTOS berada di level US$ 7,54 dan berada dalam kisaran konsolidasi antara US$ 7,2 hingga US$ 7,8.

Konsolidasi ini kemungkinan akan terpecah dan Aptos kemungkinan akan mengalami penurunan karena adanya indikasi pola “head and shoulder” yang menunjukkan pelemahan harga. Namun, pola “head and shoulder” ini belum sepenuhnya terkonfirmasi.

Para trader perlu waspada terhadap potensi penurunan harga di level US$ 6,92 sebagai area supportneckline“. Jika harga Aptos kembali menembus area US$ 6,92, maka diprediksi APTOS akan menuju ke area US$ 5,93 sebagai support terbesar.

Advertisement

“Saat ini, para trader spot lebih baik untuk menunggu dan melihat perkembangan terlebih dahulu sebelum mengambil langkah selanjutnya. Indeks RSI saat ini berada di poin 18, yang menunjukkan kondisi oversold, namun di sisi lain, APTOS belum mencapai titik support maksimumnya,” pungkas Fyqieh.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular