Connect with us

Market

Apa Alasan Meningkatnya Bitcoin dan Altcoin?

Published

on

Ilustrasi aset kripto.

Analis dari QCP Capital memperkirakan bahwa kenaikan pasar Bitcoin dan aset kripto lainnya mungkin akan terus berlanjut.

Dalam 24 jam terakhir, telah terjadi pemulihan yang signifikan pada Bitcoin dan altcoin, dengan harga BTC naik di atas US$71.000.

Kenaikan Bitcoin ini diikuti oleh altcoin lainnya, seperti BNB yang meningkat sebesar 12,3% dalam 24 jam terakhir, mencapai lebih dari US$700 dan mencatatkan rekor tertinggi baru.

FLOKI mencatat kenaikan sebesar 30%, sementara Uniswap (UNI) dan ORDI menduduki peringkat pertama di antara altcoin paling menguntungkan di pasar dengan kenaikan masing-masing sebesar 18,7% dan 17,4%.

Faktor di balik kenaikan ini adalah data JOLTS yang diumumkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS untuk bulan April dan rekor entri ETF Bitcoin spot AS setelah sekian lama.

Mengevaluasi data JOLTS, ekonom Oxford Economics, Nancy Vanden Houten, menyatakan, “FED akan menyambut baik tanda-tanda bahwa situasi di pasar tenaga kerja telah tenang, namun data JOLTS tidak mengubah pandangan kami bahwa FED akan mempertahankan suku bunga pada level saat ini sampai September.”

Ekonomi AS

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.
Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Baca juga: 5 Altcoin yang Potensi Cuan di Bulan Juni 2024

Analis pasar melihat kenaikan terbaru ini sebagai indikator bahwa BTC sedang menuju rekor tertinggi baru. QCP Capital menyatakan dalam laporan terbaru mereka bahwa kenaikan BTC dapat berlanjut setelah data AS diumumkan pada hari Jumat.

Advertisement

QCP Capital juga menyebutkan bahwa data Ketenagakerjaan Non-Pertanian yang akan diumumkan pada hari Jumat di AS akan memberikan dorongan pada pasar Bitcoin dan mata uang kripto.

Selain data dari AS, analis juga menyebutkan adanya perkembangan positif lainnya di pasar, termasuk arus masuk besar ke ETF BTC spot AS, persetujuan ETF BTC spot pertama oleh SEC Thailand, dan peluncuran ETF BTC spot pertama di Australia.

Para analis menyatakan bahwa ekspektasi bullish terhadap Bitcoin masih kuat dan data ketenagakerjaan non-pertanian yang akan diumumkan pada hari Jumat akan memainkan peran penting dalam kenaikan ini.

“Dengan adanya perkembangan baru di ETF Spot Bitcoin, masuknya modal tradisional secara global ke dalam Bitcoin akan mendukung kenaikan harga BTC. Kami memperkirakan momentum kenaikan Bitcoin ini akan meningkat lebih jauh dengan data NFP yang akan diumumkan pada hari Jumat. Pasar memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Juni dan Juli sebesar 0%. Angka NFP yang lebih lemah dapat mengubah situasi ini dan bisa menjadi katalis untuk menembus level tertinggi sepanjang masa.”


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular