Connect with us

Academy

Apa Itu First Digital USD (FDUSD)?

Published

on

Apa Itu First Digital USD (FDUSD)? Sumber; Binance Academy.

Apa itu First Digital (FDUSD)? FDUSD adalah stablecoin yang diterbitkan oleh FD121 Limited, anak perusahaan keuangan berbasis Hong Kong, First Digital Limited. Diperkenalkan pada Juni 2023, FDUSD dimaksudkan untuk didukung oleh satu dolar Amerika Serikat atau aset dengan nilai yang setara yang disimpan dalam cadangan oleh kustodian yang ditunjuknya, yaitu First Digital Trust Limited.

Sebagai perusahaan kepercayaan yang terdaftar di bawah hukum Hong Kong, First Digital Trust Limited memiliki kewajiban untuk menjaga semua cadangan FDUSD dalam akun terpisah. Ini berarti tidak ada pencampuran cadangan FDUSD dengan aset lain di perusahaan tersebut. Cadangan juga diwajibkan untuk disimpan dalam bentuk uang tunai atau aset yang sangat likuid, yang diklaim oleh perusahaan untuk membantu memastikan dukungan FDUSD dalam perbandingan 1:1.

Penerbit FDUSD menerbitkan laporan “pernyataan cadangan” yang diaudit oleh auditor independen untuk menunjukkan bahwa pasokan FDUSD yang beredar sepenuhnya didukung oleh nilai yang setara dalam bentuk uang tunai atau setara uang yang disimpan dalam pengawasan.

FDUSD awalnya diterbitkan di jaringan Ethereum dan BNB Chain pada peluncurannya, tetapi memiliki rencana untuk diterbitkan di jaringan blockchain lainnya di masa depan. Dengan banyaknya stablecoin yang sudah ada di pasar, FDUSD bertujuan untuk menawarkan instrumen tambahan untuk diversifikasi kepada pengguna yang tertarik menggunakan stablecoin.

Mengapa FDUSD Berguna?

Kriptokurensi menawarkan banyak keuntungan dibandingkan mata uang fiat sebagai bentuk pembayaran dan dalam penggunaan lainnya, memberikan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah, selain juga lebih aman dan menjaga privasi.

Stablecoin seperti FDUSD adalah instrumen digital yang dirancang untuk menjaga nilai stabil, membantu menghubungkan ekosistem keuangan tradisional dan pasar kriptokurensi. Stablecoin seperti FDUSD memungkinkan mata uang fiat diwakili di dunia kripto sambil dapat bergerak lebih bebas dan efisien.

Apa Saja Penggunaan FDUSD?

FDUSD menawarkan berbagai penggunaan, termasuk yang berikut:

Advertisement
  1. Pengiriman Uang (Remitansi)

FDUSD dapat digunakan untuk transaksi lintas batas yang cepat dan efisien, memberikan pilihan ekonomis untuk layanan remitansi. Dibandingkan dengan transfer bank tradisional, stablecoin seperti FDUSD memiliki biaya yang jauh lebih rendah dan transaksi diselesaikan dengan lebih cepat.

  1. Solusi Pembayaran

Demikian juga, FDUSD dapat digunakan oleh bisnis dan individu untuk memproses pembayaran dengan biaya yang lebih rendah dan pemrosesan yang lebih cepat. Ini sangat berharga untuk transaksi internasional, di mana metode pembayaran tradisional sering kali mengenakan biaya tambahan untuk konversi mata uang dan biaya transfer lintas batas.

  1. Lindung Nilai terhadap Volatilitas Harga

Mengingat volatilitas di pasar kripto, FDUSD dapat digunakan sebagai lindung nilai dan titik stabil selama periode pergerakan harga yang bergejolak. Investor dapat mengubah kriptokurensi lain menjadi stablecoin seperti FDUSD untuk mengunci keuntungan atau melindungi investasi mereka dari fluktuasi pasar yang ekstrem.

  1. Penggunaan di DeFi (Keuangan Terdesentralisasi)

Seperti stablecoin lainnya, FDUSD dapat digunakan dalam berbagai aplikasi DeFi untuk yield farming, pinjaman, peminjaman, dan staking.

Apa Risiko-risiko FDUSD?

FDUSD memiliki beberapa faktor risiko yang perlu diketahui oleh pengguna. Mereka mencakup yang berikut:

  1. Risiko Pelepasan (Depgging)

Mekanisme pelepasan FDUSD bergantung pada kemampuan cadangan untuk mendukung penebusan FDUSD pada nilai pari kapan saja untuk semua permintaan penebusan. Oleh karena itu, keamanan dan likuiditas aset cadangan adalah kunci stabilitas FDUSD. Cadangan FDUSD disimpan dalam penyimpanan pihak ketiga, dan dapat bervariasi dari aset yang sangat likuid hingga aset yang kurang likuid. Ada risiko dari potensi kegagalan penerbit untuk memenuhi fitur stablecoin yang diakui, termasuk nilai nominal dan penebusan tepat waktu pada nilai pari.

  1. Risiko Operasional

FDUSD tunduk pada risiko operasional, termasuk risiko penipuan dan risiko siber. FDUSD bergantung pada layanan pihak ketiga seperti bursa dan layanan penyimpanan yang tunduk pada berbagai risiko operasional. Selain itu, tidak ada solusi efektif untuk kehilangan atau pencurian aset kripto, yang dapat mengekspos pengguna pada risiko tambahan.

  1. Risiko Regulasi

Lingkungan regulasi untuk stablecoin saat ini penuh ketidakpastian. Aturan di yurisdiksi yang berbeda sangat beragam dan berkembang dengan cepat, yang dapat mempengaruhi beberapa operasi FDUSD.

  1. Risiko Kontrahen (Counterparty)

Operasi FDUSD melibatkan perantara keuangan pihak ketiga, yang dapat mengekspos pengguna pada risiko kontrahen. Ini dapat mengakibatkan penundaan dalam penebusan dan biaya yang lebih tinggi karena penerbit stablecoin bergantung pada bursa, pembuat pasar, bank, dan perusahaan pengirim uang lainnya untuk memfasilitasi penebusan.

Kesimpulan

Pasar stablecoin diproyeksikan akan tumbuh menjadi triliunan dolar dalam lima tahun mendatang, naik dari sedikit lebih dari $100 miliar pada pertengahan 2023, menurut peneliti pasar. FDUSD adalah salah satu peserta baru dalam ruang stablecoin yang berkembang.

Dengan adopsi kriptokurensi yang terus berlanjut, lembaga keuangan tradisional dan entitas kripto asli semakin mempertimbangkan untuk menerbitkan stablecoin mereka sendiri, disesuaikan dengan pasar niche dan audiens target mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna akan memiliki beragam pilihan saat memilih stablecoin terbaik untuk kebutuhan mereka.

Namun, meskipun stablecoin datang dengan banyak manfaat, mereka tidak bebas dari risiko. Pengguna harus berhati-hati dan melakukan penelitian mendalam sebelum berinteraksi dengan stablecoin apa pun. Selalu luangkan waktu untuk meninjau whitepaper stablecoin, laporan cadangan, temuan audit, dan semua penjelasan hukum terkait yang biasanya tersedia di situs web resmi stablecoin.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Advertisement

Popular