Connect with us

Market

Bank Terbesar Singapura Punya Lebih dari $650 Juta dalam Bentuk ETH

Published

on

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Nansen, sebuah perusahaan analisis blockchain, meyakini bahwa DBS Bank, bank terbesar di Singapura, mengendalikan sekitar 173.700 ETH yang bernilai lebih dari US$650 juta berdasarkan kurs spot saat ini.

Melalui platform analitik blockchain, X, Nansen mengidentifikasi alamat “0x9e927…fb8e” sebagai milik lembaga keuangan tersebut, memicu minat dan antusiasme. Berdasarkan data dari Etherscan, alamat ini termasuk salah satu yang terbesar, menempatkannya di antara 40 pemegang terbesar dari cryptocurrency paling berharga kedua di dunia.

DBS Bank menonjol dalam daftar ini, setara dengan bursa kripto teratas seperti Binance dan Kraken. Fakta bahwa bank tersebut merupakan salah satu pemain utama dalam industri kripto memberikan dorongan besar dan dukungan signifikan bagi industri yang masih berkembang ini. Dengan kejelasan regulasi, terutama dari regulator di Amerika Serikat, diharapkan akan semakin banyak institusi yang mulai menerima aset digital.

Alamat adalah salah satu pemegang ETH terbesar. Sumber: Etherscan.
Alamat adalah salah satu pemegang ETH terbesar. Sumber: Etherscan.

Apakah DBS Bank Salah Satu Paus Ethereum Terbesar?

Namun, masih diragukan apakah bank tersebut memegang ETH sebagai investasi. Tahun lalu, bank meluncurkan DBS Digital Exchange, yang memungkinkan investor terakreditasi untuk memperdagangkan beberapa aset digital, termasuk ETH. Meski begitu, ada batasan tertentu. Misalnya, Departemen Keuangan DBS tidak mengizinkan transfer ETH dan koin lainnya ke dalam atau ke luar. Mereka juga membatasi partisipasi warga negara Amerika.

Keputusan DBS untuk meluncurkan bursa tersebut, memanfaatkan pengalaman mereka yang luas di pasar modal dan kustodi, sangat positif. Ini menunjukkan bahwa manajemen bank merasa nyaman dengan kelas aset yang muncul seperti kripto meskipun memiliki volatilitas yang tinggi.

Saat ini, DBS Bank perlu mengklarifikasi apakah mereka benar-benar mengendalikan alamat tersebut dan apakah ETH yang dimiliki merupakan bagian dari investasi mereka. Bank juga harus menjelaskan kepada publik apakah lebih dari $650 juta dalam bentuk ETH adalah milik bursa mereka. Berdasarkan data Etherscan, transaksi pertama ke alamat tersebut dilakukan 974 hari yang lalu.

Transfer ETH terakhir dilakukan dalam 974 hari. Sumber: Etherscan.
Transfer ETH terakhir dilakukan dalam 974 hari. Sumber: Etherscan.

Baca juga: Hitung Mundur Dimulai: ATH Baru Bitcoin Diprediksi Dua Minggu Lagi!

Singapura sebagai Pemain Kripto Besar di APAC

Menurut Statista, Singapura memegang peran penting dalam mempromosikan kripto di kawasan Asia-Pasifik. Pada tahun 2023 saja, terdapat 88 kesepakatan yang membantu mengumpulkan lebih dari $625 juta untuk berbagai perusahaan kripto. Dengan kebijakan dan adopsi pemerintah yang menguntungkan, Singapura berupaya memperkuat posisinya sebagai pusat pro-crypto terkemuka di tengah meningkatnya persaingan dari Hong Kong.

Advertisement

Pada awal April, Singapura memperketat tindakan anti pencucian uang untuk perusahaan kripto. Otoritas Moneter Singapura (MAS), regulator negara tersebut, mengubah peraturan keuangan untuk memberikan wewenang kepada regulator untuk mengatur penyimpanan aset digital dan pembayaran lintas batas.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular