Connect with us

Business

Beli Mobil Ferrari Kini Bisa Pakai Bitcoin, Gimana Caranya?

Published

on

Ilustrasi mobil mewah Ferrari. SUmber: REUTERS/Guglielmo Mangiapane.

Ferrari mulai menerima pembayaran menggunakan aset kripto, seperti Bitcoin (BTC) untuk pembelian mobil sport mewahnya. Ada romansa yang relatif mendalam antara merek mobil dan dunia kripto.

Sebagian besar perusahaan blue-chip menghindari kripto karena volatilitas Bitcoin dan token lainnya yang disebut tidak praktis untuk perdagangan. Regulasi yang tidak merata dan penggunaan energi yang tinggi juga menghambat penyebaran kripto sebagai alat pembayaran.

Namun, Ferrari mengambil langkah berani menerima pembayaran dengan aset kripto. Keputusan untuk menerima pembayaran dalam bentuk kripto dilakukan menyusul permintaan dari sejumlah pelanggan kaya Ferrari.

Strategi Ferrari sejalan dengan produsen mobil listrik Tesla, yang pada tahun 2021 mulai menerima pembayaran dalam Bitcoin, aset kripto terbesar, sebelum CEO mereka, Elon Musk menghentikannya karena masalah lingkungan.

Adopsi Kripto

Chief Marketing & Commercial Officer Ferrari, Enrico Galliera, mengatakan bahwa sejumlah aset kripto telah melakukan upaya untuk mengurangi jejak karbon mereka melalui pengenalan software baru dan penggunaan sumber terbarukan yang lebih besar.

Advertisement

“Target kami untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2030 di seluruh value chain kami telah terkonfirmasi,” jelas Enrico Galliera kepada Reuters.

Logo Ferrari. Sumber: REUTERS/Flavio Lo Scalzo.
Logo Ferrari. Sumber: REUTERS/Flavio Lo Scalzo.

Baca juga: Analis Bloomberg: SEC akan Setujui ETF Bitcoin Spot pada Januari 2024

Galliera mengatakan keputusan itu diambil sebagai tanggapan atas permintaan dari pasar dan dealer karena banyak kliennya telah berinvestasi dalam kripto.

“Beberapa di antaranya adalah investor muda yang membangun kekayaan mereka melalui mata uang kripto,” katanya. “Beberapa lainnya adalah investor yang lebih tradisional, yang ingin mendiversifikasi portofolio mereka.”

Bisakah Beli Mobil Ferrari dengan Bitcoin di Indonesia?

Ferrari menjelaskan untuk pembelian mobil mewah mereka dengan pembayaran dalam aset uang kripto saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan akan memperluas skema tersebut ke Eropa menyusul permintaan dari pelanggan.

Ilustrasi Bitcoin dan dolar AS. Sumber: Pixabay.
Ilustrasi Bitcoin dan dolar AS. Sumber: Pixabay.

Baca juga: CEO Binance Membuat Prediksi Bitcoin Pasca Halving yang Berani

Merek mobil mewah tersebut telah memanfaatkan BitPay sebagai pemroses pembayaran untuk penawaran tersebut. Pengguna akan dapat membeli mobil kelas atas yang harga awalnya dipatok sekitar US$ 211.000 dengan kripto seperti Bitcoin, Ethereum (ETH), XRP, dan lainnya yang didukung oleh pemroses pembayaran teratas.

Advertisement

Volatilitas akan dibatasi karena BitPay akan mengubah dana tersebut menjadi mata uang fiat untuk melindungi dealer Ferrari dari perubahan harga. Khususnya, BitPay memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung sejumlah kasus penggunaan baru yang melibatkan mata uang digital yang dapat digunakan sebagai pembayaran untuk aset dunia nyata.

Ferrari mengatakan untuk pengguna yang membayar dengan kripto, tidak akan ada perubahan harga, biaya, atau biaya tambahan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular