Connect with us

Blockchain

eFishery Bangun Koperasi Digital Berbasis Blockchain, Apa Itu?

Published

on

eFishery bangun koperasi digital berbasis blockchain. Sumber: eFishery.

Startup akuakultur, eFishery mengumumkan pendirian koperasi digital berbasis teknologi blockchain untuk pengembangan sektor perikanan di Indonesia. Entitas yang dinamakan Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya ini diumumkan dalam perayaan 10 tahun berdirinya eFishery di Bandung, Rabu (11/10).

Dilaporkan Tempo, Co-founder & CEO eFishery, Gibran Huzaifah, menjelaskan koperasi digital tersebut menggabungkan seluruh komponen dalam ekosistem yang dibangun eFishery. “Kita membentuk koperasi multipihak yang para pembudidaya, agen pakan, buyer, suplier itu bisa tergabung di koperasi dan transaksinya bisa terwujud di koperasi ini,” jelasnya.

“Yang menarik dari koperasi ini basisnya digital dan blockchain. Jadi karena transaksi ini bisa menghubungkan keseluruhan datanya dan akhirnya bisa punya insentif yang lebih banyak supaya semua pemainnya ini bisa makin sejahtera. Jadi kolaborasi ini yang jadi semangat koperasi ini.”

Dorong Pertumbuhan

Gibran mengklaim koperasi yang dibentuk eFishery tersebut menjadi koperasi multipihak pertama di Indonesia. Koperasi nantinya akan menggunakan data blockhain yang dibangun dan akan terhubung langsung dengan global buyer.

“Ini koperasi multipihak pertama untuk sektor perikanan,” ungkap Gibran.

eFishery bangun koperasi digital berbasis blockchain. Sumber: YouTube eFishery.
eFishery bangun koperasi digital berbasis blockchain. Sumber: YouTube eFishery.

Baca juga: Mastercard Uji CBDC dengan Jaringan Ethereum di Australia

Dilansir DealStreetAsia, Chief Product Officer dan salah satu pendiri eFishery, Chrisna Aditya, menjelaskan dengan adanya koperasi multipihak, 200.000 mitra petani ikan akan memperoleh pakan ikan dan menjual produk mereka dengan mudah menggunakan aplikasi, sehingga mereka dapat lebih fokus pada budidaya.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, secara langsung menyerahkan sendiri Surat Keputusan Pendirian Badan Hukum Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya pada Gibran mewakili eFishery di acara seremoni 10th Annifishery di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Rabu (11/10).

Advertisement

Teten menilai tepat langkah eFishery mendirikan koperasi. “Dari suatu kegiatan ekonomi produksi yang melibatkan banyak pihak itu memang cocok dengan koperasi multipihak sehingga sirkular ekonominya ini untuk memperbesar langsung pihak yang terlibat, dan ini sangat bagus, dan saya kira ini akan sangat men-support ekosistem. Dan ini melibatkan petambak-petambak kecil dan menyebar di berbagai tempat,” katanya.

Adopsi Blockchain untuk Sektor Perikanan

Peresmian koperasi digital milik eFishery hadir tak lama setelah pengumuman bursa ikan berbasis blockchain yang dibangun atas kolaborasi ID FOOD dan D3 Labs. Anak perusahaan ID FOOD, PT Perikanan Indonesia berencana untuk menggunakan platform pelelangan ikan real-time berbasis teknologi blockchain sebagai salah satu langkah penting dalam mendorong digitalisasi perdagangan ikan yang sebelumnya bersifat manual.

Bursa Ikan Berbasis Blockchain Hadir di Indonesia. Sumber: D3 Labs.
Bursa Ikan Berbasis Blockchain Hadir di Indonesia. Sumber: D3 Labs.

Baca juga: Bursa Ikan Berbasis Blockchain Hadir di Indonesia

Program ini dikenal dengan nama Indonesia Fishery eXchange (IFX) dan diharapkan segera beroperasi. Kolaborasi ini menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh D3 Labs untuk menciptakan Indonesia Fishery eXchange (IFX), sebuah platform bursa ikan real-time yang mengadopsi teknologi blockchain sebagai pilar utama dalam proses digitalisasi perdagangan ikan yang selama ini masih mengandalkan sistem manual. Rencananya, platform ini akan segera memulai operasinya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan penggunaan teknologi blockchain, IFX diharapkan akan memberikan sejumlah manfaat signifikan bagi industri perikanan, seperti pemantauan stok ikan yang lebih efisien, proses lelang yang lebih transparan, kemudahan dalam transaksi digital, sistem Know Your Customer (KYC), dan manajemen akun yang cermat untuk mencegah adanya transaksi dari pihak pembeli yang tidak sah. Lebih dari itu, IFX juga akan mengintegrasikan diri dengan pasar penjualan digital di luar negeri.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular