Connect with us

Altcoin News

Bitcoin Cash Melonjak Lebih dari 120% Seminggu, Apa Penyebabnya?

Published

on

Ilustrasi Bitcoin Cash. Sumber: Binance Academy.

Bitcoin Cash (BCH) telah menjadi salah satu aset kripto yang berkinerja terbaik dalam seminggu terakhir, berkembang hingga lebih dari 120%. Kripto BCH terus menguat tanpa ada tanda-tanda nyata melambat. Dominasi sosial BCH mencapai level tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Dikutip Crypto Potato, pasar kripto sedang mencari arah mengikuti pergerakan eksplosif minggu lalu. Namun, beberapa koin menentang sentimen tersebut. Bitcoin menembus di atas US$ 30.000 atau sekitar Rp 448 juta dengan momentum luar biasa, yang juga membawanya di atas US$ 31.000 (Rp 463 juta) sebelum akhir pekan lalu dimulai.

Sayangnya, kenaikkan tidak dapat mempertahankan tekanan beli, yang memungkinkan penjual masuk dan mendorong harga kembali ke US$ 30.000 sebagai level psikologi terkuatnya sekarang. Pada saat penulisan ini, aset kripto utama tersebut diperdagangkan di sekitar US$ 30.808 atau melonjak 15,08% dalam tujuh hari terakhir.

Seperti yang dapat diamati pada grafik di atas, harga telah memasuki kondisi konsolidasi setelah lonjakan besar di atas US$ 31.000 dan koreksi berikutnya. Perlu juga dicatat bahwa ini cenderung tidak bertahan lama dan biasanya diikuti dengan gerakan eksplosif ke kedua arah. Tampaknya BTC sedang mencari arah itu.

Mengapa Harga BCH Meroket?

Grafik harian BCH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BCH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: BTC Dominance Naik di Atas 50%, Apakah Saatnya Altcoin Bersinar?

Reli Bitcoin Cash yang luar biasa terjadi di tengah bull run pasar kripto yang lebih luas, didorong oleh optimisme investor seputar adopsi crypto institusional.

Pada tanggal 15 Juni, manajer aset terbesar di dunia BlackRock mengajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot, sebuah langkah yang akan memungkinkan investor untuk mengakses crypto melalui salah satu perusahaan Wall Street terbesar.

Di hari-hari berikutnya, beberapa lembaga keuangan terkemuka lainnya menindaklanjuti dengan aplikasi serupa, termasuk Invesco, Valkyrie, dan WisdomTree. Akibatnya, sentimen pasar meningkat secara substansial, mendorong Bitcoin (BTC) di atas US$ 30.000 dan harga kripto lainnya jauh ke dalam zona hijau.

Advertisement

Bitcoin Cash (BCH) benar-benar berkinerja terbaik selama tujuh hari terakhir, dan juga salah satu yang berkinerja terbaik untuk hari terakhir. Kripto BCH naik 120,89% untuk minggu ini dan 6,56% untuk hari ini, menentang sentimen stagnasi beberapa hari terakhir.

Bitcoin Cash Terus Unggul

Dominasi sosial BCH mencapai level tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Sumber: Sentiment.
Dominasi sosial BCH mencapai level tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Sumber: Santiment.

Baca juga: Memecoin PEPE Naik 40% di Tengah Kebangkitan Pasar Kripto

Bitcoin Cash, spin-off dari BTC naik karena investor berharap altcoin berbasis Bitcoin menerima kategorisasi yang sama sebagai komoditas oleh regulator AS. Tetapi seorang pakar pasar memberi tahu bahwa ini tidak akan bertahan lama.

“Bitcoin Cash dan Bitcoin SV biasanya diperdagangkan dalam volume rendah,” kata Benjamin Stani, Direktur Pengembangan Bisnis dan Penjualan Matrixport.

“Saya akan mengatakan itu sebagian besar terkait sentimen – keduanya bukan token yang banyak digunakan dan umumnya dianggap sebagai koin dari siklus sebelumnya.”

Kenaikan BCH juga didorong oleh sentimen bahwa Bitcoin Cash juga termasuk di antara empat kripto yang ditawarkan di EDX Markets, bursa kripto baru yang berfokus pada kepatuhan yang didukung oleh raksasa Wall Street seperti Citadel Securities, Fidelity Investments, dan Charles Schwab.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular