Connect with us

Bitcoin News

BTC Dominance Naik di Atas 50%, Apakah Saatnya Altcoin Bersinar?

Published

on

ilustrasi membeli bitcoin

BTC Dominance atau dominasi Bitcoin telah naik di atas 50% selama beberapa hari terakhir. Hal ini terjadi akibat Bitcoin yang telah mengalami kemenangan beruntun selama seminggu terakhir dengan harganya naik di atas US$ 31.000.

Pemulihan harga ini telah membuat dominasi pasarnya naik dengan cepat. Karena aset BTC saat ini berada tepat di atas US$ 30.000, dominasi pasarnya tetap di atas 50% dan meskipun ini bagus untuk Bitcoin, implikasinya terhadap altcoin di pasar kripto bisa lebih besar.

Dikutip Bitcoinist, Dominasi Bitcoin telah meningkat ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir. Dominasi yang telah menurun dengan cepat pada tahun 2021, naik kembali dengan cepat antara Maret dan Juni hingga mencapai level tertinggi lokal sekitar dominasi 52% untuk pertama kalinya sejak April 2021.

BTC Dominance Kembali ke Level Tahun 2021

Ilustrasi BTC dominance sempat naik di atas 51%. Sumber: TradingView.
Ilustrasi BTC dominance sempat naik di atas 51%. Sumber: TradingView.

Baca juga: Sinyal Bull Langka Terungkap oleh Data On Chain Bitcoin, Ini Analisanya

Peningkatan dominasi ini mencerminkan fakta bahwa sebagian besar reli pasar terbatas hanya pada Bitcoin, meskipun altcoin melihat beberapa kenaikan. Akibatnya, kapitalisasi pasar BTC telah melewati US$ 587 miliar, yang berarti bahwa kapitalisasi pasar aset digital menyumbang lebih dari setengah total kapitalisasi pasar kripto.

Namun, peningkatan dominasi Bitcoin tidak hanya menunjukkan tren bullish untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk altcoin. Fakta ini berasal dari performa historis ketika BTC dominance meningkat tajam. Dan sementara BTC dapat terus melihat kenaikan harga lebih lanjut, altcoin dapat memimpin dari sini.

Secara historis, ketika dominasi Bitcoin telah meningkat untuk memperhitungkan sebagian besar pasar kripto, itu sering menandakan dimulainya musim altcoin. Ini karena investor mulai merotasi keuntungan mereka dari BTC karena mereka yakin aset digital itu tidak akan naik lebih jauh. Keuntungan ini kemudian masuk ke altcoin, meningkatkan permintaan sebagian besar altcoin dan menyebabkan harganya naik.

Altcoin Bisa Bersinar?

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Ketua Fed Powell: Bitcoin Memiliki ‘Kekuatan Tetap’ Sebagai Kelas Aset

Hal yang sama terjadi pada tahun 2020 tepat di awal pasar bull ketika dominasi telah meningkat di atas 50% setelah tahun 2019 yang sangat lambat. Yang terjadi selanjutnya adalah peningkatan minat pada altcoin saat mereka mencapai titik terendah pada awal tahun 2020, menyisakan ruang untuk demonstrasi besar-besaran yang dialami pada tahun 2021.

Advertisement

Jika pasar ini mengikuti tren sebelumnya, maka kemungkinan dominasi pasar Bitcoin akan terus meningkat. Namun, itu kemudian akan menyaksikan penurunan tajam karena investor beralih ke altcoin untuk keuntungan yang lebih tinggi, menyebabkan kapitalisasi pasar Ethereum dan lainnya melonjak.

Musim altcoin dari harga pasar saat ini dapat membuat koin naik setidaknya 10% lagi. Reli seperti itu akan menempatkan harga Ethereum di atas US$ 2.000, pemulihan yang akan menjadi perkembangan yang disambut baik untuk pasar kripto.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular