Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin dan Altcoin Siap Raih Keuntungan Besar di Q4 2024

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.

Saat ini, banyak yang bertanya-tanya apakah siklus kripto, seperti Bitcoin dan altcoin terbaru telah mencapai puncaknya dan apakah saatnya menjual aset mereka untuk membeli kembali di harga lebih rendah, atau justru penurunan ini merupakan peluang pembelian yang baik.

Menurut analis Satoshi Stacker, salah satu faktor makroekonomi paling penting yang mempengaruhi pasar kripto dan pasar tradisional adalah pemangkasan suku bunga yang diantisipasi dari Federal Reserve (FED).

Meskipun Ketua Fed Jerome Powell dan pejabat lainnya menyatakan bahwa keputusan mereka bergantung pada data yang akan datang, mereka telah mengeluarkan beberapa komentar optimis menyusul data Mei dan Juni yang menunjukkan tren disinflasi.

Sentimen Pasar

Analis ini menyoroti katalis bullish utama yang belum banyak mendapat perhatian: Kreditor FTX diperkirakan akan menerima sekitar US$16 miliar dalam bentuk pembayaran tunai pada akhir tahun ini.

Diperkirakan sebagian besar dana ini akan diinvestasikan kembali dalam kripto, yang berpotensi menaikkan harga pasar. Bahkan jika hanya sebagian kecil dari dana ini masuk kembali ke pasar, hal ini bisa menghasilkan tekanan beli miliaran dolar, terutama dalam altcoin yang membutuhkan modal lebih sedikit untuk pergerakan harga yang signifikan.

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Glassnode: Akumulasi Bitcoin Mencapai Titik Tertinggi dalam 3 Bulan

Satoshi Stacker juga mengatakan bahwa data historis menunjukkan pola musiman dengan Q4 biasanya memberikan keuntungan terbaik untuk Bitcoin. Pemilu AS tahun ini menambah lapisan musiman lainnya, karena pasar tradisional cenderung mengalami penurunan sebelum pemilu karena ketidakpastian, diikuti oleh reli substansial pasca pemilu.

Menilik Aksi Harga Bitcoin

Menurut analis Josh dari Crypto World, Bitcoin saat ini sedang mengalami divergensi bullish dengan harganya menghadapi resistensi. Meskipun ada beberapa fluktuasi jangka pendek, tren bullish Bitcoin secara keseluruhan tetap kuat, dan penutupan candle 4 hari sangat penting untuk mengonfirmasi setiap pembalikan tren. Tren historis menunjukkan pentingnya menunggu sinyal konfirmasi sebelum menyimpulkan akhir dari pasar bull.

Divergensi bullish pada grafik harian menunjukkan adanya kelegaan sementara dari tren bearish, namun belum tentu menandakan pembalikan total. Level support utama berada di US$56-57K dan US$51-53K, sementara resistance berada di antara US$60K dan US$74K. Aktivitas pasar terkini menunjukkan Bitcoin sedikit bergerak naik untuk melikuidasi posisi, dengan level likuiditas tepat di bawah US$57K dan sekitar US$60K.

Dengan semua faktor ini, Q4 diperkirakan akan menjadi periode yang menarik dan berpotensi menguntungkan bagi investor kripto, baik dalam Bitcoin maupun altcoin.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular