Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Koreksi, tapi Siklus Bull Masih Jauh Dari Selesai

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Bitcoin (BTC) telah memasuki periode koreksi harga setelah naik ke level tertinggi sepanjang masa di US$73.700. Penambang, whale, dan pelaku pasar lainnya, termasuk investor besar, mulai menjual BTC mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, analis di CryptoQuant percaya bahwa siklus kenaikan Bitcoin masih jauh dari selesai, karena metrik penilaian harga sebagian besar masih jauh dari level yang terlihat di puncak pasar sebelumnya.

BTC dalam Mode Koreksi

Indikator Siklus Pasar Bull-Bear menandai fase bull yang terlalu panas minggu lalu karena BTC anjlok dari US$73.700 menjadi US$60.700. Penurunan ini dipicu oleh para pedagang yang melepas simpanan mereka untuk merealisasikan margin keuntungan yang tinggi.

CryptoQuant menemukan bahwa margin keuntungan yang belum direalisasi melonjak hingga 69%, level tertinggi sejak Maret 2021, ketika BTC diperdagangkan sekitar US$60.000. Meskipun pedagang menjual asetnya, margin keuntungan yang belum direalisasi masih berada pada level tinggi yaitu 47%.

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Alasan Mengapa DOGE Reli 40%, Kalahkan Cardano dan Shiba Inu

“Memang benar, pemegang Bitcoin jangka pendek (termasuk pedagang) menjual Bitcoin dengan margin keuntungan tertinggi sejak Mei 2019. Ini menandakan bahwa pemegang Bitcoin jangka pendek mengambil keuntungan setelah harga terakhir ini yang membawa Bitcoin ke level tertinggi baru sepanjang masa,” analis dikatakan.

Pemegang BTC besar juga melepas aset mereka karena harga melonjak di atas US$70.000. Secara keseluruhan, mereka memindahkan 567.000 BTC ketika aset digital mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 12 Maret, mewakili 35% dari total transfer di jaringan Bitcoin.

CryptoQuant mengatakan beberapa pemegang saham besarnya adalah penambang Bitcoin. Para penambang memperoleh pendapatan harian yang mencapai rekor tertinggi karena reli terakhir Bitcoin, dan ada peningkatan signifikan dalam transfer BTC mereka ke meja over-the-counter ketika aset kripto melampaui US$70.000.

Advertisement

Siklus Bull Masih Jauh Dari Selesai

Selain itu, permintaan BTC di Amerika Serikat telah berkurang, seperti yang terlihat pada Coinbase Premium, yang berubah menjadi negatif tak lama setelah BTC mencapai US$73.000. Analis mencatat bahwa jika koreksi terus berlanjut, BTC bisa jatuh ke level US$58.000-US$60.000, yang merupakan basis biaya bagi pemegang jangka pendek yang besar.

Dari perspektif jangka panjang, BTC belum menyentuh puncak siklus bullish ini, seperti yang ditunjukkan oleh rendahnya tingkat arus investasi baru. Saat ini, sekitar 48% investasi Bitcoin berasal dari pemegang jangka pendek, sementara secara historis, siklus bullish biasanya berakhir dengan 84%-92% investasi dari kelompok investor ini.

“Selain itu, metrik penilaian belum mendekati level yang konsisten dengan puncak pasar sebelumnya. Indeks P&L CryptoQuant masih berada di luar zona teratas pasar (area merah) dan di atas rata-rata pergerakan indeks 1 tahun,” tambah analis.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular