Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Melampaui $56K: Apa yang Mendorong Harga Saat Ini?

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Bitcoin baru saja naik melampaui $56.000 atau sekitar Rp 876 juta, mencapai puncak harga yang belum pernah kita lihat selama lebih dari dua tahun. Hal ini menunjukkan ketahanan dan kepercayaan investor yang luar biasa.

Dikutip Coingape, lonjakan ini terjadi di tengah meningkatnya optimisme di pasar, didukung oleh perkembangan ETF dan halving Bitcoin yang signifikan. Namun, berikut adalah melihat lebih dekat faktor-faktor penting lainnya yang mendorong reli yang belum pernah terjadi sebelumnya ini:

Kekhawatiran Shutdown Pemerintah AS

Ketika tenggat waktu untuk potensi penutupan pemerintahan Amerika Serikat semakin dekat, dengan kemungkinan penutupan sebagian pada tanggal 1 Maret dan penutupan penuh pada tanggal 8 Maret, pasar mencermati perkembangannya. Pengumuman Presiden AS, Biden tentang pertemuan dengan para pemimpin Kongres pada tanggal 27 Februari untuk membahas situasi dan implikasinya terhadap Ukraina menambah lapisan signifikansi geopolitik dalam diskusi tersebut, mempengaruhi sentimen investor dan dinamika pasar.

Uang Besar Mengalir ke Kripto

Menurut Coinshares, pasar menyaksikan rekor arus masuk minggu lalu, dengan total $2,45 miliar yang mencengangkan, mendorong aset yang dikelola (AuM) kembali ke tingkat yang terakhir terlihat pada Desember 2021. Arus masuk tahun ini sekarang mencapai $5,2 miliar, dengan negara-negara bagian AS menyumbang 99% dari arus masuk ini, berjumlah $2,4 miliar.

Ilustrasi Bitcoin dan dolar AS. Sumber: Pixabay.
Ilustrasi Bitcoin dan dolar AS. Sumber: Pixabay.

Baca juga: Kripto-kripto Potensial yang Diperkirakan Mendominasi Pekan Ini

Meskipun banyak uang mengalir ke mata uang kripto, beberapa dana khusus yang terkait dengan blockchain (teknologi di balik mata uang kripto) membuat orang menarik uang mereka keluar. Sekitar $167 juta telah dikeluarkan minggu lalu. Sepertinya beberapa orang memutuskan ini saat yang tepat untuk mengambil keuntungan dan lari, mungkin karena mereka berpikir pasar sedang berada pada titik tertinggi.

MicroStrategy Borong Bitcoin

Dalam sebuah langkah yang menggarisbawahi daya tarik Bitcoin yang bertahan lama di kalangan investor institusional, MicroStrategy, yang dipimpin oleh CEO Michael Saylor, seorang pendukung Bitcoin terkenal, telah memperluas kepemilikan BTC-nya dengan mengakuisisi 3.000 Bitcoin tambahan. Pembelian tersebut, yang dilakukan dengan harga rata-rata $51.813 per Bitcoin antara tanggal 15 dan 25 Februari 2024, mewakili investasi yang signifikan sekitar $155 juta.

Dengan akuisisi terbaru ini, total kepemilikan Bitcoin MicroStrategy sekarang berjumlah 193,000 Bitcoin, diperoleh dengan harga rata-rata $31.544, dengan total sekitar $6,09 miliar.

Advertisement

Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini hingga lebih dari $53.000 mencerminkan pertemuan beberapa faktor, termasuk ketegangan geopolitik, rekor arus masuk ke aset digital, dan investasi institusional yang strategis.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular