Connect with us

Market

Bitcoin Naik ke US$ 27K Usai Grayscale Menangkan Gugatan Hukum

Published

on

Iustrasi aset kripto Bitcoin

Harga Bitcoin (BTC) terpantau naik lebih dari 5% pada Rabu (30/8) pagi dengan candle ke atas yang tajam dan mengirim harga ke level tertinggi dua minggu di atas US$ 27.000. Kenaikan tajam ini terjadi setelah Hakim Pengadilan Banding Amerika Serikat, Neomi Rao memihak Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dalam kasusnya terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Dikutip Cointelegraph, keputusan tersebut berdampak positif terhadap Bitcoin yang melonjak di kisaran harga US$ 27.000-US$ 27.509. Harga Bitcoin memulai reli naik pada 29 Agustus setelah Rao membatalkan perintah SEC untuk menolak ETF GBTC spot karena kekhawatiran “penipuan.”

Keputusan tersebut diambil setelah perusahaan membawa SEC ke pengadilan banding untuk memperdebatkan kesehatan Bitcoin berjangka pada tanggal 30 Juni 2022. Meskipun perintah tersebut tidak menyetujui ETF spot, Rao memutuskan:

“Permohonan peninjauan Grayscale dikabulkan dan perintah Komisi dikosongkan, sesuai dengan pendapat pengadilan.”

Hakim yang membatalkan penolakan ETF Grayscale SEC juga memberikan dorongan pada ETF Grayscale. Diskonnya mendekati level tertinggi tahun 2023 di bawah 25%.

Minat Institusi

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Volume Perdagangan Bitcoin Capai Titik Terendah, Ada Potensi Kenaikan?

Perkembangan ini memperkuat minat institusional terhadap dunia kripto, terutama Bitcoin. Hingga saat ini, SEC telah menolak untuk menyetujui ETF Bitcoin spot, meskipun banyak pelamar — termasuk BlackRock , Fidelity, ARK Cathie Wood, dan 21Shares, yang telah mengajukan persetujuan tiga kali.

BlackRock adalah manajer aset terbesar di dunia, dengan aset yang dikelola lebih dari US$ 8,5 triliun. Perusahaan juga akan menggunakan Coinbase untuk menyimpan BTC dalam kepercayaan tersebut, menurut pengajuan ke SEC. Mulai bulan September, SEC memiliki sejumlah keputusan ETF yang harus disetujui, ditolak, atau ditunda.

Advertisement

Keputusan terhadap Grayscalke dapat berdampak pada perusahaan lain yang ingin membuat ETF Bitcoin, seperti BlackRock dan Fidelity.

ETF Bitcoin spot akan diperdagangkan melalui bursa saham tradisional, meskipun Bitcoin akan dipegang oleh pialang, dan akan memungkinkan investor mendapatkan eksposur terhadap aset kripto terbesar di dunia tanpa harus memiliki koin itu sendiri. Banyak crypto bulls percaya bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot akan mengarah pada adopsi institusional yang lebih umum.

Pasokan Bitcoin

Saldo BTC di bursa. Sumber: Glassnode.
Saldo BTC di bursa. Sumber: Glassnode.

Baca juga: Potensi Kenaikan Harga Aset Kripto Ini Mencapai 16%, Simak Analisisnya

Bertepatan dengan kenaikan harga Bitcoin pada 29 Agustus, pasokan BTC di bursa turun ke level terendah sejak Januari 2018. Pasar menganggap BTC yang meninggalkan bursa kripto sebagai sinyal bullish, mengingat trader biasanya menarik BTC mereka ketika mereka ingin menyimpannya dalam hak asuh dalam jangka panjang.

Menariknya, data on-chain menunjukkan bahwa bursa telah melepaskan Bitcoin sejak 18 Mei 2023. Dengan kata lain, sebagian besar investor Bitcoin bersiap untuk kenaikan harga BTC, bahkan di tengah tren pasar bearish yang berkepanjangan pada tahun 2023.

Dengan Bitcoin yang terus meninggalkan bursa, likuidasi memiliki lebih sedikit daya dukung, sehingga menyebabkan volatilitas. Dalam 24 jam terakhir saja, lebih dari US$ 46,5 juta short BTC telah dilikuidasi, dengan lebih dari US$ 100 juta short BTC dilikuidasi di seluruh pasar kripto.

Sementara harga Bitcoin yang naik menunjukkan momentum bullish dalam jangka pendek setelah keputusan Grayscale dan likuidasi singkat, Bitcoin Fear & Greed Index menunjukkan pasar masih ketakutan atau Fear, turun lebih dari 13 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Popular