Connect with us

Market

Bitcoin Tembus US$ 35.5K, Kapitalisasi Pasar Kripto Melonjak Tinggi

Published

on

Ilustrasi market kripto bullish. Sumber: Shutterstocks.

Harga Bitcoin (BTC) sempat melonjak hampir mencapai angka US$ 35.800 pada hari Rabu (8/11) pagi. Hal ini mengangkat nilai total pasar kripto ke level tertinggi dalam 16 bulan.

Dilaporkan CoinDesk, sesi yang tenang dan sedikit lebih rendah berubah pada Rabu pagi karena Bitcoin dengan cepat melonjak hampir 3% dari US$ 34.600, dengan beberapa orang menyarankan tekanan singkat di pasar derivatif sebagai alasannya. Pada saat berita ini dimuat, Bitcoin diperdagangkan pada US$ 35.273, naik hampir 2% selama 24 jam terakhir.

Aset kripto lain, seperti Trust Wallet Token (TWT), Solana (SOL) , toncoin (TON) dan Cronos (CRO) naik 5%-10% selama periode yang sama, dibantu oleh rotasi modal yang berkelanjutan ke altcoin. BNB, XRP, ADA, dan DOGE memberikan kembali beberapa keuntungan dari awal pekan ini, turun 3%-4%.

Total kapitalisasi pasar mata uang kripto Sumber: TradingView.
Total kapitalisasi pasar mata uang kripto Sumber: TradingView.

Baca juga: XRP Mengejar Potensi Kenaikan Harga, Mirip SOL dan ADA

Ethereum (ETH) tetap datar di sekitar US$ 1.900 pada hari Rabu, tetapi seorang analis menyarankan untuk tidak melupakan perhatian pada kripto terbesar ke-2 di dunia ini, dengan harapan bisa terjadi peningkatan aktivitas blockchain dapat mendorong harganya menjadi US$ 3.000.

Dengan reli kripto yang kini sepenuhnya melampaui bitcoin, total kapitalisasi pasar kripto mencapai US$ 1,31 triliun pada hari Rabu, menurut data TradingView. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak akhir Mei 2022, yang ditandai dengan hancurnya ekosistem Terra.

Apa Akan Terjadi Selanjutnya dengan Bitcoin?

Dengan harga Bitcoin semakin terjebak dalam kisaran antara US$ 34.000 dan US$ 36.000, investor melihat munculnya “musim altcoin mini”, seperti yang disebutkan dalam laporan oleh K33 Research. Ini adalah fenomena umum di pasar kripto di mana trader mengambil keuntungan setelah lonjakan besar Bitcoin dan mengalihkannya ke token yang lebih kecil dan berisiko. Sementara itu, menurut K33, arus masuk ke produk terkait Bitcoin juga memberikan dukungan bagi harga BTC.

Menurut analis senior K33, Vetle Lunde, “Sulit, hampir mustahil, untuk tidak tetap bullish. Keputusan tentang ETF hanya sembilan minggu lagi, dan pedagang institusional merupakan salah satu pendorong signifikan yang terlihat di pasar derivatif.”

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular