Connect with us

Bitcoin News

BlackRock Habiskan Nilai BTC 13 Hari, Picu Krisis Pasokan?

Published

on

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

BlackRock menyerap 11.500 BTC dalam dua hari, yang setara dengan 13 hari produksi Bitcoin. Hal itu memunculkan kekhawatiran atas krisis pasokan karena kebutuhan ETF melebihi produksi harian. Meski demikian, pelaku pasar melihat situasi tersebut sebagai sinyal bullish.

Dilaporkan Coinedition, dalam postingan baru-baru ini di X, pendukung pro-Bitcoin “InvestAnswers” ​​mengungkap pengungkapan mengejutkan tentang akuisisi Bitcoin substansial oleh BlackRock, yang memicu kekhawatiran akan krisis pasokan yang akan terjadi.

Menurut postingan tersebut, BlackRock, salah satu perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, menyerap 11.500 BTC dari pasar hanya dalam dua hari. Mengingat sekitar 900 BTC dikeluarkan setiap hari, akumulasi BlackRock mewakili sebagian besar pasokan harian.

Secara khusus, tweet tersebut menyoroti bahwa penarikan 11.500 BTC menyumbang sekitar 13 hari produksi Bitcoin. Khususnya, angka BlackRock berjumlah sekitar US$ 500 juta pada nilai pasar Bitcoin.

ETF Bitcoin BlackRock

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Pasar Kripto Masuk Altcoin Season, Pantau Token Ini

Selain itu, data menunjukkan bahwa ETF spot BlackRock hanya menangkap rata-rata 25% dari keseluruhan volume ETF Bitcoin selama periode dua hari yang sama. Ketika memperhitungkan informasi ini, diperkirakan 46.000 BTC telah dihapus dari pasar dalam jangka waktu yang ditentukan.

Menghitung angka-angka tersebut, dengan asumsi tingkat penarikan harian sebesar 23.000 BTC, laju akumulasi oleh ETF AS saja akan menjadi 25,56 kali lipat produksi harian. Selain itu, investor ritel, ETF global lainnya, dan pelaku pasar juga perlu menyimpan BTC. Pada dasarnya, analis Bitcoin berpendapat bahwa pasar mungkin sedang menuju krisis pasokan yang parah, jika tren akumulasi BTC melalui ETF terus berlanjut.

Sementara itu, dia mengakhiri komentarnya dengan catatan bullish, mendesak pelaku pasar kripto untuk mengabaikan fluktuasi harga sementara. Dia yakin krisis pasokan yang diproyeksikan bisa menjadi sangat penting dalam mengirim pasar Bitcoin ke batas harga yang sangat tinggi.

Advertisement

Di sisi lain, seorang pemberi komentar menyoroti kecenderungan BlackRock dan institusi untuk terlibat dalam perdagangan over-the-counter (OTC), yang sering disebut sebagai black pool, sebagai langkah strategis untuk memitigasi volatilitas pasar.

Pengguna X mengutip bahwa Coinbase, salah satu platform kustodian untuk penerbit ETF Bitcoin, dilaporkan memiliki Bitcoin senilai US$ 7 miliar di pasar OTC. Komentar ini kemungkinan besar menunjukkan bahwa dampak dari akumulasi Bitcoin yang berkelanjutan mungkin tidak langsung terlihat.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular