Connect with us

Business

Deutsche Bank hingga Fidelity Bikin Bitcoin Bergairah, Optimis Naik Tinggi

Published

on

market kripto bitcoin

Kabar dari Deutsche Bank hingga Fidelity yang masuk lebih dalam ke industri kripto mendorong sentimen positif Bitcoin. Harga Bitcoin (BTC) pun naik lebih dari US$ 28.000 dan memicu impian pemulihan harga dalam waktu dekat membuat gembira investor.

Bitcoin dan Ethereum (ETH) memulai hari perdagangan pada Rabu (21/6) secara signifikan berada di zona hijau, dengan aset digital terbesar di dunia naik 5,8% menjadi US$ 28.359, sementara eter naik 3,4% menjadi US$ 1.793.

“Pergerakan Bitcoin di atas USD $28.000 juga disertai dengan pangsa koin dalam kapitalisasi pasar kripto agregat yang mencapai 50% untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Tidak seperti kebanyakan aset digital lainnya, Bitcoin belum terlibat dalam kompleksitas peraturan apa pun, kami terlihat keluar dari AS,” kata Strahinja Savic, kepala data dan analitik FRNT Financial dikutip CoinDesk.

Deutsche Bank Ajukan Lisensi

Deutsche Bank telah mengajukan lisensi platform penyimpanan aset digital dengan regulator keuangan Jerman, Otoritas Pengawas Keuangan Federal (BaFin), menurut laporan Bloomberg.

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Mengapa Pasar Kripto Naik Hari Ini (21/6)? Bitcoin Menuju Harga US$ 30K

Berbicara di sebuah konferensi awal pekan ini, Kepala Bank Korporat Global Deutsche Bank, David Lynne mengatakan bahwa bank sedang “membangun bisnis aset dan kustodian digital,” dan mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mengajukan aplikasi ke BaFin untuk lisensi aset digital.

Bank Jerman dilaporkan telah bekerja pada platform penyimpanan aset kripto sejak akhir 2020, dengan maksud untuk menetapkan “produk minimum yang layak pada tahun 2021 sambil mengeksplorasi minat klien global untuk inisiatif percontohan.”

Dengan aset senilai US$ 1,3 triliun, menurut data S&P Global tentang bank terbesar pada tahun 2023, Deutsche Bank adalah bank terbesar di Jerman dalam hal total aset, dan bank terbesar kesembilan di Eropa.

Advertisement

Fidelity Bikin Konsorsium Bursa Kripto

Bursa kripto yang didukung oleh Charles Schwab, Citadel Securities, Fidelity Digital Assets, Paradigm, Sequoia Capital, dan Virtu Financial telah meluncurkan dan menyelesaikan putaran pendanaan baru. Platform yang bernama EDX ini menawarkan perdagangan empat aset kripto, termasuk Bitcoin ( BTC ), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Bitcoin Cash (BCH).

EDX menawarkan “model non-custodial unik yang dirancang untuk mengurangi konflik kepentingan,” ungkap perusahaan. Selain itu, platform ini telah “memperkenalkan kutipan khusus ritel ke pasar kripto, yang memungkinkan para peserta mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih baik untuk pesanan yang berasal dari ritel” dan berencana untuk meluncurkan EDX Clearing akhir tahun ini “untuk menyelesaikan perdagangan yang cocok di Pasar EDX.”

Ilustrasi Fidelity Investment. Sumber: Pionline.com.
Ilustrasi Fidelity Investment. Sumber: Pionline.com.

Baca juga: Michael Saylor Prediksi Dominasi Bitcoin Akan Berlipat Ganda

EDX bukan satu-satunya yang tetap optimis tentang industri kripto di AS, meskipun ada ketidakpastian peraturan. Blackrock, manajer aset terbesar di dunia, mengajukan peluncuran Bitcoin ETF spot dengan SEC minggu lalu. Langkah ini secara luas dianggap sebagai aplikasi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF), yang sejauh ini telah ditolak oleh SEC.

Investor Optimis

Sebuah survei baru oleh Laser Digital menunjukkan bahwa investor institusi siap berinvestasi dalam aset kripto sebagai bagian dari strategi portofolio mereka. Survei menunjukkan keterbukaan yang luar biasa terhadap teknologi.

Namun, itu juga mengungkapkan rintangan untuk adopsi kripto. Beberapa investor tidak mau melakukan lompatan tanpa dukungan pendukung besar dalam keuangan tradisional.

Menurut survei, 96% responden memandang aset digital sebagai peluang untuk mendiversifikasi investasi mereka, di samping kelas aset tradisional seperti pendapatan tetap, uang tunai, ekuitas, dan komoditas. Dan 45% mengatakan kepemilikan aset digital mereka akan antara 5% dan 10% selama tiga tahun ke depan. Hanya 0,5% yang mengatakan mereka tidak akan menghitung sama sekali.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular