Connect with us

Blockchain

IMF Siapkan Platform CBDC untuk Fasilitasi Transaksi Antar Negara

Published

on

Ilustrasi Central Bank Digital Currency (CBDC).

International Monetary Fund (IMF) dilaporkan sedang mengerjakan platform untuk central bank digital currencies (CBDC) yang memungkinkan transaksi antar negara. Platform CBDC ini bisa lebih efisien dan aman, serta tetap memastikan negara dapat memberlakukan pemeriksaan kepatuhan dan kontrol modal.

Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva mengatakan IMF ingin bank sentral menyepakati kerangka peraturan umum untuk mata uang digital yang akan memungkinkan interoperabilitas global. Kegagalan untuk menyepakati platform bersama akan menciptakan kekosongan yang kemungkinan akan diisi oleh aset kripto.

“CBDC tidak boleh terfragmentasi proposisi nasional… Untuk memiliki transaksi yang lebih efisien dan lebih adil, kami membutuhkan sistem yang menghubungkan negara: Kami membutuhkan interoperabilitas,” kata Georgieva dikutip Reuters.

“Untuk alasan ini di IMF, kami sedang mengerjakan konsep platform CBDC global,” katanya.

Eksplorasi CBDC

Ilustrasi Central Bank Digital Currency (CBDC).
Ilustrasi Central Bank Digital Currency (CBDC).

Baca juga: Harga Bitcoin Bergerak Naik Menguji Level Rp 406 Juta, Sinyal Bullish?

Georgieva menyebutkan sudah 114 bank sentral berada pada tahap eksplorasi CBDC, “dengan sekitar 10 sudah melewati garis finis,” ungkapnya.

“Jika negara-negara mengembangkan CDBC hanya untuk penyebaran domestik, kami kurang memanfaatkan kapasitasnya,” tambahnya.

CBDC juga dapat membantu mempromosikan inklusi keuangan dan membuat pengiriman uang lebih murah. Teknologi ini bisa mencatat bahwa biaya rata-rata transfer uang mencapai 6,3% atau setara dengan US$ 44 miliar per tahun.

Advertisement

Georgieva menekankan bahwa CBDC harus didukung oleh aset dan menambahkan bahwa kripto adalah peluang investasi ketika didukung oleh aset, tetapi jika tidak, itu adalah investasi spekulatif.

Inklusi Keuangan

International Monetary Fund (IMF) dilaporkan sedang mengerjakan platform untuk central bank digital currencies (CDBC).
International Monetary Fund (IMF) dilaporkan sedang mengerjakan platform untuk central bank digital currencies (CDBC).

Baca juga: Bank Indonesia Dorong Pengembangan CBDC di Asia Tenggara

Platform yang sedang dikembangkan IMF tersebut akan membantu bank sentral melakukan intervensi di pasar valuta asing, mengumpulkan informasi tentang aliran modal dan menyelesaikan perselisihan, kata Direktur Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF, Tobias Adrian. Platform ini juga dapat diadaptasi untuk CBDC grosir dan eceran domestik.

Detail platform, dijuluki platform XC (pembayaran dan kontrak lintas batas), dituangkan dalam IMF Fintech Note yang ditulis bersama oleh Adrian dan dirilis pada hari yang sama:

“Platform XC menawarkan buku besar tunggal tepercaya – sebuah dokumen yang mewakili hak properti – di mana representasi digital standar dari cadangan bank sentral dalam mata uang apa pun dapat dipertukarkan.”

Platform XC dirancang berdasarkan model infrastruktur CBDC. Akan ada lapisan penyelesaian dengan satu buku besar, dan akses ke sana akan diperluas. Saat ini, institusi harus memiliki rekening cadangan dengan bank sentral untuk melakukan operasi lintas batas, tetapi platform XC akan memungkinkan perdagangan cadangan bank sentral domestik yang diberi token. Likuiditas masih akan datang dari institusi dengan rekening cadangan.

Popular