Connect with us

Policy & Regulations

El Salvador Rilis UU Hapus Pajak Inovasi Teknologi, Bullish untuk Bitcoin?

Published

on

Presiden El Salvador, Nayib Bukele beli satu Bitcoin setiap hari. Foto: Yuri Cortez / AFP via Getty Images.

Nayib Bukele, presiden El Salvador baru-baru ini menandatangani undang-undang yang menghapus pajak atas inovasi teknologi di negara tersebut. Kebijakannya diklaim bisa menjadi sentimen pendorong untuk bullish Bitcoin.

Bukele yang merupakan pendukung Bitcoin mengungkap Undang-undang Insentif Manufaktur Inovasi dan Teknologi (ITMI) bisa membuat spektrum yang luas dari sektor-sektor di mana penghapusan pajak sepenuhnya berlaku.

Sementara negara-negara seperti pemerintahan AS menginginkan pembayaran pajak yang tinggi untuk inovasi teknologi, seperti penambangan aset kripto, undang-undang baru ini dapat menarik banyak perusahaan yang berfokus pada inovasi, yang akan membawa pembangunan bagi negara.

El Salvador Dorong Inovasi Teknologi

Baca juga: Daftar Pemegang Aset Kripto Bitcoin Paling Banyak di Dunia

Nayib Bukele menggunakan akun Twitter resminya pada 4 Mei 2023, untuk mengatakan bahwa dia menandatangani undang-undang baru untuk memastikan bahwa pajak atas properti, pendapatan, keuntungan modal, tarif impor, perangkat lunak dan pemrograman aplikasi, AI, manufaktur perangkat keras komputer dan komunikasi adalah benar-benar dihapus maju.

Advertisement

Undang-undang yang ditandatangani ITMI telah dalam pengerjaan, sejak Maret 2023, ketika presiden El Salvador itu memperjelas niatnya untuk memperkenalkan undang-undang untuk melindungi kemajuan teknologi inovatif di negara tersebut.

Mengikuti niatnya, undang-undang diteruskan ke Kongres untuk menghapuskan pajak atas inovasi teknologi di negara tersebut.

Undang-undang yang baru ditandatangani ini hanyalah salah satu dari banyak upaya yang telah didorong oleh presiden El Salvador untuk pertumbuhan dan perkembangan teknologi di negara tersebut.

Regulasi Kripto

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Pasar Kripto Berhasil Bangkit Setelah Gerak Liar Sepekan Terakhir

Pada Januari 2023, laporan Forbes India memuat berita yang menyatakan bahwa El Salvador telah menetapkan kerangka hukum dan proses untuk menerbitkan obligasi yang didukung Bitcoin, juga dikenal sebagai “Volcano Bonds.”

Obligasi yang didukung Bitcoin El Salvador didorong ke depan untuk pembayaran utang negara, mengembangkan infrastruktur penambangan Bitcoin dengan mendanai pembangunan proyek yang dijuluki Kota Bitcoin untuk meningkatkan upaya penambangan kripto yang berkelanjutan.

Advertisement

Undang-undang yang ditandatangani oleh Nayib Bukele hari ini dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan teknologi El Salvador sebagai sebuah negara dan untuk perusahaan manufaktur, teknologi, dan kripto yang beroperasi di negara tersebut. Sementara AS baru-baru ini mengusulkan pajak 30 persen untuk operasi penambangan kripto, El Salvador terus mempromosikan ekosistem inovasi teknologi yang berkembang pesat.

Popular