Connect with us

Crypto

Enam Pertimbangan Penting untuk Harga Ethereum di Q4 2023

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Harga Ethereum (ETH) telah lesu sejak Juni, namun ada enam pertimbangan yang harus dicermati oleh investor untuk perkembangannya di kuartal 4 2023.

Ethereum adalah aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 180 miliar saat kita memasuki paruh kedua Oktober 2023. Sementara itu, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah sekitar US$ 530 miliar.

Harga Ether telah terjebak dalam kelesuan sejak bulan Maret. Meluncur ke level US$ 1.550 minggu lalu, ETH sekarang setara dengan nilai tukar bulan Maret terhadap dolar AS.

Setelah reli yang curam namun berumur pendek di paruh pertama bulan April, mencapai harga tertinggi YTD sebesar US$ 2.120, Ether kini diperdagangkan pada harga terendah dalam tujuh bulan dengan dua minggu tersisa hingga bulan November.

Sebagai hasil dari peluncuran Ethereum pada tahun 2022 dengan kenaikan tajam untuk mencairkan salju musim dingin kripto pada bulan Januari ini, ETH naik 30% YTD. Ini memulai tahun perdagangan dengan harga US$ 1.200.

Namun pada grafik enam bulan, harga Ether turun 25%, dengan penurunan 4,72% dalam 30 hari terakhir. Investor sangat ingin mengetahui langkah selanjutnya di bursa kripto utama.

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Altcoin yang Wajib Dipantau, Potensi Kenaikan di Atas 5% Pekan Ini

Berikut adalah 6 faktor utama yang perlu dipertimbangkan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang dikutip Crypto Potato:

Advertisement

Biaya Rendah Mendorong Inflasi Ethereum

Ethereum telah mengalami perkembangan pesat dengan biaya transaksi yang lebih rendah, menarik lebih banyak pengguna dan pengembang ke platform. Namun, hal ini juga berdampak pada inflasi Ether karena lebih sedikit token dibakar daripada yang diterbitkan.

Harga Ether dalam Perspektif Waktu

Meskipun harga Ether turun dalam setahun terakhir, Ethereum masih dianggap sebagai komputer terdesentralisasi terkemuka di dunia. Harga Ether tampak murah jika kita melihatnya dalam jura 1 tahun dan 5 tahun.

Penurunan Permintaan Staking ETH

Jumlah antrean validator untuk mempertaruhkan Ether telah turun drastis sejak Juni, yang mungkin disebabkan oleh munculnya opsi staking likuid. Namun, ini juga membawa risiko tambahan bagi Ethereum.

Harga Ether dan Permintaan Institusional

Investor institusional semakin tertarik pada Ether karena dianggap lebih hemat energi dan ramah lingkungan dibandingkan Bitcoin. Sebuah bank Inggris, Standard Chartered, memperkirakan pertumbuhan nilai Ether hingga US$ 8.000 per 1 ETH pada akhir 2026.

Ancaman Regulasi

Ketidakpastian dalam regulasi, khususnya di Amerika Serikat, masih menjadi faktor yang mempengaruhi aksi institusi keuangan tradisional. Mereka cenderung menunggu hingga aturan dan regulasi lebih jelas sebelum melakukan investasi besar.

Ekonomi Penawaran dan Permintaan Harga Ether

Ethereum, bersama dengan mata uang kripto lainnya, memiliki rekam jejak ROI tinggi yang dipengaruhi oleh kebijakan moneter, penawaran, dan permintaan. Faktor ekonomi makro seperti kebijakan moneter AS dan siklus separuh Bitcoin juga dapat memengaruhi harga Ether.

Harga Ether saat ini mencapai level terendah dalam lima tahun di bursa kripto, yang tetap menjadi pertimbangan penting dalam analisis ekonomi penawaran dan permintaan yang mendasari harga Ether.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular