Connect with us

Crypto

Ethereum Diprediksi Lampaui Harga Rp 91 Juta pada Akhir Tahun 2025

Published

on

Investor Menanti Pengaruh The Merge Ethereum. Foto: Getty Images.

Ethereum (ETH) diprediksi akan berakhir tahun ini dengan harga rata-rata US$ 1.840 dan meroket capai level US$ 5.824 atau sekitar Rp 91 juta pada akhir tahun 2025, menurut laporan prediksi Finder terbaru. Ketidakpastian peraturan dan lingkungan makroekonomi yang menantang kemungkinan besar menyebabkan penurunan (ETH) ke “harga terendah rata-rata US$ 1.352.”

Dilaporkan Bitcoin.com, menurut temuan survei Finder pada Oktober 2023, nilai Ether atau ETH dalam dolar AS diperkirakan akan berakhir tahun ini di kisaran US$ 1.840 atau sekitar Rp 28,9 juta. Harga rata-rata ini, yang diperoleh dari panel Finder yang terdiri dari 31 spesialis kripto, adalah US$ 611 lebih rendah dari prediksi bulan Juli sebesar US$ 2.451.

Panelis yang disurvei juga memperkirakan harga aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini akan mencapai US$ 5.824 pada akhir tahun 2025 dan US$ 14.411 pada tahun 2030. Namun, angka tersebut sekali lagi lebih rendah dari prediksi bulan Juli sebesar US$ 5.845 pada tahun 2025 dan US$ 16.414 pada tahun 2030. Pada saat penulisan, nilai ethereum (ETH) dolar AS adalah US$ 2.049 per koin.

Prediksi harga Ethereum. Sumber: FInder.
Prediksi harga Ethereum. Sumber: FInder.

Baca juga: Bitcoin Masih Stabil di Zona Positif, Bagaimana Potensinya ke Depan?

Optimis untuk Ethereum

Banyak responden menyebutkan faktor makroekonomi sebagai salah satu alasan utama mengapa mereka memperkirakan harga akan lebih rendah dalam jangka pendek. Mengomentari mengapa dia kurang optimis terhadap prospek ETH sebelum tahun berakhir, Ruslan Lienkha, kepala pasar di Youhodler, mengatakan :

“Pertumbuhan [saat ini] dibatasi oleh tingginya tingkat Tradfi. Jika otoritas AS mencapai soft landing, harga ETH akan meningkat secara dramatis, tetapi tidak sampai pertengahan tahun depan.”

Sentimen Lienkha juga disampaikan oleh Ben Ritchie, direktur pelaksana di Digital Capital Management Pty Ltd, yang melihat tantangan ekonomi mengarah pada “pendekatan yang lebih hati-hati di pasar secara keseluruhan.” Pav Hundal, analis pasar utama di Swyftx, mengatakan pergerakan harga ETH konsisten dengan tren yang sering terlihat sebelum Bitcoin halving.

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Harga Ethereum Berkinerja Buruk

Meskipun sebagian besar panelis memprediksi harga akhir tahun 2023 akan lebih rendah, hampir 90% dari mereka percaya bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk memegang atau bahkan membeli ETH. Sejumlah panelis yang sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 83%, menganggap ETH saat ini terlalu murah atau harganya wajar.

Advertisement

Dalam hal prospek kapitalisasi pasar ETH mengalahkan kapitalisasi pasar BTC, 43% panelis menyatakan mereka tidak melihat hal ini terjadi. Sementara sekitar 23% lainnya mengatakan bahwa ini mungkin terjadi, namun tidak sampai tahun 2030.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular