Connect with us

Altcoin News

Harga XRP Meroket lalu Jatuh, Dampak Pengajuan ETF BlackRock Palsu

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Harga XRP mengalami anomali karena dengan cepat bisa melonjak hingga 12%, lalu secara singkat hampir kembali ke harga aslinya di kisaran US$ 0,68-US$ 0,66. Apa yang terjadi sebenarnya?

Kabar pengajuan aplikasi ETF XRP oleh BlackRock menjadi penyebabnya. Isu tersebut ternyata dipastikan palsu atau hoaks.

Kisah ini berlangsung hampir satu jam pada Selasa (14/11) pagi, ketika pengguna X (Twitter) menerima pengajuan Delaware yang menunjukkan BlackRock mengajukan untuk mendaftarkan “iShares XRP Trust.” iShares merupakan divisi ETF dari BlackRock.

Ketika tweet itu muncul, harga XRP naik 12%, melonjak menjadi US$ 0,73 dalam waktu 30 menit setelah berita pengajuan tersebut. Namun, ia kehilangan semua keuntungannya dalam waktu setengah jam setelah dikonfirmasi palsu oleh analis ETF Bloomberg Eric Balchunas, yang berbicara dengan BlackRock.

Baca juga: Harga ETH Naik di Atas US$ 2K saat BlackRock Ajukan ETF Ethereum

Balchunas berspekulasi seseorang mendaftarkan ETF XRP di situs web daftar perusahaan Delaware dengan menyamar sebagai direktur pelaksana BlackRock, Daniel Schwieger.

BlackRock sebelumnya memang mengisyaratkan niatnya untuk memperluas melampaui Bitcoin dengan aspirasi ETF-nya setelah perusahaan tersebut mengajukan ETF Ethereum spot pada 9 November lalu.

Advertisement

Sehubungan dengan pencatatan palsu tersebut, Seyffart menegaskan bahwa ETF ETH spot adalah asli karena secara resmi dikonfirmasi melalui pengajuan 19b-4 oleh Nasdaq ke Komisi Sekuritas dan Bursa.

Pasar Kripto Melemah

Pasar kripto yang sudah melemah semakin terguncang oleh berita palsu. SOL, yang merupakan pemimpin reli altcoin dengan harga lebih dari dua kali lipat dalam sebulan, mengalami kerugian 8% selama 24 jam terakhir.

Aset kripto seperti LINK dan AVAX masing-masing anjlok lebih dari 10% dan 13%. Cardano (ADA) , Polkadot (DOT) dan dogecoin (DOGE) masing-masing lebih rendah sebesar 5%-7%.

BTC juga merosot ke sesi terendah, sekarang turun sekitar 2% sepanjang hari menjadi sekitar US$ 36.500. ETH melepaskan kenaikan sebelumnya, sekarang datar selama 24 jam terakhir dan bertahan di atas level utama US$ 2.000.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular