Connect with us

Market

Gerak Pasar Kripto Terpantau Sideways, Pekan Ini Ada Momen Krusial

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Pasar kripto kembali terjebak dalam fase sideways yang cenderung melemah selama sepekan terakhir. Bahkan, Bitcoin telah mengalami konsolidasi harga dalam kisaran US$ 29.700 hingga US$ 31.500 dalam sebulan terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa pasar sedang berada dalam fase stabil,tapi belum mengalami pergerakan harga yang signifikan dalam waktu dekat. 

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan para pelaku pasar nampaknya sedang mencari tanda-tanda atau katalis yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin ke depannya sebelum mereka mengambil keputusan investasi atau trading yang lebih besar. Pekan ini akan menjadi momen krusial, karena ada peristiwa penting dalam makroekonomi, khususnya di Amerika Serikat.

“Setelah pekan lalu tenang dalam hal data ekonomi, pasar uang kripto kini memasuki minggu ketika sejumlah raksasa perusahaan teknologi merilis laporan keuangannya hingga The Fed akan mengumumkan keputusan suku bunga bulan Juli,” kata Fyqieh.

Pekan Makroekonomi yang Sibuk

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Bank AS Diprediksi Pakai XRP untuk Transfer Uang, Potensi Bullish?

Beberapa  perkembangan yang harus diikuti oleh para investor dan trader kripto di pekan ini, mulai dari hari Selasa (25/7), sejumlah perusahaan Microsoft, Google, Visa dan Meta akan merilis laporan pendapatan. Biasanya laporan keuangan ini akan berdampak pada pasar saham AS, yang berimplikasi juga ke kripto.

Selanjutnya, pada Rabu (26/7) akan ada keputusan suku bunga The Fed yang diharapkan hanya meningkat sebesar 25bps, sesuai ekspektasi FedWatch menunjukkan probabilitas 99,8%. Setelahnya, Ketua The Fed, Jerome Powell akan berbicara di Konferensi Pers Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS. 

“Biasanya, pasar kripto akan tertekan sebelum keputusan suku bunga. Sementara kenaikan ini mungkin memberikan tekanan jangka pendek, itu juga bisa menjadi momen penting yang memulai reli harga Bitcoin,” jelas Fyqieh.

Menurut Fyqieh, banyak ahli ekonomi mengatakan bahwa kenaikan suku bunga The Fed pada bulan Juli mungkin merupakan yang terakhir dari siklus saat ini. Setelah itu, mungkin ada jeda yang mengarah pada penurunan suku bunga, terutama mengingat tingkat inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) telah turun dari puncak 9,1% menjadi 3,0%.

Advertisement

Sentimen Pasar Kripto

Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index.
Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index.

Baca juga: Bappebti Resmikan Bursa Kripto Indonesia, Jadi Pertama di Dunia

Sebagai trader dan investor, penting untuk tetap waspada terhadap perubahan sentimen pasar dan berita terkini seputar Bitcoin. Konsolidasi harga dapat berubah menjadi tren naik atau turun, dan pengetahuan akan berita terbaru dan perkembangan industri sangatlah penting dalam mengambil keputusan yang tepat terkait investasi dalam aset kripto ini.

“Sentimen aset kripto Bitcoin saat ini berada pada poin 55, yang menunjukkan adanya kecenderungan Greed atau kecenderungan overbought. Namun, pada poin 55 juga merupakan area yang mendekati netral. Dapat disimpulkan bahwa sentimen pasar Bitcoin selama seminggu terakhir cenderung stabil dan mendekati zona netral,” analisis Fyqieh.

Bitcoin sedang mengalami periode sideways atau pergerakan harga yang datar dan belum menunjukkan tanda-tanda perubahan harga secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin saat ini sedang mencari arah pergerakan yang jelas, dan para pelaku pasar dapat berada dalam posisi tunggu dan amati untuk melihat perkembangan selanjutnya sebelum mengambil keputusan investasi atau trading yang lebih besar.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular