Connect with us

Altcoin News

Halving Litecoin Tidak Mendorong Kenaikan Harga Segera, Ini Analisanya

Published

on

Ilustrasi aset kripto Litecoin (LTC).

Litecoin telah menyelesaikan halving ketiga dalam sejarahnya pada 2 Agustus lalu. Momen halving Litecoin ini terjadi setiap empat tahun, memotong setengah penghargaan penambang dari 12,5 LTC menjadi 6,25 LTC.

Halving biasanya dilihat sebagai katalis yang dapat mendorong kenaikan harga token asli jaringan yaitu LTC dalam jangka panjang. Namun, LTC bergerak ke arah yang berlawanan beberapa jam setelah peristiwa tersebut, saat ini diperdagangkan pada Kamis (3/8) pukul 12.00 WIB berada disekitar US$ 86,80 (6% lebih rendah dari penilaian kemarin).

Tim di belakang salah satu protokol blockchain tertua ini mengumumkan Litecoin akan memotong hadiah per blok menjadi 6,25 LTC dari 12,5 LTC. halving sebelumnya terjadi pada 5 Agustus 2019, dan 25 Agustus 2015. Menurut pendiri Litecoin Charlie Lee, halving disinflasi ini membantu mencapai adopsi massal tanpa mengorbankan keamanan jaringan.

Harga LTC

Grafik harga Litecoin LTC/USDT. Sumber: Tradingview.
Grafik harga Litecoin LTC/USDT. Sumber: Tradingview.

Baca juga: Tether (USDT) Jadi Stablecoin Favorit, Punya Cadangan Aset Besar

Namun, respons Litecoin terhadap dua kejadian sebelumnya sama sekali tidak bullish. Setelah halving pada Agustus 2015, Litecoin diperdagangkan antara US$ 2,8-US$ 3,6 selama 19 bulan, sebelum penembusan yang bertepatan dengan reli Bitcoin dan melihat harga naik setinggi US$ 370 pada Desember 2017. Pola yang agak mirip terjadi setelah separuh Agustus 2019.

Dikutip CoinDesk, mungkin trader memberi harga pada halving sebelum terjadi, seperti yang terlihat dari aksi “buy the rumor, sell the news,” dan kemudian mengambil untung selama berbulan-bulan sebelum menunggu kenaikan Bitcoin.

Sikap acuh tak acuh LTC terhadap peristiwa penting tersebut dapat dijelaskan oleh fakta bahwa pada kedua kesempatan tersebut, Bitcoin, aset kripto terkemuka berdasarkan nilai pasar dan jangkar industri, merawat efek lanjutan dari bear market yang brutal.

Lebih penting lagi, pasar kripto bull biasanya dimulai beberapa bulan setelah halving Bitcoin, yang terjadi 8-9 bulan setelah pengurangan separuh Litecoin. Halving keempat Bitcoin akan jatuh tempo pada Maret/April 2024.

Advertisement

Litecoin Peningkatan Adopsi

Ilustrasi halving Litecoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi halving Litecoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Altcoin Layak Dipantau: Litecoin (LTC), Solana (SOL) hingga Ripple (XRP)

Di samping potensi harga LTC, halving Litecoin menjadi momen penting. Berbicara tentang adopsi Litecoin sebagai metode pembayaran, CEO BitPay Stephen Pair mengatakan kepada Cointelegraph bahwa pembayaran Litecoin dan Bitcoin Lightning memiliki bulan terbaik dalam sejarah platform pembayaran global.

Dibuat oleh Charlie Lee pada tahun 2011, Litecoin adalah salah satu protokol blockchain pertama. Secara detail teknis, karakteristik utamanya mirip dengan Bitcoin. Jika Bitcoin sering dibandingkan dengan “emas digital,” sedangkan Litecoin mendapat julukan “perak digital” karena kesamaan yang mendasarinya dengan yang pertama.

Protokol blockchain memiliki batas pasokan tetap sebesar 84 juta koin yang pernah ada. Terlepas dari harapan jangka panjang itu, harga aset LTC bisa berpotensi mengalami kenaikan di masa depan.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular