Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin Bergerak Naik Menguji Level Rp 406 Juta, Sinyal Bullish?

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Harga Bitcoin telah mencapai wilayah support yang signifikan pada Selasa (20/6), dan akan menguji level resisten kuatnya di posisi US$ 27.000 atau sekitar Rp 406 juta. Apa sinyal bullish akan berlanjut?

Bitcoin (BTC) dan Eterehum (ETH) memulai hari perdagangan dengan warna hijau, masing-masing naik 1,7% menjadi US$ 26.816, sementara Eter naik 0,7% menjadi US$ 1.736. Sementara pasar tetap optimis bahwa BlackRock akan berhasil dengan aplikasinya untuk dana yang diperdagangkan di bursa spot Bitcoin.

Dikutip Coindesk, Analis Pasar Senior dengan OANDA, Craig Erlam, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa Bitcoin masih terlihat “rentan,” namun masih menganggap ada bull case untuk BTC, hanya saja belum terealisasi.

“Bitcoin berakhir minggu lalu dengan cukup positif setelah turun ke posisi terendah tiga bulan pada hari Rabu (14/6), tetapi terus terlihat rentan terhadap penurunan lebih lanjut,” kata Erlam.

“Tren dua bulan tidak menguntungkan, dan aliran berita juga tidak membantu situasi. Ini merupakan tahun yang luar biasa dan tetap lebih dari 50% lebih tinggi, jadi ini bukanlah situasi yang mengerikan.”

Sinyal Bullish?

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Pasar Kripto Masih Sideways dan Belum Optimal Reli, Kenapa?

Secara garis besar, Erlam skeptis bahwa harga bitcoin akan naik secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang di tengah berita ekonomi dan industri yang tidak pasti. Penurunan baru-baru ini, menurutnya, hanyalah fase koreksi dalam pasar bull optimis secara keseluruhan.

Setelah tahap koreksi konsolidasi yang diperpanjang, harga Bitcoin mulai turun sedikit dan mengalami penurunan 20% (dari tertinggi tahunan US$ 31.000 ke titik terendah US$ 24.800 baru-baru ini).

Advertisement

Namun, setelah koreksi, harga telah mencapai support psikologis yang signifikan di US$ 25.000 di sepanjang garis tren saluran yang lebih rendah.

Namun, reli bearish impulsif dapat terjadi, jika harga turun di bawah wilayah ini, karena tekanan jual mungkin meningkat secara substansial. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa rata-rata pergerakan 200 hari, dukungan kuat untuk harga, saat ini terletak di bawah batas bawah saluran, kira-kira di US$ 23.900, dan mungkin menahan Bitcoin dari penurunan lebih lanjut.

Analisa Harga Bitcoin

Harga Bitcoin telah bergerak volatil sejak ditolak dari wilayah US$ 31.000 dan mulai terjun. Baru-baru ini, selama tren turun, mencapai garis tren yang lebih rendah, berdiri di US$ 24.700, dan menemukan dukungan.

Di sisi lain, kisaran Fibonacci 61,8%-50% juga sejalan dengan garis tren yang lebih rendah, memberikan support yang kuat. Akibatnya, Bitcoin mengalami pembalikan dan memulai reli bullish impulsif.

Grafik 4 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik 4 jam BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Bangun Karir Web3 Bersama Tokocrypto x IDNFT di Binus University

Saat ini, harga mencoba menembus di atas ambang batas atas resisten, duduk di US$ 27.000 atau sekitar Rp 406 juta, dan jika penembusan berhasil, reli bullish akan segera terjadi. Oleh karena itu, perhentian Bitcoin berikutnya mungkin adalah wilayah resistensi substansial sebesar US$ 30.000 dalam skenario ini.

Perkembangan menarik terjadi ketika Bitcoin turun di bawah harga pembelian rata-rata pemegang jangka pendek. Situasi ini berpotensi mendorong pemegang tersebut untuk menjual BTC mereka setelah mencapai titik impas.

Namun, bertentangan dengan ekspektasi, pemegang jangka pendek melihat ini sebagai peluang untuk mengakumulasi BTC dengan relatif murah, sehingga menghasilkan peningkatan. Akibatnya, kripto kini telah menembus di atas Harga Realisasi Pemegang Jangka Pendek.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular