Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin (BTC) Menuju $80.000 Terhambat oleh Tren Makro

Published

on

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Bitcoin saat ini sedang mengamati pola descending wedge yang melebar, yang biasanya mengarah pada potensi kenaikan harga hingga $80.000. Namun, permintaan terhadap Bitcoin secara keseluruhan telah mengalami penurunan signifikan, terutama di kalangan pemegang besar (whales). Meskipun begitu, para pemegang setia Bitcoin terus mengakumulasi aset ini, menunjukkan optimisme mereka terhadap potensi kenaikan di masa depan.

Penurunan Permintaan Bitcoin

Harapan para investor agar harga Bitcoin (BTC) mencapai puncak baru masih tetap tinggi. Namun, kenyataannya, permintaan terhadap BTC menunjukkan penurunan yang signifikan. Meski demikian, ada kelompok tertentu di kalangan investor yang mungkin bisa menahan penurunan harga ini.

Sejak awal Agustus, Bitcoin kesulitan untuk menembus angka $60.000. Hal ini memperlambat pemulihan kerugian yang dialami investor setelah penurunan harga pada bulan Juli. Walaupun pergerakan aset kripto ini membentuk pola ascending wedge yang melebar, penembusan dari pola ini memerlukan waktu yang cukup lama. Penyebab utamanya adalah menurunnya minat investor terhadap BTC.

Kepemilikan Bitcoin Whales. Sumber: CryptoQuant.
Kepemilikan Bitcoin Whales. Sumber: CryptoQuant.

Laporan dari CryptoQuant yang dibagikan dengan BeInCrypto menunjukkan bahwa kepemilikan Bitcoin oleh pemegang besar (whales) telah menurun drastis. Laporan tersebut mencatat bahwa persentase kepemilikan oleh whales selama 30 hari terakhir turun dari 6% pada Februari menjadi hanya 1% saat ini.

Tingkat Kepemilikan oleh Pemegang Tetap

Meskipun permintaan Bitcoin menurun, para pemegang setia tetap optimis. Mereka yang dikenal sebagai pemegang tetap—yaitu mereka yang terus mengakumulasi BTC tanpa menjual atau menghabiskan aset mereka—terus membeli Bitcoin. Total saldo yang dimiliki oleh kelompok ini meningkat setiap bulan, dengan rata-rata penambahan sebesar 391.000 BTC. Fenomena ini terlihat semakin jelas sejak penurunan harga mulai terjadi pada akhir Mei.

Advertisement

Prediksi Harga BTC: Konsolidasi di Bawah $65.000

Permintaan Pemegang Tetap Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.
Permintaan Pemegang Tetap Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.

Baca juga: Risalah Rapat FOMC Dorong Pasar Kripto Akan Menguat

Saat ini, harga Bitcoin berada di sekitar $59.280 dan diperkirakan akan terus terkonsolidasi di bawah $60.000. Sejak awal Maret, tren menunjukkan bahwa BTC cenderung bergerak dalam kisaran yang tetap sebelum mengalami lonjakan atau penurunan signifikan.

Jika sinyal bullish dapat mengalahkan sinyal bearish, harga Bitcoin mungkin bisa naik hingga $65.000, meskipun memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai level tersebut. Oleh karena itu, kemungkinan Bitcoin akan mencapai $80.000 sebelum akhir kuartal ketiga tampaknya kecil.

Namun, jika Bitcoin berhasil menembus level $65.000, harga bisa melonjak lebih tinggi lagi, melewati $71.500. Hal ini bisa membuka jalan bagi kenaikan yang lebih besar, bahkan berpotensi melampaui rekor tertinggi sebelumnya di $73.800, sehingga membatalkan asumsi bearish atau netral.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular